Home / Karya Inovatif / Media Pembelajaran / Metode Pembelajaran

Jumat, 26 Agustus 2022 - 15:30 WIB

Memanfaatkan Google Workspace for Education dalam Pembelajaran kekinian

Ilustrasi belajar lewat Quizizz

Ilustrasi belajar lewat Quizizz

Google Workspace for Education– Zaman memasuki masa New Normal setelah terjadinya wabah pandemi Covid-19 di Indonesia. Telah banyak merubah kebiasaan yang terjadi di masyarakat, salah satunya adalah proses belajar mengajar. Salah satu nya adalah proses belajar secara dalam jaringan (daring) dan pembelajaran jarak jauh.

Hal ini memerlukan peran teknologi tepat guna untuk dapat menghubungkan guru dan murid dalam berkomunikasi. Untuk menjamin kelancaran proses pembelajaran, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) telah meluncurkan akun pembelajaran. Dengan akun ini guru, peserta didik dan tenaga kependidikan dapat mengakases layanan pembelajaran berbasis elektronik.

Akun ini berbentuk akun Google dan mengandung domain @belajar.id, sehingga pengguna dapat mengakses layanan pendukung pembelajaran dalam Google Workspace for Education. Disamping itu pengguna dibebaskan dari biaya apapun untuk mengakses layanan tersebut.

Google Workspace for Education merupakan media dan teknologi pembelajaran yang disediakan gratis oleh Google dengan memanfaatkan akun belajar.id.  teknologi ini memiliki banyak sekali fasilitas diantaranya:

1. Google Classroom

Aplikasi Google Classroom merupakan sebuah aplikasi yang memudahkan pelaksanaan pembelajaran seperti memberikan tugas, menjadi forum komunikasi antara guru dengan siswa sehingga mencapai tujuan pembelajaran.  Hal ini cocok diterapkan ketika sedang pembelajaran daring.

2. Google Dokumen

Google Dokumen memberikan kemudahan dalam mengelola dokumen secara online. Disamping itu pengguna dapat mengerjakan sebuah tugas secara bersama sama dalam satu dokumen dengan menggunakan perangkat yang berbeda melalui satu laman .

Baca juga:   5 Tips Membuat Model Pembelajaran Inovatif untuk Para Guru

3. Google Slide (Untuk membuat presentasi)

Google slide memudahkan pengguna untuk membuat slide presentasi secara online. Hal ini dapat memudahkan pengguna yang tidak memiliki waktu luang yang banyak. Pasalnya Google Slide menyediakan berbagai format presentasi yang dapat diubah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Google Slide dapat menyimpan hasil pekerjaan di dalam penyimpanan internal laptop atau personal komputer, sehingga pengguna tak perlu khawatir ketika pekerjaan nya telah selesai.

4. Google Meet (Untuk melakukan video call/video conference)

Aplikasi ini dapat mempertemukan siswa dan guru dalam sebuah wadah secara online tanpa ada batasan tempat dan waktu. Selain itu, Google Meet juga memiliki fitur yang lengkap seperti white board untuk menulis sesuatu, room chat untuk melakukan komunikasi secara tulisan dan juga terdapat fitur raise hand untuk melakukan interupsi atau mengajukan pertanyaan.

5. Google Form (Untuk membuat formulir dan kuis online)

Banyak sekali guru yang memanfaatkan Google Form untuk melakukan kuis secara online. Karena aplikasi ini memiliki banya fitur pertanyaan seperti pilihan ganda, isian singkat, isian uraian dan sebagainya. Banyak sekolahan yang menggunakan Google Form untuk mendata siswa baru, mendata sarana pra sarana yang kurang dan menghimpun aspirasi dari orang tua untuk sekolah.

6. Google Sheet (Untuk membuat spreadsheet secara online)

Aplikasi yang serupa dengan Google Dokumen yang mampu mengelola sebuah spreadsheet secara online. Dan juga Google Sheet dapat melakukan seperti aplikasi pengelola spreadsheet offline yaitu berupa, mengelola rumus matematika didalam sheet, mengelola numbering dan banyak lagi.

Baca juga:   Mengenal dan Strategi Mendidik Generasi Alfa di Era Pendidikan Digital

7. Google Mail (Untuk mengirim dan menerima email)

Google mail menyediakan platform untuk saling mengirim surat elektronik (electronic mail/e-mail). Aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk mengirimkan beberapa tugas dalam ukuran besar. Berbeda dengan pesan singkat, pengguna dapat memberikan subjek dan judul pesan ketika menggunakan Google Mail ini.

8. Google Drive (Untuk mengelola file)

Pengguna dapat menggunakan Google Drive untuk menyimpan berbagai keperluan seperti menyimpan foto, video, formulir online dan juga berkas. Untuk pengguna umum akan mendapatkan Goolge Drive dengan kapasitas sebesar 15 Gigabyte (Gb) sedangkan pengguna yang menggunakan domain dari sekolah akan mendapatkan ruang penyimpanan sebesar 20 Gigabyte (Gb)

Google Worksapce for Education telah menyediakan banyak sekali aplikasi. Hal ini memberikan kesempatan kepada para guru untuk dapat menerapkannya didalam kegiatan pembelajaran secara daring.  Google Workspace for Education  memberikan kemudahan dalam mengakses aplikasi.

Segera daftarkan diri anda dalam pelatihan Merancang Pembelajaran Interaktif untuk Mewujudkan Merdeka Belajar Menggunakan GoKaMJa (Google Workspace for Education)

<<DAFTARKAN DIRI ANDA DISINI>>

 

(muf/rtq)

 

 

Share :

Baca Juga

Orang Tua

Metode Pembelajaran

Orang Tua Mengutamakan Parenting Ditengah Kesibukan Bekerja Pada Anaknya

Kurikulum

Kurikulum Merdeka Belajar dan Keunggulannya dalam Media Pembelajaran

Media Pembelajaran

Mengenal Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Di Era Digital

Media Pembelajaran

Rekomendasi Aplikasi untuk Membuat Video Pembelajaran di HP

Metode Pembelajaran

Metode Discovery Learning dan Strategi Implementasinya di Kelas
cara membuat promes

Kurikulum

Kurikulum Merdeka dan Model Pembelajaran yang Tepat!

Metode Pembelajaran

Beberapa Cara Sederhana Melatih Motorik Halus Anak Yang Dapat Guru PAUD Lakukan

Karya Inovatif

Dijamin Seru! Inilah Manfaat dan Contoh Game Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa