Home / Karya Inovatif / Kenaikan Pangkat

Senin, 7 Maret 2022 - 02:42 WIB

Mengenal Pembuatan Karya Inovatif Guru PNS untuk Naik Pangkat

Pembuatan Karya Inovatif – Mendapatkan promosi jabatan alias naik pangkat tentu menjadi hal yang banyak diinginkan orang bahkan akan menjadi kebanggaan tersendiri.

Selain itu, kenaikan pangkat tersebut juga akan menjadikan diri maju secara finansial terutama bagi para guru PNS di negeri tercinta.

Tenang saja, bagi guru yang masih berstatus swasta kalian juga bisa mendapatkan kenaikan pangkat berdasar persyaratan tertentu dari lembaga atau sekolah.

Bagaimana Cara Menaikkan Pangkat Bagi Guru PNS?

Setiap pekerjaan tentu akan membutuhkan peningkatan. Termasuk halnya menjadi bagian dari Pegawai Negeri Sipil.

Tujuannya bukan sekedar untuk menyelesaikan kewajiban saja, tapi juga dalam rangka peningkatan profesionalitas para guru.

Bayangkan saja, jika guru tetap dalam keadaan yang biasa – biasa saja, sementara sang peserta didik sudah mahir dalam penggunaan teknologi bukan tidak mungkin bahwa eksistensi pembelajaran bersama guru akan meredup bahkan sirna.

Hal tersebut terjaid lantaran para peserta didik lebih memilih untuk belajar melalui internet yang bisa diakses dengan mudahnya.

Maka dari itu, penting bagi para guru PNS untuk senantiasa meningkatkan performa diri.

Salah satunya melalui pembuatan karya inovatif berdasarkan bidang terkait yang dimiliki. Dengan mengunggahnya, maka para guru selangkah lebih maju dalam ikut berkontribusi bagi bangsa.

Apa itu Karya Inovatif bagi Guru PNS?

Karya inovatif sederhananya adalah sebuah hasil dari adanya proses pengembangan serta pengimplementasian dalam aspek ilmu pengetahuan.

Perlu diketahui bahwa untuk menjadi PNS tentu bukan hal yang mudah.

Selain seleksinya yang begitu ketat, kalian juga perlu untuk sering meningkatkan kemampuan agar dapat menaikkan pangkat yang anda punya.

Bahkan jika seandainya sudah bersyukur dengan menjadi PNS, maka anda juga perlu untuk mengikuti berbagai pelatihan agar tak sampai mendapat rapor merah dalam pekerjaan kalian.

Bukan dalam rangka propaganda, tapi memang tanggung jawab kalian sebagai perwakilan pemerintah di ranah pendidikan juga begitu amat besar.

Itulah sebabnya, bahkan pemerintah akan rela untuk mengalokasikan dana negeri untuk dapat memberi pelatihan maupun program dukungan bagi guru khususnya yang PNS.

Salah satu hal yang perlu dilatih yakni terkait kemampuan dalam membuat karya inovatif. Bahkan pembuatan karya inovatiftersebut menjadi salah satu poin persyaratan untuk bisa menaikkan angka kredit supaya menjadi lebih ideal.

Baca juga:   7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Artikel Ilmiah

Selain itu, unggahan karya inovatif oleh para guru juga merupakan bagian dari adanya unsur PKG alias Pengembangan Keprofesian Guru yang dijalankan secara berkelanjutan.

Untuk jenisnya sendiri ternyata ada beberapa macam dimana juga perlu menyesuaikan dengan bidang yang dimiliki sang guru dan hal tersebut sudah sesuai dengan ketetapan dari kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Misalnya, karya inovatif dapat berupa seperti karya seni maupun teknologi. Jika memungkinkan, sudah semestinya karya tersebut akan banyak memberikan kebermanfaatan baik dari sisi si penulis, lingkungan peserta didik maupun publik secara luasnya.

Program pembuatan karya tersebut tentu sudah melewati berbagai pertimbangan yang akhirnya bisa menjadi salah satu prasyarat dalam naiknya angka kredit sebagaimana kebijakan PermpenPan-RB di Tahun 2009 No. 16.

Bahkan kebijakan lainnya di pasal 17 juga secara khusus mengatur terkait jumlah minimal angka kredit yang perlu guru penuhi agar pangkat golongannya bisa bertambah level.

Landasan dasar dalam pembuatan karya inovatif tersebut tentu harus sesuai dengan kajian bidang yang menjadi profesi guru tersebut.

Sama halnya dengan makalah, karya tersebut juga perlu berisikan sub – sub unsur.

Selain harus sesuai dengan bidang profesionalitasnya, karya inovatif tersebut juga dapat dibuat secara berkelompok atau bahkan perseorangan.

Biasanya memang lebih banyak yang berkelompok sebab target serta pembahasannya dapat mencakup bidang lainnya juga.

Selain itu, adanya team work juga akan sangat membantu para guru lainnya untuk segera menyelesaikan program tersebut.

Contoh Ragam Karya Inovatif

Membuat sebuah karya inovatif bukanlah hal yang mudah seperti menulis opini. Sebab ada beberapa aspek yang berbeda dan pastinya lebih kompleks secara struktur. Beberapa variasi karya inovatif yang bisa dibuat yakni :

1.   Bertema Teknologi Tepat Guna

Di jaman serba canggih sekarang, sayang rasanya bila tidak dimanfaatkan khususnya bagi dunia pendidikan.

Salah satu karya yang dapat banyak memberikan kontribusi untuk generasi yakni karya bertema teknologi tepat guna.

Selain bermanfaat bagi lingkungan pendidikan, hal ini tentu saja juga akan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Biasanya karya ini juga bisa dalam bentuk mode pengembangan metodologi pembelajaran dengan menggunakan sistem teknologi terbaru.

Sehingga kehadiran teknologi akan semakin membantu berkembangnya dunia pendidikan. Misalnya saja, karya berupa penelitian terkait penciptaan edugame. Edukasi berbasis permainan tersebut pasti akan menarik banyak minat. Sebab sebagian siswa hari ini adalah para pecinta game.

Alih alih memisahkan antara pendidikan dan game, malah lebih baik mengkombinasikannya bukan?

Baca juga:   Mekanisme Penyusunan RPP Berdiferensiasi

2.   Bertema Karya Kreasi Seni

Karya inovatif lainnya yakni bertema seni. Tentu karya seni yang ditonjolkan merupakan hal yang langka dan jarang disampaikan oleh seniman lainnya.

Sebab jika karya seni tersebut ternyata sangat mudah ditemukan bahkan sudah menjadi konsumsi publik sejak lama, maka bsia dipastikan penambahan angka kreditnya terhambat.

Biasanya karya seni tersebut tidak harus dalam bentuk gambar yang nyata namun bisa juga tertuang menjadi seperti antologi puisi, film, novel maupun drama sebab keseluruhannya juga termasuk dalam karya sastra yang original.

3.   Bertema Modifikasi Alat Praktikum Maupun Pembelajaran

Salah satu tema yang bisa diambil juga yakni memodifikasi alat pembelajaran untuk kemudahan dalam memahami topik.

Untuk beberapa mapel tertentu, para peserta didik tentu butuh dengan adanya alat peraga, misalnya pembelajaran IPA.

Karya inovatif berupa alat peraga tersebut pastinya akan banyak memberikan kontribusi di dunia pendidikan.

Apalagi jika banyak guru yang juga mencoba untuk membuat karya inovatif di masa pandemi, pasti nanti level angka kreditnya bisa meningkat dengan lancar. Semangat mencoba.

Mari mulai ganti mindset dalam diri, bahwa hadirnya karya tersebut adalah salah satu bagian dari tanggung jawab pendidik khususnya yang sudah terpilih menjadi abdi negeri.

Banyaknya dana yang telah digelontorkan selama masa seleksi, tentu perlu terbayarkan dengan layak. Selain itu, para PNS bukanlah orang – orang yang hanya mengejar tunjangan belaka, bukan?

Melainkan bertujuan untuk berkontribusi lebih dalam dunia pendidikan dan berada di bawah naungan pemerintah. Jadi, membuat karya inovatif adalah bagian dari tanggung jawab yang harus dilakukan secara maksimal. Masalah angka kredit dan sebagainya, tentu hal tersebut adalah bonus yang para guru dapatkan.

Nah demikian ulasan mengenai pembuatan karya inovatif, semoga para guru dan tenaga kependidikan lainnya dapat mengambil manfaat. Semangat! Salam Pendidikan!

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(sls/shd)

Share :

Baca Juga

Karya Inovatif

Manfaat makalah best practice untuk kenaikan pangkat

Admin Sekolah

Kenali Google Workspace for Education sebagai Wujud dari Digitaliasai Pendidikan Era Merdeka Belajar melalui Teknologi

Karya Inovatif

Strategi Penyusunan Buku Diktat

Kenaikan Pangkat

Peranan Forum MGMP untuk Meningkatkan Kinerja Guru
Strategi Guru

Kenaikan Pangkat

Strategi Guru dalam Mengajar yang Tersusun Rapi dan Menyenangkan Bagi Murid

Guru Honorer

3 Alasan Pentingnya Guru Melakukan Management Diri

Kenaikan Pangkat

Tantangan Milenial

Kenaikan Pangkat

Selamat! 5 Kategori ini Bisa Mendaftar CPNS dan PPPK 2022, Simak dalam SE Terbaru Menpan-RB
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.