Home / Media Pembelajaran

Minggu, 4 Februari 2024 - 13:47 WIB

Cara Mudah Membuat Video Pembelajaran dengan Powtoon

Untuk saat ini, video pembelajaran dengan Powtoon sedang menjadi pembahasan hangat di kalangan para guru. Karena ternyata, video-videonya sangat menarik dan memiliki ciri khas sendiri.

Membuat video pembelajaran dengan Powtoon dapat membuat para siswa mau dengan suka rela mendengarkan penjelasan dari guru, mulai dari awal sampai dengan akhir.  Karena memang, pembelajaran yang basisnya adalah multimedia, apalagi dalam bentuk video, tergolong lebih gampang diterima oleh siswa.

Hanya saja, proses pembuatan videonya yang agak sulit. Apalagi untuk yang belum pernah membuat media pembelajaran video sendiri. Itulah mengapa banyak guru yang memikir berkali-kali ketika akan membuat video.

Karena selain agak sulit, prosesnya juga akan memakan waktu yang lumayan lama. Tapi tenang, karena saat ini, proses pembuatan video pembelajaran sudah tidak begitu sulit.

Kini sudah ada website Powtoon yang siap membantu Anda dalam memproduksi video pembelajaran yang nantinya dapat digunakan ketika mengajar di kelas.

Penasaran bagaimana cara membuatnya? Simak penjelasannya berikut.

Buka situs

Langkah pertama ialah dengan mengunjungi situs Powtoon. Silakan ketika di kolom pencarian Google dengan kata kunci “Powtoon” maka, Anda akan diarahkan ke situs tersebut.

Baca juga:   Cara Meningkatkan Ranah Afektif Siswa

Anda juga bisa langsung mengunjunginya melalui tautan berikut ini: https://www.powtoon.com

 Jika sudah, Anda bisa sign up atau membuat akun baru apabila belum mempunyai akun. Ketika proses pendaftaran, Anda dapat menggunakan akun Google atau yang lainnya. Namun, agar lebih cepat dan mudah, gunakan saja akun Google.

Pilih bentuk animasi

Kemudian, pilih bentuk aplikasi yang akan digunakan. Nantinya, pihak website akan menawarkan Anda beberapa bentuk animasi-animasi yang menarik.

Jika masih pertama kali menggunakan website ini, maka Anda bisa menggunakan template yang sudah ada saja. Sehingga tinggal edit saja nantinya, sesuaikan dengan kebutuhan.

Menariknya, Powtoon hadir dengan dua versi. Ada yang versi gratis dan ada juga yang versi berbayar. Apabila ingin yang berbayar, maka Anda bisa memilih animasi abbas, template, dan lain sebagainya. Tentu, template yang berbayar dengan yang gratis berbeda levelnya.

Pilih template

Yang selanjutnya, Anda bisa memilih template yang ada. Jika sudah, tinggal klik templatenya, lalu klik use.

 Edit slide

Jika sudah, Anda bisa mengedit slide yang dipilih, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan.  Apabila sudah, tinggal klik ekspor saja.

Baca juga:   Prinsip Penyusunan Silabus untuk Pembelajaran

Ekspor

Apabila sudah,  klik ekspor. Dengan demikian, Anda akan menemukan beberapa pilihan yakni, download, publish, dan share.

Upload ke YouTube

Jika ingin langsung mengekspornya ke Youtube, maka Anda harus mempunyai akun Google agar bisa tersambung dengan Youtube. Kemudian tinggal pilih “Upload to…”, dan tentukan akun yang akan digunakan. Klik next.

Pilih resolusi

Terakhir, pilih resolusi video. Pilihan resolusi video yang ditawarkan oleh website satu ini tergolong cukup variatif. Untuk hasil yang lebih baik dan ukurannya juga tidak terlalu besar, Anda bisa menggunakan ukuran 720.

Itulah dia cara untuk membuat video pembelajaran dengan Powtoon yang wajib Anda coba. Mudah sekali bukan? Oleh karena itu, segera siapkan materinya, dan langsung kunjungi situs Powtoon untuk menerapkan cara-cara tersebut. Selamat mencoba.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(ant/shd)

Share :

Baca Juga

kelebihan dan kekurangan quizizz

Media Pembelajaran

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Quizizz sebagai Media Pembelajaran Online

Media Pembelajaran

Cara Membuat Soal Online dengan iSpring Quiz Maker
kelebihan dan kekurangan quizizz

Media Pembelajaran

Sangat Mudah! Berikut Cara Membuat Poster Pendidikan yang Menarik

Kesiswaan

4 Aplikasi Bacaan di Android untuk Meningkatkan Literasi pada Anak

Media Pembelajaran

Cara Mudah Membuat Media Pembelajaran dengan Classpoint
video pembelajaran

Media Pembelajaran

Membuat Konten Video Pembelajaran Menarik dengan Capcut
kiat-kiat sukses

Kenaikan Pangkat

Rekomendasi Media Pembelajaran yang Menarik

Media Pembelajaran

Cara Mudah Membuat Teka Teki Silang Untuk Pembelajaran dengan EclipseCrossword