Home / Media Pembelajaran

Minggu, 8 Januari 2023 - 21:03 WIB

Tips Membuat Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Ilustrasi pembuatan modul ajar

Ilustrasi pembuatan modul ajar

Pergantian Kurikulum K13 menjadi Kurikulum Merdeka membawa banyak perubahan. Salah satunya pergantian RPP menjadi Modul Ajar. Guru harus bisa mempelajari cara penyusunan modul ajar kurikulum merdeka. Ada dua tips membuat modul ajar kurikulum merdeka yang dapat Anda terapkan yaitu memperhatikan metode penyusunan modul ajar dan memperhatikan prinsip penyusunan modul ajar.

Anda juga dapat mempelajari serba-serbi kurikulum merdeka yang dapat diakses melalui pelatihan online pada situs e-Guru.id, GuruJuara.com, Diklat.co.

Tips Membuat Modul Ajar untuk Kurikulum Merdeka

Cara membuat modul ajar kurikulum merdeka tidak jauh berbeda dengan cara menyusun RPP pada kurikulum k13. Letak perbedaannya hanya pada penyebutan perangkat pembelajaran saja. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

Baca juga:   Ingin Belajar Penyusunan Modul P5? Guru Wajib Tahu Hal Ini!

1. Menganalisa kondisi dan keperluan siswa serta satuan pendidikan

Pembuatan serta pengembangan modul ajar menyesuaikan kondisi dan keperluan siswa seperti kondisi latar belakang keluarga, ekonomi, dan kondisi satuan pendidikan seperti sarana dan prasarana. Selain itu, penyusunan modul ajar menyesuaikan tingkat kompetensi dan kreativitas guru. Hal itu meminimalisir penyusunan modul ajar diluar kemampuan siswa, guru, serta satuan pendidikan.

2. Memperhatikan profil pelajar Pancasila sebagai dasar acuan penyusunan

Tips membuat modul ajar kurikulum merdeka selanjutnya yaitu memperhatikan profil pelajar Pancasila. Guru diperbolehkan memilih hanya beberapa dimensi profil pelajar Pancasila yang menjadi sebagai dasar acuan penyusunan.

3. Menentukan alur tujuan pembelajaran

Sebelum penyusunan modul, guru menentukan alur tujuan pembelajaran yang nantinya dikembangkan menjadi modul ajar kurikulum merdeka. Guru juga dapat memilih atau menyesuaikan alur tujuan pembelajaran yang ditentukan sekolah dengan alur tujuan pembelajaran yang ada.

Baca juga:   Cara Mendownload Kisi-Kisi, Modul, dan Aplikasi Ujian SEB Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022 Tahap 2

4. Menyusun modul ajar berdasarkan unsur komponen yang telah tersedia.

Komponen inti bisa didapatkan dari informasi dan kegiatan yang telah dilakukan pada ketiga langkah diatas yang selanjutnya disesuaikan kembali dengan kondisi serta kebutuhan siswa, guru, serta sekolah sebagai satuan pendidikan.

Setelah susunan modul ajar dibuat, guru sudah dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran menyesuaikan modul ajar tersebut. Guru melakukan evaluasi modul ajar yang telah dilaksanakan sebagai bentuk perbaikan modul ajar untuk kegiatan pembelajaran berikutnya.

Prinsip Penyusunan Modul Ajar

Selain cara penyusunan, ada juga beberapa prinsip yang dapat mempermudah Anda dalam menyusun modul ajar. Prinsip-prinsip tersebut adalah sebagai berikut:

  • Penyusunan modul ajar berdasarkan karakteristik, kompetensi dan minat peserta didik di setiap fase.
  • Penyusunan memperhatikan perbedaan tingkat pemahaman dan tingkat kompetensi yang bervariasi pada setiap siswa yang mungkin terjadi pada tiap fase pembelajaran.
  • Pembuatan modul ajar harus memperhatikan keragaman di setiap aspek yang dimiliki siswa.
  • Dalam modul ajar diharapkan secara langsung maupun tidak langsung, menjelaskan tentang keseimbangan serta hubungan antara kemampuan intelektual, sosial serta personal.
Baca juga:   3 Jenis Modul Ajar Yang Wajib Dibuat Oleh Guru Dalam Kurikulum Merdeka 2022

Itulah beberapa tips membuat modul ajar untuk kurikulum merdeka. Dapat disimpulkan bahwa penyusunan modul ajar oleh guru menggunakan profil pelajar Pancasila, keragaman karakteristik siswa, kondisi dan kemampuan satuan pendidikan tempat guru mengajar.

Share :

Baca Juga

Media Pembelajaran

Cara Belajar Matematika Menyenangkan di Rumah

Media Pembelajaran

Mengenal Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Di Era Digital

Media Pembelajaran

Cara Membuat Soal Online dengan iSpring Quiz Maker

Media Pembelajaran

Cara Menyusun LKPD untuk Meningkatkan Pengetahuan Peserta Didik

Media Pembelajaran

Cara Memasukkan File Audio di LiveWorksheets Ketika Membuat LKPD
Orang Tua

Media Pembelajaran

Manfaat Blog dan Cara Menerapkan Pada Pembelajaran Tambahan

Media Pembelajaran

Simak Berbagai Manfaat Fitur Google Workspace For Education dalam Mewujudkan Merdeka Belajar

Media Pembelajaran

Cara Menginstal iSpring QuizMaker untuk Membuat Soal Otomatis