Home / Media Pembelajaran

Jumat, 27 Mei 2022 - 01:11 WIB

Media Pembelajaran dan Fungsinya dalam Proses Belajar

Media Pembelajaran – Aspek pendidikan merupakan sebuah upaya manusia untuk selalu melakukan perbaikan, menumbuhkan sekaligus meningkatkan keseluruhan potensi yang ada dalam diri baik potensi jasmani maupun rohani.

Tentu tujuan menjalani pendidikan yakni berdasar pada nilai – nilai di masyarakat maupun kebudayaan. Sehingga wajar bila kemajuan bangsa tidak terlepas dari faktor pendidikan.

Salah satu pemeran utama dalam dunia pendidikan yakni sang pendidik. Sebagaimana dikutip dalam perundang – undangan pada Nomor 14 yang dirumuskan tahun 2005, bahwa guru dan dosen merupakan para pendidik profesional.

Keduanya memiliki peran untuk mendidik, membimbing, mengarahkan, mengaajr, menilai, melatih dan melaksanakan proses evaluasi peserta didik baik dari usia dini sampai akhirnya sudah memasuki perguruan tinggi.

Kendati demikian, secara realita tugas para pendidik tidak hanya sekedar mendidik dan menyampaikan ilmu kepada mereka.

Namun, pendidik harus bisa memastikan bahwa semua peserta didik yang diajar dapat menyerap dengan baik melalui beberapa strategi dan media pembelajaran yang digunakan.

Selain itu, para pendidik juga perlu untuk memiliki segudang kemampuan untuk memahami segala perbedaan peserta didik baik yang dapat menyerap pembelajaran dengan mudah maupun kesulitan dalam menyerap pembelajaran.

Sehingga, salah satu inovasi yang patut pendidik tiru dan terapkan di kelas yakni dengan pemanfaatan media pembelajaran.

Media pembelajaran tentu bukan sebuah metode pengajaran, namun kehadirannya yakni sebagai pelengkap bagi pendidik untuk bisa memberikan materi pembelajaran maupun informasi dengan bentuk yang lebih menarik.

Apalagi jika anda merupakan pendidik KB – SD, maka anda perlu memastikan media yang anda gunakan agar bisa menjadikan peserta didik memahami penjelasan yang diberikan.

Keuntungan lain yang bisa didapatkan dari kehadiran media pembelajaran yakni pendidik dapat memberikan wadah dan sarana untuk menghadirkan berbagai interaksi antar peserta didik dan pendidik sehingga mendapat capaian hasil belajar yang maksimal sesuai tujuannya.

Memaknai Media Pembelajaran

Media pembelajaran merupakan suatu alat yang difungsikan dalam penyampaian pesan. Penyampaian ini nantinya akan disalurkan pada peserta didik sehingga mereka dapat lebih menyerap pembelajaran dengan mudah tanpa harus bertanya berkali – kali pada pendidik. Bentuk dari media pembelajaran sendiri bermacam – macam. Tidak terbatas hanya pada satu bentuk saja.

Media tersebut bisa berupa desain grafis, visual, berbahan elektronik, audio atau bahkan karya pendidik sendiri yang dapat dipergunakan bersama dengan peserta didik.

Sedangkan makna berdasar dari definisi di UU RI No. 20 tahun 2003, media pembelajaran adalah unsur yang menjadi bagian integral dan berfungsi untuk mendukung capaian keberhasilan dari proses belajar mengajar.

Baca juga:   iSpring Quizmaker, Metode Pembelajaran dengan Pendekatan Digital

Peran Media Pembelajaran di Lingkungan Pembelajar

Di lingkungan para pembelajar, media pembelajaran dapat berfungsi sebagai penjelas dan penyaji pesan terbaik agar tidak semua konten tersampaikan secara verbal alias menggunakan penyampaian lisan saja.

Selain itu, kehadirannya dapat menjadi solusi untuk mengatasi adanya keterbatasan pada waktu, ruang dan daya indra. Adapun penjelasannya lebih detail sebagai berikut :

Pertama, bila media pembelajaran berupa objek yang terlalu besar, maka hal itu dapat diubah dengan penggunaan gambar, realita, film bingkai, model atau bentuk dokumenter film.

Kedua, bila media pembelajarannya terlalu kecil, maka anda dapat menunjukkannya dengan bantuan proyektor, maupun penyediaan gambar.

Ketiga, bila media pembelajaran merupakan objek yang bisa bergerak, maka pastikan anda dapat menggunakan bantuan dari alat timelapse. Smartphone anda sekarang juga bisa digunakan.

Keempat, bila objek dari media pembelajarannya terlalu kompleks, maka anda bisa menyajikannya dengan bantuan model, program komputer animasi, maupun bentuk diagram.

Kelima, objek media pembelajaran tersebut dapat menggunakan konsep yang lebih luas. Misalnya menggunakan konsep gunung berapi, iklim, planet yang mana dapat difungsikan dalam bentuk film, gambar serta hal lainnya.

Kegunaan Media Belajar di Lingkungan Pembelajar

Selain memahami makna dari adanya media belajar, penting juga bagi anda untuk mengetahui kegunaannya baik bagi pendidik maupun peserta didik.

1.   Memunculkan Dorongan / Motivasi Belajar Peserta Didik

Media belajar yang disusun oleh pendidik akan berguna untuk menjadi salah satu faktor kemunculan motivasi untuk terus senantiasa belajar.

Dorongan tersebut memang pada awalnya tidak kentara, namun bila semakin diperdalam dengan pembiasaan penggunaan media tersebut, maka dapat dipastikan para peserta didik akan termotivasi untuk menyerap dengan maksimal konten yang sedang dipelajari.

2.   Menghadirkan Interaksi Langsung baik dari Peserta Didik dan Lingkungan

Kemudian, media belajar akan memunculkan pola interaksi langsung dari pendidik, peserta didik bahkan sampai ke lingkungan. Apalagi bila media belajar tersebut berkaitan dengan penerapannya di kehidupan nyata seperti fenomena sains.

3.   Mengajarkan Kemandirian pada Peserta Didik

Selain itu, hadirnya media belajar juga akan banyak mengajarkan kemandirian pada peserta didik. Pendidik tidak harus meminta peserta didik belajar lebih mendalam sebab media belajar cukup menjadi penyampai pesan agar konsep tersebut harus benar – benar dipelajari.

Penggunaan media pembelajaran sudah sepatutnya bersandar pada keberadaan makna maupun nilai tambah yang bisa diberikan pada peserta didik berdasar pengalaman yang sudah dilalui selama di sekolah.

Baca juga:   Mengenal 5 Macam Model Belajar di Dunia Pendidikan

Oleh sebab itu, kehadiran media pembelajaran akan memudahkan peserta didik dalam proses peningkatan kegiatan mengajar, mendapat kejelasan materi maupun kemudahan dalam belajar.

Fungsi Media Pembelajaran

Selain memahami kegunaannya, maka anda juga perlu mengkaji fungsi dari adanya media pembelajaran. Adapun yang merupakan fungsi di antaranya yakni :

Pertama, media belajar berfungsi untuk memberi kejelasan pada pesan yang ingin disampaikan pendidik.

Kedua, media pembelajaran berfungsi untuk memudahkan setiap individu terpenuhi kebutuhan belajarnya.

Ketiga, media pembelajaran menjadi sarana untuk pendidik agar tidak terlalu cenderung meyampaikan pesan secara verbal.

Keempat, media pembelajaran berfungsi untuk mensolusikan masalah yang berkaitan dengan aspek keterbatasan ruang, daya indra, waktu maupun tenaga sehingga akan menimbulkan adanya gairah dalam kegiatan belajar mengajar, kemudian meningkatkan interaksi antara peserta didik dengan sumber belajar yang sudah tervalidasi.

Kelima, media pembelajaran berfungsi untuk menjadikan anak lebih bersikap dan belajar mandiri berdasar bakat dan kemampuan visual, auditori maupun kinestetik.

Keenam, media pembelajaran berfungsi untuk saling memberikan aspek rangsangan, pengalaman maupun hadirnya persepsi yang sama.

Pada penerapan media belajar di lingkungan kelas, terdapat beberapa unsur yang urgen yakni metode dan media pembelajaran.

Keduanya saling berkaitan. Sehingga anda harus memastikan pembuatan media belajar akan sesuai dengan metode yang digunakan di dalam kelas.

Contoh Media yang Bisa Diterapkan di Kelas

Untuk pembuatannya, anda bisa menggunakan beberapa media misalnya audio dan visual. Bentuknya pun beragam seperti media digital.

Kehadiran inovasi pada media pembelajaran tentu akan semakin menjadikan para peseerta didik termotivasi dan semakin bersemangat dalam mempelajari konten yang akan disampaikan pendidik.

Sebab sesuatu yang baru akan membangkitkan aspek motivasi maupun rangsangan dalam diri peserta didik. Selain itu, dengan penggunaan media, peserta didik akan terfasilitasi dengan suasana kondisi belajar berdasar realita.

Anda juga perlu mengkaji kembali terkait aspek ketepatan maupun kecermatan sehingga kehadiran media dapat lebih menunjang efisiensi dan efektifitas kegiatan belajar mengajar yang sedang dilaksanakan.

Nantinya, kegiatan belajar akan menjadi kegiatan yang menarik, memunculkan rangsangan pada aspek motivasi peserta didik serta memantik rasa perhatian yang besar.

Demikian ulasan mengenai media pembelajaran dan penjelasan mengenai fungsi, manfaat, dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(shd/shd)

Share :

Baca Juga

Media Pembelajaran

Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis

Media Pembelajaran

Sangat Mudah! Berikut 6 Aplikasi Game Matematika Terbaik

Media Pembelajaran

Pentingnya Pembelajaran Interaktif dengan Visualisasi yang Menarik

Media Pembelajaran

Buku Saku Platform Merdeka Mengajar : Tanya Jawab Seputar Platform Merdeka Mengajar

Kesiswaan

Belajar Sambil Bermain Menggunakan Puzzlemaker

Media Pembelajaran

Cara Mudah Membuat Media Pembelajaran dengan Classpoint

Media Pembelajaran

Belajar Menyenangkan dengan Aplikasi Edpuzzle

Media Pembelajaran

Sangat Mudah ! Berikut Cara Mendaftar Canva for Education
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.