Home / Admin Sekolah / Kenaikan Pangkat

Sabtu, 27 Agustus 2022 - 23:21 WIB

Artikel ilmiah mudah dipublish? Simak berikut ini

Ilustrasi pembuatan modul ajar

Ilustrasi pembuatan modul ajar

Artikel ilmiah – Seorang guru tidak hanya memiliki tugas untuk mengajar di dalam kelas. Guru juga dituntut untuk mengembangkan diri dengan melakukan publikasi ilmiah. Hal ini sejalan dengan tuntutan kompetensi pedagogi dan profesionalisme guru. Selain itu sebagai seorang guru ASN (Aparatur Sipil Negara) salah satu syarat untuk mengusulkan kenaikan pangkat harus melakukan publikasi ilmiah. Publikasi ilmiah ini memiliki beberapa bentuk salah satu contohnya adalah artikel ilmiah yang dapat dipublikasikan.

Namun masih terdapat seorang guru yang belum dapat menyelesaikan penelitian tindakan kelas (PTK) hingga tahap pembuatan laporan. Meskipun guru tersebut sudah mengetahui dan paham bagaimana cara melakukan PTK.

Untuk mengurangi resiko gagal dalam menyelesaikan PTK ini dan dapat mempublikasikan artikel ilmiah tersebut. Anda perlu memerhatikan tips dalam ulasan berikut ini:

Mulai dari masalah kecil dan bersifat mendesak

Penelitian tindakan kelas sebaiknya dimulai dari masalah-masalah yang kecil. Sebagai peneliti baru akan lebih mudah menyelesaikan masalah masalah kecil daripada masalah yang besar dan rumit. Walaupun terkesan sangat sederhana, ini membantu untuk peneliti baru dalam melatih kemampuan berpikir kritisnya. Apabila telah mulai cukup pengalaman, maka anda dapat beranjak mencoba memecahkan masalah-masalah yang lebih kompleks. Terlebih lagi jika masalah tersebut sangat mendesak. Walaupun anda mencoba menyelesaikan masalah yang kecil dan sederhana, namun ketika masalah tersebut bersifat mendesak artinya Anda sudah ikut kontribusi bagi pengembangan dan peningkatan mutu sekolah.

Baca juga:   Tips Belajar dan Strategi Lolos SBMPTN 2022!

Membuat tulisan yang memiliki orisinalitas ide

Setiap artikel memiliki tingkat keorisinalitas yang berbeda-beda. Dalam mempublikasi sebuah artikel ilmiah, sebaiknya memiliki tingkat orisinalitas yang tinggi sehingga memudahkan dalam proses mempublikasi artikel. Selain itu sebaiknya sebuah artikel ilmiah tidak terdapat indikasi plagiarisme.

Mendesain penelitian secara cermat

Setelah mendesain penelitian dengan sempurna, anda baru dapat melaksanakan penelitian tindakan kelas tersebut. Jangan sesekali mencoba untuk melaksanakan PTK yang rancangan nya belum sempurna. Karena setelah menulis setiap langkah-langkah dan prosedur pelaksanaan dengan cermat Anda dapat melakukan tindakan penelitian dengan baik. Seorang guru akan dapat melaksanakan tindakan tanpa tersendat-sendat karena alur yang jelas.

Membuat jadwal pelaksanaan yang konsisten

Setiap penelitian jenis apapun selalu memerlukan sebuah jadwal yang teratur. Untuk format jadwal penelitian tindakan kelas harus memuat sub-sub kegiatan yang akan dilaksanakan. Selain itu anda harus konsisten terhadap jadwal pelaksanaan tersebut. Hindari kebiasaan untuk menunda-nunda pekerjaan, karena dapat menghambat penyelesaian PTK ini. Jangan sampai jadwal penelitian ini berbenturan dengan kegiatan fungsional seorang guru.

Baca juga:   Cara Mendapat NUPTK dan Tunjangan Profesi Guru

Konsisten dalam menulis

Apabila anda melakukan penelitian tindakan kelas maka sebaiknya mengikuti aturan dan model PTK. Begitu pula jika anda melakukan penelitian dengan mengembangkan bahan ajar atau sejenisnya (Research and Development) anda dapat menggunakan salah satu model R&D seperti menggunakan model 4D, ADDIE, Borg and Gall atau lainnya.

Ikuti aturan penerbitan

Setelah menyelesaikan penulisan maka tips selanjutnya adalah mengikuti aturan atau gaya masing-masing penerbitan jurnal ilmiah. Untuk mengetahui format dari sebuah jurnal, Anda dapat melihat, membaca dan mencermati nya pada bagian akhir jurnal tersebut.

Melakukan penerbitan jurnal

Setelah artikel yang ada selesaikan sesuai dengan gaya dan format penerbitan Anda dapat mengumpulkan draft artikel. Apabila terdapat kesalahan penulisan, Anda harus memperbaiki terlebih dahulu setelah itu Anda melakukan penerbitan artikel.

Telah banyak tips trik yang anda baca, jika tidak diimbangi dengan praktik semua tidak ada artinya. Jika Anda mengalami kesukaran Anda dapat mengikuti pelatihan “Membuat Artikel Ilmiah Siap Publish dari Hasil Penelitian Tindakan Kelas” dan dapatkan fasilitas berupa full support dari tim instruktur dan mendapatkan e-sertifikat 32 JP.

<<DAFTARKAN DIRI ANDA DISINI>>

 

(muf/muf)

 

 

Share :

Baca Juga

Kenaikan Pangkat

Guru Bisa Jadi PNS Dalam PPG Prajabatan Model Baru Tahun 2022 ! Ini Penjelasannya
Orang Tua

Kenaikan Pangkat

Peran Guru dalam Mengembangkan Motorik Anak TK
kiat-kiat sukses

Kenaikan Pangkat

Menyusun Penulisan Best Practice Untuk Kenaikan Pangkat Guru

Kenaikan Pangkat

Tantangan Milenial
model pembelajaran inkuiri

Guru Honorer

Calon Pengajar Wajib Tahu! 4 Kompetensi yang Harus Dimiliki Tenaga Pendidik

Kenaikan Pangkat

Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum

Guru Honorer

Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru di Era Digital

Kenaikan Pangkat

standard kompetensi