Home / Kesiswaan

Sabtu, 26 Maret 2022 - 12:42 WIB

Bingung Ingin Melajutkan Kuliah Dimana? Yuk, Kenali Dulu Jenis-Jenis Perguruan Tinggi di Indonesia

Kenali Jenis-jenis Perguruan Tinggi di Indonesia– Mengenal jenis-jenis Perguruan Tinggi Kamu siswa kelas dua belas? Kamu pasti sekarang sudah memikirkan setelah lulus akan melanjutkan kemana. Iya bukan? Biasanya siswa kelas dua belas memiliki pilihan akan bekerja atau kuliah. Nah untuk siswa yang ingin kuliah, kamu harus mengetahui bentuk perguruan tinggi agar memiliki gambaran setelah lulus nanti. Jenis-jenis perguruan tinggi di Indonesia ada beberapa macam. Untuk tahu lebih jelasnya silahkan simak penjelasan berikut ini.

Di Indonesia terdapat enam bentuk perguruan tinggi yang memiliki keunggulan dan kekhasan masing-masing, yaitu:

  1. Akademi, adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan program pendidikan kejuruan dengan jenjang strata nol (S0) atau diploma. Kekhasan Akademi: Mencetak lulusan yang mempunyai keahlian professional. Pendidikan ditekankan pada pengalaman dan pengetahuan praktis lewat kuliah dan praktik lapangan. Banyak memberi pengalaman tentang hal praktis. Keterampilan yang dimiliki berpengaruh besar pada dunia kerja yang dimasuki mahasiswa. Contoh akademi: Akademi Militer, Akademi Farmasi, Akademi Keperawatan dan Akademi Pariwisata
  2. Politeknik, adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan terapan dalam bidang pengetahuan khusus dengan jenjang studi strata nol (S0) atau diploma. Kekhasan Politeknik: Mencetak lulusan yang mempunyai pengetahuan profesional khusus seperti telekomunikasi, desain grafis, elektronika, advertising dan fotografi. Lebih banyak praktik. Keterampilan yang dimiliki berpengaruh besar pada dunia kerja yang dimasuki mahasiswa. Contoh Politeknik: Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Manufaktur Bandung, Politeknik Universitas Andalas
  3. Sekolah Tinggi, adalah perguruan tinggi yang mengajarkan satu bidang pendidikan kejuruan. Namun, bidang pendidikan kejuruan tersebut terdiri atasa banyak jurusan atau program pendidikan. Jenjang studinya adalah S0 dan S1. Kekhasan Sekolah Tinggi: Mencetak lulusan yang mempunyai keahlian profesional pada bidang ilmu kejuruan tertentu. Keterampilan dan pengetahuan dari jurusan yang dipilih berpengaruh besar pada dunia kerja yang hendak dimasuki. Contoh Sekolah Tinggi:Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Sekolah Tinggi Filsafat, Sekolah Tinggi Kepolisian Negara, Sekolah Tinggi Ilmu Agama
  4. Institut, adalah perguruan tinggi yang melaksanakan program pendidikan keilmuan dan kejuruan dalam satu bidang ilmu pengetahuan, seperti pendidikan pertanian, seni atau teknologi. Jenjang studi yang ada mulai dari D3/S0 hingga S3.Kekhasan Institut: Penyelenggaraan pendidikannya lebih luas daripada sekolah tinggi. Pendidikannya lebih ditekankan kepada penguasaan teori secara mendetail untuk menemukan dasar ilmu yang ditekuni. Contoh Institut: Institut Teknologi Surabaya, Institut Kesenian Jakarta, Institut Seni Indonesia, Institut Teknologi Bandung.
  5. Universitas, adalah perguruan tinggi yang melaksanakan pendidikan keilmuan dan kejuruan dalam bidang ilmu yang bermacam-macam. Universitas terdiri atas berbagai fakultas dengan berbagai bidang ilmu. Fakultas terdiri dari satu atau banyak jurusan. Kekhasan Universitas: Lebih universal dalam penyelenggaraan pendidikan. Jenjang studinya beragam. Pendidikannya lebih ditekankan kepada penguasaan teori secara mendetail untuk menemukan dasar ilmu yang ditekuni. Contoh Universitas: Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Universitas Trisakti, Universitas Negeri Semarang.
  6. Perguruan Tinggi Kedinasan, adalah perguruan tinggi di bawah departemen lain selain Departemen Pendidikan Nasional. Umumnya lulusan perguruan tinggi kedinasan langsung terkait dengan departemen bersangkutan, sehingga banyak yang bisa langsung mendapatkan pekerjaan tanpa harus proses tes lagi. Keunggulan dari perguruan tinggi kedinasan adalah biaya murah bahkan ada yang gratis, mendapat uang saku, adanya kepastian kerja (prospek cerah), serta fasilitas lengkap. Untuk dapat diterima di perguruan tinggi kedinasan dituntut syarat-syarat tertentu, yang terkadang dirasa berat oleh sebagian kalangan siswa. Berikut beberapa contoh nama-nama perguruan tinggi kedinasan di Indonesia: STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara), AIM (Akademi Imigrasi), AKIP (Akademi Ilmu Pemasyarakatan), Aksara (Akademi Sandi Negara), Politeknik Gajah Tunggal, STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia), AMG (Akademi Meteorologi dan Geofisika), STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat), Politeknik Ilmu Pelayaran, STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran), STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik), dll.
Baca juga:   3 Cara Efektif Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa!

Demikian penjelasan mengenai jenis-jenis Perguruan Tinggi di Indonesia. Semoga membantu kamu dan memberikan gambaran lebih detail ya. Silahkan untuk kamu siswa kelas duabelas bisa menentukan pilihan kamu dari sekarang.

Baca juga:   PPG Prajabatan Model Baru dan Tata Cara Pendaftarannya

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Memahami Konsep dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter

Kesiswaan

Ini Dia Tugas Perkembangan Siswa Sekolah Dasar yang Perlu Guru Ketahui

Kesiswaan

Ingin Belajar Penyusunan Modul P5? Guru Wajib Tahu Hal Ini!

Kesiswaan

8 Hukuman yang Mendidik bagi siswa yang Nakal di Sekolah

Kesiswaan

Pentingnya Mengenali Kepribadian Peserta Didik Bagi Guru

Kesiswaan

Tips Meningkatkan Fokus Pada Anak yang Sulit Konsentrasi

Kesiswaan

Cara Mengatasi Peserta Didik dengan Insekuritas Akut

Kesiswaan

Cara Ampuh Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak