Home / Admin Sekolah / Karya Inovatif / Media Pembelajaran

Kamis, 4 Agustus 2022 - 09:24 WIB

Kunci Rahasia Membuat Website dari Nol? Simak Berikut Ini

Membuat website – Semenjak masa pademi covid-19, banyak sekali kebijakan yang dikeluarkan pemerintah untuk melakukan kegiatan dalam bentuk daring (dalam jaringan). Imbasnya hampir semua sekolah melakukan pembelajaran dengan sistem daring.

Hal ini dapat dimanfaatkan guru untuk melakukan adaptasi teknologi dalam pembelajaran. Salah satunya membuat website pribadi yang berisi beberapa materi yang akan diberikan kepada murid. Membuat website sangatlah mudah.

Anda tidak harus mengerti bahasa pemograman namun anda harus mengetahui kunci rahasia untuk membuat website sendiri dengan mudah tanpa memiliki pengetahuan teknis, yaitu menggunakan CMS (Content Management System) WordPress. Berikut ulasan cara membuat website dengan CMS WordPress dan buat kreasikan website anda dengan mudah.

Simak  kunci rahasia membuat website berikut ini.

1. Memiilih Jenis Website

Kunci rahasia membuat website diawali dengan menentukan jenis website yang akan dibuat. Dengan memiliki tujuan yang jelas dan konsisten maka cara jitu selanjutnya akan dirasa lebih efisien dalam pengerjaannya.  Ada baiknya anda menentukan jenis website seperti apa yang ingin dibuat. Berikut adalah jenis website yang terpopuler:

  • Personal Blog

Personal Blog merupakan media yang dipergunakan untuk seseorang berabgi informasi, pendapat ataupun berbagi pengalaman seperti liburan. Membuat Personal Blog dirasa lebih mudah dibandingkan membuat website lainnya, karena tidak harus banyak fitur yang dimiliki.

  • Toko Online

Toko Online merupakan website yang digunakan untuk mempromosikan barang atau jasa yang kita jual. Dalam website ini memerlukan fitur tambahan seperti fitur keamanan tambahan untuk mengamankan pembayaran / payment gateway.

  • News Portal

Dari nama jenis ini dapat dimengerti bahwa website ini memuat berbagai berita terkini yang mencakup berbagai isu di sekitar kita. Namun website news portal ini harus memiliki manajemen konten yang tertata agar berita yang disajikan tidak telat dibagikan

  • Forum
Baca juga:   Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Anak TK

Website ini memiliki fitur menjadi media diskusi secara online dan media berbagi informasi antar pengguna (user).

2. Memilih Platform Website

Langkah kedua adalah memilih platform website. Platform yang sering kali digunakan yaitu Content Management System (CMS). Karena sistem ini melakukan pengelolaan pada seluruh konten yang diperlukan dalam membuat sebuat website yang menarik seperti gambar, video, logo, teks bahkan sudah terdapat template nya.

Adanya CMS ini yang memungkinkan anda membaut website tanpa perlu memahami bahasa pemrograman. Pada artikel ini kami memberikan contoh CMS WordPress yang mana WordPress sendiri merupakan sebuah CMS opensource yang dapat digunakan tanpa biaya.

3. Memilih Penyedia Nama Domain dan Web Hosting

Nama domain adalah Alamat URL yang digunakan untuk mengakses website sebagai contoh naikpangkat.com

Sedangkan yang dimaksud hosting adalah sebuah ruang dalam server yang dapat disewa sebagai media penyimpanan yang dibutuhkan oleh website.

Cara jitu selanjutnya adalah memilih nama domain website anda, ini mempengaruhi tingkat ditemukannya URL/nama merek website anda di bilah mesin pencarian. Adapun manfaat dari domain diantaranya:

  • Sebagai identitas online
  • Dapat dijadikan email yang profesional
  • Membangunt nilai diri yang dapat mudah diingat dan unik

Setelah memutuskan nama domain website anda, langkah yang diperlukan adalah menembukan layanan hosting website anda. Layanan hosting yang terpopuler diantaranya WordPress karena memiliki fitur tambahan yang dapat memaksimalkan website anda dalam performa yang baik. Pemilihan hosting ini bukan tanpa sebab, karena memiliki manfaat diantaranya:

  • Website selalu online dan dapat diakses dengan cepat
  • Website memiliki tempat penyimpanan data
  • Website dapat dikelola dengan mudah
  • Dapat memiliki perlindungan dari malware dan hacker
  • Dapat membackup secara otomatis dan melakukan pembaruan dengan sendirinya.
Baca juga:   Microsoft Powerpoint, Jalan Ninja Para Guru

4. Install WordPress

Setelah menyewa hosting dan domain. Langkah berikutnya adalah instalasi CMS WordPress. Berikut langkah yang dapat di ikuti:

  • Login website melalui namadomain.com (nama domain yang ada sewa)
  • Buka Softacolous App Installer
  • Lalu klik opsi Install Now
  • Pilih domain WordPress
  • Atur nama website yang anda inginkan
  • Atur username dan password website anda
  • Instalasi selesai

5. Optimasi Pengaturan Website

Setelah proses instalasi berhasil anda dapat optimasi pengaturan website yang anda inginkan, karena pengaturan WordPress yang baru saja di install masih menggunakan pengaturan standar.

Agar website anda sesuai dengan ide yang anda miliki sebaiknya anda melakukan beberapa perubahan dalam pengaturan website anda. Untuk mengubah pengaturan tersebut, anda perlu login terlebih dahulu ke halaman admin. ikuti langkah berikut ini:

  1. Login ke dashboard melalui “namadoimainanda.com
  2. Masukkan username dan password anda
  3. Lakukan pengaturan pada website anda

 

Siapkah Anda Mengkreasikan Website Anda Sendiri?

Dengan mengikuti langkah diatas apakah anda sudah siap untuk membuat kreasi pada website anda sendiri? Tentu saja siap dong. Jika anda masih merasa bingung tahapan untuk membuat website sendiri, anda dapat mengikuti pelatihan yang diadakan oleh e-guru.id. Pelatihan ini akan dilaksanakan mulai tanggal 3 Agustus 2022 mendatang. Segera lakukan pendafatar dengan mengklik link dibawah sini

>>LINK DAFTAR<<

(Muf/Muf)

Share :

Baca Juga

Media Pembelajaran

Cara Membuat Virtual Assistant untuk Pembelajaran Digital yang Menyenangkan

Media Pembelajaran

Memanfaatkan CapCut untuk membuat video pembelajaran

Media Pembelajaran

Canva, Aplikasi untuk Anda yang Ingin Berpikir Kreatif

Media Pembelajaran

Cara Menginstal iSpring QuizMaker untuk Membuat Soal Otomatis
Ilustrasi model pembelajaran inovatif

Media Pembelajaran

Presentasi Interaktif dan Lebih Menarik dengan Canva for Education
Menjadi guru milenial dengan facebook

Media Pembelajaran

Menjadi Guru Milenial Dengan Facebook Pembelajaran

Kesiswaan

4 Aplikasi Bacaan di Android untuk Meningkatkan Literasi pada Anak

Media Pembelajaran

Cara Memasukkan File Audio di LiveWorksheets Ketika Membuat LKPD