Home / Admin Sekolah

Jumat, 25 Maret 2022 - 13:40 WIB

Mengenal Prota dan Prosem dalam Perencanaan Pembelajaran

Prota dan ProsemKegiatan pembelajaran di kelas adalah seperangkat proses yang dilakukan seorang guru untuk menyampaikan materi kepada para siswa. Demi mendukung kelancaran proses pembelajaran, seorang guru harus secara kreatif memiliki strategi penyampaian dan pembawaan kelas yang menarik.

Sebab apabila seorang guru tidak mampu menyampaikan materi dengan cara yang efektif maka ilmu pengetahuan yang ingin disampaikan pun akan sulit dicerna oleh para peserta didik. Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak terjadi kondisi di mana para peserta didik merasa tidak termotivasi untuk belajar karena memang suasana pembelajaran di kelas kurang interaktif.

Di samping itu, agar materi yang dibawakan lebih matang, guru juga perlu menyusun rencana pembelajaran secara menyeluruh. Rencana pembelajaran ini sangat penting karena nantinya akan sangat membantu seorang guru untuk mendapat arahan praktis ketika sedang menyampaikan materi pembelajaran. Nah, berkaitan dengan perencanaan dalam proses belajar mengajar di sekolah, dikenal adanya Prota (Program Tahunan) dan Prosem (Program Semester).

Dalam artikel ini akan diulas secara lebih mendetail mengenai apa itu Prota dan Prosem, apa saja fungsinya, serta langkah-langkah efektif untuk menyusun Prota dan Protem. Silakan disimak sampai selesai.

Mengenal Prota dan Prosem

Apabila Anda merupakan guru yang baru saja akan mulai mengajar, mungkin istilah Prota dan Prosem belum begitu Anda pahami secara jelas. Apabila dilihat dari istilahnya sendiri mungkin sudah bisa ditebak bahwa Prota merupakan Program Tahunan dan Prosem merupakan program semester.

Memang, keduanya merupakan komponen administrasi pembelajaran yang sama-sama menjadi dasar bagi susunan administrasi lainnya. Akan tetapi, Prota dan Prosem memiliki karakteristik dan penggunaan yang agak sedikit berbeda. Silakan cermati poin di bawah ini untuk dapat memahami perbedaannya:

  1. Prota

Pertama, untuk prota ini adalah suatu dokumen berisi susunan alokasi waktu pembelajaran dalam durasi 1 (satu) tahun yang mencakup susunan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) yang direncanakan untuk dicapai. Di dalam prota ini juga memuat alokasi waktu belajar di kelas untuk peserta didik yang disesuaikan dengan seluruh SK dan target capaian dari KD.

Anda dapat menyusun Prota tersebut apabila jumlah jam mengajar untuk suatu mata pelajaran telah Anda ketahui. Nah, dari sejumlah waktu mengajar yang Anda miliki tersebut maka Anda dapat memetakan alokasi waktu melalu Prota yang nantinya bisa mulai diterapkan saat tahun ajaran baru dimulai.

Baca juga:   Aplikasi Dapodik Terbaru : Dapodik Versi 2022.d

Keberhasilan dari penyusunan Prota secara baik nantinya akan memberikan pengaruh baik pula bagi kemudahan disusunnya silabus, RPP, dan perangkat pembelajaran yang lainnya.

  1. Prosem

Berbeda dengan Prota, Prosem atau program semester adalah bentuk lanjutan dari prota yang menggambarkan secara lebih mendetail mengenai standar pembelajaran dan capaian apa yang direncanakan akan diraih oleh para peserta didik. Prosem ini dibuat dengan alokasi waktu per 1 (satu) semester atau sekitar 5 sampai dengan 6 bulan.

Penyusunan prosem juga perlu untuk memperhitungkan jumlah tanggal merah dalam satu semester. Sehingga dengan demikian Anda akan dapat memetakan perencanaan aktifitas belajar selama satu semester dengan lebih efektif dan tepat sasaran.

Fungsi Prota dan Prosem

Setelah Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan Prota dan Prosem, kini penting pula untuk Anda memahami apa sebetulnya fungsi dari Prota dan Prosem dalam pembelajaran di sekolah.

  1. Fungsi prota

Prota memiliki beberapa fungsi, di antaranya:

  • Membantu mengorganisir proses pembelajaran agar dapat berjalan secara efektif, interaktif, dan optimal.
  • Menjadi suatu pedoman bagi penyusunan Prosem.
  • Menjadi suatu pedoman bagi penyusunan kalender akademik/kalender pendidikan.
  • Menjadi bahan acuan untuk guru dalam mengoptimalkan penggunaan waktu efektif pembelajaran yang tersedia.
  1. Fungsi Prosem

Sementara itu, fungsi dari Prosem adalah meliputi:

  • Untuk mempermudah tugas mengajar dengan cara memberikan arahan kegiatan selama satu semester.
  • Untuk memberikan pengingat tentang tujuan dan target capaian pembelajaran selama satu semester sehingga guru tidak kehilangan arah saat mengajar.
  • Digunakan menjadi tolok ukur dari efektivitas proses pembelajaran, berkaitan dengan efektivitas waktu, tenaga, biaya, dan lain sebagainya.

Pekan Efektif dalam Prota dan Prosem

Satu hal yang tidak boleh dilewatkan dalam penyusunan Prota dan Prosem adalah pekan efektif. Mungkin Anda sudah sering mendengar istilah pekan efektif namun belum begitu memahaminya. Nah, pada dasarnya yang dimaksud dengan pekan efektif ini merupakan pekan yang berisi hari efektif untuk diadakannya proses pembelajaran. Dalam artian bahwa hari di dalam pekan tersebut bukanlah hari libur atau perayaan tertentu.

Nah, saat Anda ingin menentukan pekan efektif maka caranya adalah:

  • Menghitung berapa banyak pekan dalam satu tahun.
  • Menghitung pekan tidak efektif pada tahun tersebut.
  • Menentukan berapa jumlah pekan efektif dengan cara mengurangi jumlah pekan dengan jumlah pekan tak efektif..
Baca juga:   Mengenal LPMP (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan)

Setelah menemukan berapa jumlah pekan efektif, Anda dapat melanjutkan dengan menghitung jumlah jam efektif. Caranya adalah dengan mengalikan banyaknya pekan efektif dengan jumlah jam pelajaran per minggunya.

Langkah-langkah Menyusun Prota dan Prosem

Setelah mengetahui apa itu Prota dan Promes, lengkap beserta dengan fungsi dan perhitungan pekan efektif, kini Anda dapat mengikuti langkah-langkah penyusunan Prota dan Prosem berikut ini:

  1. Langkah Penyusunan Prota

Untuk menyusun Prota (Program Tahunan) secara efektif, Anda dapat mengikuti langkah di bawah ini:

  • Pertama, Anda dapat menganalisis kalender akademik sekolah kemudian menyesuaikan apa saja kebutuhan dari satuan pendidikan tempat Anda bekerja. Serta, Anda dapat mengidentifikasi tema apa saja yang ada dalam bahan pembelajaran.
  • Selanjutnya, Anda dapat menandai hari libur (libur tahun ajaran, libur hari keagamaan dan hari besar nasional, serta libur hari khusus), awal tahun ajaran baru, pekan efektif, serta jam efektif untuk pembelajaran setiap minggunya.
  • Kemudian Anda dapat menggunakan data pekan efektif untuk menyusun alokasi waktu tiap kempetensi sadar (KD).
  • Lalu langkah berikutnya adalah dengan memetakan alokasi waktu pada tiap mata pelajaran dan pokok bahasannya.
  1. Langkah Penyusunan Prosem

Sementara itu, langkah-langkah yang dapat Anda tempuh untuk menyusun Prosem (Program Semester) adalah:

  • Pertama, memasukkan Kompetensi Dasar (KD), topik bahasan, dan sub topik bahasan ke dalam format Promes
  • Kemudian, Anda dapat meninjau ulang banyaknya jam yang tersedia pada kolom pekan dan banyaknya pembelajaran di kelas tiap minggu untuk masing-masing mata pelajaran.
  • Anda dapat pula menambahkan catatan di setiap bagian yang memang membutuhkan keterangan lanjutan.

Perlu diingat pula ketika Anda menyusun Prota maupun Prosem untuk tidak lupa mencantumkan identitas berupa satuan pendidikan, jenjang pendidikan, kelas, nama mata pelajaran, nama guru, dan identitas lainnya yang sekiranya penting untuk dimasukan.

Demikianlah artikel yang membahas tentang Prota dan Prosem, semoga bermanfaat untuk Anda!

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(shd/shd)

Share :

Baca Juga

Admin Sekolah

Cara Menentukan Visi dan Misi Satuan Pendidikan sesuai Kurikulum Operasional

Admin Sekolah

Memahami Cara Penggunaan Platform Rapor Pendidikan Indonesia

Admin Sekolah

Kemendikbudristek Resmi Rilis Platfrom Terbaru “Rapor Pendidikan”

Admin Sekolah

Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Melalui TQM

Admin Sekolah

Pendidikan Usia Dini dan Memahami Kebijakan BOP PAUD

Admin Sekolah

Aplikasi Dapodik Terbaru : Dapodik Versi 2022.d

Admin Sekolah

Cara Penyusunan Kalender Pendidikan

Admin Sekolah

5 Prinsip Penting Administrasi Kurikulum
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.