Home / Media Pembelajaran

Kamis, 4 Agustus 2022 - 11:30 WIB

5 Hal Penting dalam Membuat Presentasi yang Menarik

Membuat PresentasiPresentasi sudah sangat sering digunakan, bukan hanya untuk dunia pendidikan tetapi juga dalam dunia bisnis termasuk dalam dunia politik. Semua level pendidikan di semua jenjang bahkan mulai dari pra sekolah sampai perguruan tinggi menggunakan media presentasi. Dari berbagai survey semua media pembelajaran elektornik yang paling banyak digunakan adalah media presentasi.

Kebanyakan slide presentasi itu membosankan. Orang tidak akan memberi perhatian pada hal yang membosankan. Jika anda menggunakan slide yang membosankan, maka audiens akan jenuh dan tidak akan memperhatikan anda sehingga hanya membuang waktu sia-sia.

Tujuan utama dalam sebuah presentasi adalah menampilkan gagasan, memahami ide atau materi dengan cepat, dan mengajak audiens untuk mengikuti “Call to Action”. Tujuan sebuah presentasi tidak akan tercapai jika seorang guru tidak mengetahui 5 hal penting dalam Membuat Presentasi yang Menarik. 

Baca juga:   Rekomendasi Media untuk Membantu Meningkatkan Literasi Siswa

Berikut adalah 5 Hal Penting dalam Membuat Presentasi yang Menarik:

  • Batasi Kata-Kata di Slide Anda

Slide presentasi yang baik adalah slide yang sederhana (simple). Gunakan kata kunci untuk menjadikan slide anda menjadi lebih sederhana. Slide yang sederhana membuat audiens lebih mudah untuk memahami isi presentasi. Padatkan jumlah slide, tidak perlu terlalu banyak, yang utama dapat mewakilan poin penting yang akan disampaikan sehingga slide tetap terjaga sederhana.

  • Pemilihan Jenis Huruf

Pilih jenis huruf yang sesuai dan mudah dibaca sehingga mengurangi resiko kejenuhan para audiens saat presentasi. Hindari memformat poin secara berlebihan. Batasi pemakain berbagai jenis huruf, maksimal 3 jenis huruf sehingga pesan dapat tersampaikan dengan jelas.

  • Gunakan Gambar, Bagan, dan Grafik yang Akurat

Gambar berfungsi agar presentasi tidak membosankan. Grafik dan tabel berfungsi dalam mempersingkat penyampaian data. Sebagai alat bantu mengajar, utamakan aspek visual (gambar, animasi, video) dengan konten tidak terlalu dominan. Sebagai bahan ajar, konten komposisinya boleh lebih banyak, namun tetap dilengkapi dengan gambar.

  • Skema Warna
Baca juga:   Strategi Pengembangan e-Learning untuk Wujudkan Digitalisasi Pendidikan

Pemilihan warna harus kontras antara warna tulisan dengan background sehingga tulisan dapat dibaca dengan jelas. Tentukan minimal 3 warna untuk: warna background slide, warna teks, dan warna selain warna background dan teks.

  • Pastikan Semua Objek Selaras

Pastikan semua objek yang dimasukkan ke dalam slide presentasi anda selaras. Mulai dari jenis huruf, warna, peletakkan gambar, dan lain sebagainya sehingga audiens tertarik untuk melihat slide presentasi anda dan mau mendengarkan penjelasan dari anda.

Apakah slide presentasi anda sudah baik? Jika belum, anda dapat mengikuti Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Power Point bersama e-Guru.id.

Berikut tautan untuk pendaftarannya https://online.e-guru.id/product/pelatihan-membuat-media-pembelajaran-interaktif-menggunakan-power-point-angkatan-ke-1-bulan-agustus-2022/

(sfh/rtq)

Share :

Baca Juga

Media Pembelajaran

Memanfaatkan CapCut untuk membuat video pembelajaran
video pembelajaran

Media Pembelajaran

Manfaat Menggunakan Aplikasi TikTok untuk Pembelajaran Era Digital
kiat-kiat sukses

Kenaikan Pangkat

Rekomendasi Media Pembelajaran yang Menarik
Webinar

Kenaikan Pangkat

Membuat CBT Lebih Mudah dari pada Google Form, Guru wajib Coba Moodle
HOTS

Karya Inovatif

Instrumen HOTS untuk Guru Berkualitas

Karya Inovatif

Puzzlemaker Cara Mudah Membuat Teka-teki Silang untuk Pembelajaran
Ilustrasi model pembelajaran inovatif

Media Pembelajaran

Tutorial Mengisi Contoh Isian Mempelajari Fokus Perilaku Observasi Di PMM
Tips menjadi kepala sekolah yang baik

Media Pembelajaran

Guru yang Tetap Memilih Pembelajaran Secara Tatap Muka