Home / Karya Inovatif / Media Pembelajaran

Jumat, 13 Mei 2022 - 06:31 WIB

Pentingnya Bahan Ajar Bagi Kesuksesan Pembelajaran

Pentingnya bahan ajar, dapat guru rasakan ketika melaksanakan pengajaran. Bahan ajar menjadi hal yang penting karena merupakan salah satu elemen yang dapat membantu siswa  dalam mencapai tujuan belajar.

Pengertian bahan ajar menurut National Center for Competency Based Training adalah semua bentuk bahan yang digunakan dalam membantu guru untuk melaksanakan proses pembelajaran di kelas.

Bahan ajar yang dimaksud, bisa saja berupa bahan tertulis ataupun tidak tertulis.

Sedangkan bagi Prastowo (2011), bahan ajar merupakan bahan atau materi pembelajaran yang telah disusun secara sistematis, serta digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran.

Isi dalam bahan pembelajaran yaitu materi, pesan atau isi mata pelajaran berupa ide, fakta, konsep, prinsip, kaidah, atau teori yang tercakup dalam pelatihan sesuai disiplin ilmu serta informasi lain dalam pembelajaran.

Bahan ajar memiliki keunggulan seperti membantu meringankan tugas guru, karena bahan ajar dapat digunakan sebagai pengganti penjelasan yang membutuhkan waktu yang relatif lama.

Sedangkan bahan ajar dapat dengan mudah dipelajari dalam waktu yang relatif singkat. Dalam pengembangan bahan ajar, guru perlu memperhatikan hal-hal seperti aspek kecermatan isi, kebenaran dari isi yang disampaikan, ketepatan cakupan.

Baca juga:   Strategi Penyusunan Buku Diktat

Ketepatan cakupan berarti keluasan dan kedalaman isi serta keutuhan konsep pada bidang ilmu terkait.

Bahan ajar juga harus memuat pemaparan yang logis. Artinya, penjelasan disajikan dengan jelas, sistematis, dan dijelaskan secara cermat.

Apabila terdapat ilustrasi, maka ilustrasi tersebut dapat mempermudah pemahaman bukan sebaliknya. Misalnya alat bantu yang menjelaskan secara visual mengenai materi yang terkait.

Alat bantu tersebut merupakan alat yang simple, namun dengannya dapat diperoleh hasil yang maksimal dalam membantu penjelasan materi.

Bahan ajar juga sebaiknya menggunakan bahasa yang tidak berbelit-belit. Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa secara menyeluruh.

Secara lebih lanjut, berikut pentingnya bahan ajar bagi guru dan murid dalam proses pembelajaran.

Pentingnya Bahan Ajar Bagi Guru dalam Proses Pembelajaran

  1. Guru yang memiliki bahan ajar, dapat terbantu dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Bahan ajar yang digunakan guru bisa saja tidak sempurna, namun seiring waktu dapat makin sempurna dan semakin berkualitas bahan ajar yang dimiliki karena telah mengetahui kekurangan dari bahan ajar sebelumnya.
  2. Berguna dalam kenaikan pangkat atau jabatan guru. Hal ini karena, bahan ajar dapat diajukan sebagai karya yang dinilai untuk menambah angka kredit guru. Sehingga, memungkinkan guru cepat naik golongan jabatan.
  3. Bisa menambah penghasilan guru. Apabila hasil karya bahan ajar guru berhasil diterbitkan oleh penerbit, maka guru dapat memperoleh penghasilan darinya.
Baca juga:   Computer Based Test Menguntungkan atau Merugikan?

Pentingnya Bahan Ajar Bagi Siswa dalam Proses Pembelajaran

  1. Membuat pembelajaran lebih menarik dan mengesankan bagi siswa. Bahan ajar dapat membuat siswa tidak mudah bosan. Hal ini dikarenakan bahan ajar memungkinkan siswa untuk tidak hanya mendengarkan penjelasan dari guru.
  2. Siswa akan mendapatkan lebih banyak kesempatan dalam belajar secara mandiri. Bahan ajar yang telah disusun guru, dapat menjadi pembimbing dan petunjuk bagi siswa. Siswa pun dapat memilih sendiri waktu yang nyaman untuk mereka belajar. Kemudian, dengan adanya banyak aktifitas yang dirancang akan dapat membantu siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  3. Bahan ajar akan membuat siswa mendapatkan kemudahan dalam mempelajari setiap kompetensi yang harus dikuasainya. Hal ini karena semua bahan telah termuat dalam bahan ajar yang disusun oleh guru.

Demikian penjelasan mengenai pentingnya bahan ajar dalam kesusksesan pembelajaran. Untuk dapat mencapai kesuksesan pembelajaran, guru dapat menyusun bahan ajar sesuai kebutuhan dan tujuan pembelajaran.

 

Diklat 40JP : Langkah Mudah Membuat Bahan Ajar untuk Kenaikan Pangkat Guru. Klik link ini untuk mendaftar.

Penulis: Agriantika Fallent

Share :

Baca Juga

Karya Inovatif

Puzzlemaker Cara Mudah Membuat Teka-teki Silang untuk Pembelajaran

Media Pembelajaran

Cara Belajar Matematika Menyenangkan di Rumah
ide ice breaking SD

Karya Inovatif

5 Ide Ice Breaking Games untuk Anak SD, Dijamin Seru

Media Pembelajaran

Cara Menyusun Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa
tips membuat best practice

Media Pembelajaran

Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Mengisi Kolom “Upaya Mempelajari Fokus Perilaku Observasi” di PMM
ice breaking games di kelas

Karya Inovatif

5 Contoh Ice Breaking Games di Kelas, Dijamin Seru
kiat-kiat sukses

Kenaikan Pangkat

Rekomendasi Media Pembelajaran yang Menarik

Media Pembelajaran

Sangat Mudah, Begini Tutorial Mengubah Powerpoint Menjadi Video