Home / Admin Sekolah / Media Pembelajaran

Selasa, 13 September 2022 - 12:11 WIB

Google Workspace Penakluk Online Learning

Ilustrasi menulis deskripsi pengalaman kerja pppk guru

Ilustrasi menulis deskripsi pengalaman kerja pppk guru

Online learning di Indonesia penggunaannya meluas pesat setelah adanya fenomena pandemi. Menyusul dengan kebijakan Mendikbud yang memberlakukan pembelajaran daring di Indonesia, Pembelajaran daring menjadi jalan yang banyak dipilih lembaga pendidikan agar pembelajaran dapat terus berjalan.

Pembelajaran daring atau jarak jauh membutuhkan media sebagai penghubung. Berangkat dari kebutuhan tersebut, platform penunjang pembelajaran jarak jauh ramai bermunculan. Tak ketinggalan, Google pun ikut meluncurkan layanan serupa. Mungkin beberapa layanan sudah tidak asing lagi bagi para guru, seperti G docs, Google Spreadsheet, G meet dll.

Layanan layanan tersebut terintegrasi dalam satu tempat yaitu Google workspace. Google Workspace sengaja dirancang untuk memungkinkan penggunanya bekerja secara terpusat dan  kolaborasi dapat berjalan lebih mudah. Dengan begitu, pekerjaan dapat berjalan secara efektif dan efisien

Fitur Google Work Space untuk online learning

1. Gmail

Gmail merupakan layanan pesan email. Namun sekarang akun Gmail seakan menjadi kunci bagi pengguna untuk mendapat layanan layanan Google lainnya.

2. Google Classroom

Google classroom dapat mempermudah guru dalam proses pembelajaran daring karena dikembangkan khusus untuk pengajaran jarak jauh. Dengan memakai google classroom, guru dan siswa tetap dapat terhubung secara fleksibel tidak terbatas jarak maupun waktu. Selain karena aksesnya mudah  tanpa aplikasi, Google Classroom memiliki banyak fitur lainnya

Baca juga:   Memanfaatkan Google Workspace for Education dalam Pembelajaran kekinian

Fitur Google Classroom antara lain sebagai berikut: 

  • Fitur guru

Fitur guru memberikan akses bermacam macam kepada guru, seperti membuat kelas, memberikan tugas dan juga memberikan penilaian. Guru dapat mengirimkan penugasan pada Google classroom yang akan terintegrasi langsung dengan siswa, sehingga sifatnya sangat efisien.

Guru dapat mengirimkan tugas dalam bentuk template dan siswa akan langsung mendapatkan notifikasinya di Gmail masing masing, hal ini karena Google classroom terhubung langsung dengan Gmail dan layanan Google lainnya. Dalam upaya mencegah keterlambatan pengumpulan tugas, guru juga dapat mengatur deadline sehingga siswa tidak dapat mengumpulkan penugasan setelah lewat dari tenggat waktu.

  • Fitur siswa

Siswa dapat mengerjakan dan mengumpulkan tugasnya langsung pada kolom yang tersedia di Google Classroom. Siswa juga tak perlu khawatir jika memiliki pertanyaan terkait tugas, karena Google Classroom menyediakan ruang agar siswa dan guru dapat berinteraksi.

3. Drive

Guru dapat menyimpan berbagai dokumen yang berkaitan dengan pembelajaran di G Drive. Bukan hanya sekedar penyimpan saja, google drive menawarkan kemudahan akses. Sehingga guru dapat membuka file dimanapun kapanpun asal memiliki jaringan internet. G Drive menyediakan daya penyimpanan secara gratis yang cukup besar, yaitu 15 GB, untuk mendapat penyimpanan yang lebih besar, pengguna perlu membayar. 

Baca juga:   Belajar Daring? Gunakan Format RPP Ini!

Kelebihan dari Google Drive juga yaitu memiliki fitur kolaborasi sehingga baik guru maupun siswa dapat mengakses soal. Guru dapat mengelola akses di drive pada mode lihat, edit dan komentar Hal ini dapat menjadi upaya guru untuk menjaga keaslian file.

4. Calender

Kemudahan yang mencolok dari aplikasi Google adalah antara satu layanan dan layanan lainnya saling terintegrasi. Layanan Google calender berguna sebagai manajemen waktu. Guru dapat mengatur jadwal pembelajaran terkait layanan Google, misal menjadwalkan google meet untuk pembelajaran, menjadwalkan tugas dll. Apabila guru telah memasang pengaturan, notifikasi akan muncul pada gmail dari masing masing siswa. Tentu ini sangat memudahkan guru pada kondisi pembelajaran jarak jauh yang notabenenya tidak memiliki bel sekolah sebagai pengingat waktu belajar  

Nah, itulah beberapa layanan Google yang dapat membantu online learning ,semoga artikel ini bermanfaat

Ikutilah pelatihan “Memahami Gaya Belajar Peserta Didik & Implementasi dalam Pembelajaran” dan dapatkan fasilitas berupa full support dari tim instruktur dan mendapatkan e-sertifikat 32 JP.

<<DAFTARKAN DIRI ANDA DISINI>>

 

(syn/rtq)

Share :

Baca Juga

Media Pembelajaran

Buku Saku Platform Merdeka Mengajar : Tanya Jawab Seputar Platform Merdeka Mengajar

Kenaikan Pangkat

Pentingnya Inovasi Digital Untuk Pengembangan Pendidikan

Media Pembelajaran

Sangat Mudah! Berikut Rekomendasi Media Pembelajaran Matematika

Admin Sekolah

Cara Mendapat NUPTK dan Tunjangan Profesi Guru
Tips menjadi kepala sekolah yang baik

Admin Sekolah

7 Tips Menjadi Kepala Sekolah yang Baik

Media Pembelajaran

Rekomendasi Aplikasi untuk Membuat Video Pembelajaran di HP
Webinar

Kenaikan Pangkat

Membuat CBT Lebih Mudah dari pada Google Form, Guru wajib Coba Moodle
Penjelasan ANBK 2022, Tujuan, sampai Tanggal Pelaksanaannya: Siswa kelas 5 MI Miftahul Huda sedang berlatih soal-soal ANBK, Rabu (17/11/2021). [Ninda Novita Arieani/dok.pribadi]

Admin Sekolah

Computer Based Test Menguntungkan atau Merugikan?