Home / News

Kamis, 3 November 2022 - 15:20 WIB

Alur Pembelajaran Projek di Era Kebijakan Kurikulum Merdeka

Setiap negeri, tentu memiliki tujuan untuk membentuk para pelajar yang dapat memajukan peradaban. Untuk itu, para guru dituntut memahami alur pembelajaran projek yang merupakan salah satu amanat dalam Kurikulum Merdeka.

Tujuan inilah yang menjadi cikal bakal banyaknya perubahan dalam dunia pendidikan guna memudahkan pelajar untuk mencapai target tersebut.

Adapun contoh salah satu perubahan dan sedang berkembang yakni hadirnya Program Profil Pelajar Pancasila di dunia pendidikan.

Program tersebut merupakan program yang tersusun secara khusus untuk menjadi standar dalam mengarahkan serta membentu karakter peserta didik yang berlandaskan pada nilai – nilai Pancasila.

Program Profil Pelajar Pancasila nantinya akan dilaksanakan dalam bentuk projek sehingga peserta didik tidak akan kesulitan sebab mereka juga dapat terlibat sekaligus menerapkan pembelajaran secara langsung.

Mekanisme Pembelajaran Projek Bagi Peserta Didik

Adapun dalam pelaksanaannya, alur pembelajaran projek yang akan dilakukan peserta didik terbagi dalam 3 tahapan. Penjelasannya sebagai berikut :

1.    Tahap Permulaan

Tahap pertama yang perlu dilakukan yakni tahap permulaan. Tahapan ini berkaitan dengan proses identifikasi dalam beberapa model kegiatan. Misal dengan berdiskusi bersama dengan peserta didik mengenai isu sekitar atau fenomena lingkungan yang sedang diperhatikan oleh mereka.

Baca juga:   Semua wajib tau poin penting RUU Sisdiknas

Sebisa mungkin topik yang akan diangkat sangat relevan dengan kehidupan mereka. Hal ini penting sebab merekalah yang akan turun tangan langsung untuk mengatasi permasalahan tersebut. Beberapa langkah yang bisa diwujudkan yakni :

Pertama, melakukan observasi yang bertujuan agar ide, minat maupun kebutuhan peserta didik dapat terwadahi.

Selain itu, observasi ini berguna untuk bisa mengangkat beragam aspek kepedulian peserta didik pada fenomena yang terjadi di sekitar mereka dan timbul keinginan dalam diri untuk melakukan perubahan.

Kedua, melakukan proses pemetaan pada tema besar agar bisa dijadikan dalam beberapa topik dalam proses pencarian projek.

Ketiga, guru meluangkan waktu untuk mencari adanya beragam sumber belajar terpercaya serta relevan dengan calon projek mendatang yang akan dilaksanakan.

Keempat, guru melakukan persiapan untuk bisa memantik perasaan ingin tahu dalam diri peserta didik. Misal, dengan mengadakan kegiatan sederhana berupa kunjungan lokasi, bentuk video dokumenter maupun kegiatan membaca buku bersama.

Baca juga:   Program Guru Penggerak Angkatan 7: Tujuan dan Mekanisme Pendaftarannya

Kelima, guru ikut mengemukakan adanya suatu permasalahan maupun beberapa pertanyaan yang bisa menginspirasi para peserta didik.

2.   Tahapan Pengembangan

Setelah tahap permulaan selesai dilakukan, maka guru dapat beralih menuju tahapan pengembangan. Tahapan tersebut akan mewadahi beberapa kegiatan yang cenderung merupakan sebuah proses investigasi.

3.   Tahapan Penarikan Kesimpulan

Kemudian tahapan terakhir yakni berupa penarikan kesimpulan. Tahapan ini akan berkaitan dengan langkah – langkah sebagai berikut :

Pertama, guru dapat membantu para peserta didik untuk melakukan proses refleksi bersama.

Kedua, melakukan serta menyampaikan atas pencapaian maupun temuan yang didapati oleh peserta didik pada saat pelaksanaan projek.

Nah demikian ulasan yang menjelaskan alur pembelajaran projek dalam penguatan program profil pelajar Pancasila. Semoga bermanfaat.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

Share :

Baca Juga

News

Cara Menumbuhkah Keberanian Siswa Berpendapat atau Bertanya di Kelas

Kesiswaan

Program beasiswa merdeka pendidikan, lengkapi syarat dan daftar segera!

News

Pentingnya Refleksi Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Kelas, Guru Wajib Tahu !
Pendaftaran Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Segera Ditutup

News

Daftarkan diri anda segera untuk menjadi guru penggerak angkatan 8

Guru Honorer

Jangan Khawatir, Mendikbudristek Pastikan Tunjangan Profesi Guru Bagi Semua Guru

News

Program Guru Penggerak Angkatan 7: Tujuan dan Mekanisme Pendaftarannya

News

Peran dan Keuntungan Menjadi Guru Penggerak
model pembelajaran inkuiri

Guru Honorer

Calon Pengajar Wajib Tahu! 4 Kompetensi yang Harus Dimiliki Tenaga Pendidik
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.