Home / Media Pembelajaran

Jumat, 18 Maret 2022 - 10:28 WIB

Rekomendasi Media untuk Membantu Meningkatkan Literasi Siswa

Penggunaan media untuk membantu meningkatkan literasi siswa merupakan salah satu solusi yang patut untuk dicoba. Pasalnya, untuk dapat meningkatkan literasi siswa guru perlu melakukan usaha yang lebih. Selain itu juga perlu adanya koordinasi antara guru dan orang tua.

Sebagaimana yang kita tahu bahwa buku-buku yang selama ini menjadi panduan dalam siswa belajar terkesan terlalu tebal dan monoton. Sehingga perlu adanya media lain yang dapat mendukung peningkatan literasi siswa.

Berikut ini adalah rekomendasi media untuk membantu meningkatkan literasi siswa yang dapat Anda coba terapkan.

Pertama, media storytelling. Literasi tidak hanya menyangkut kemampuan membaca dan menulis, namun juga kemampuan mendengarkan, berbicara, serta komunikasi.

Media storytelling dapat menjadi wadah yang tepat dan mengasyikkan bagi siswa untuk dapat meningkatkan kemampuan tersebut.

Storytelling juga memungkinkan siswa untuk dapat memahami suatu cerita, membuat kesimpulan, hingga dapat menceritakan kembali isi cerita.

Kedua, media infografis. Infografis biasanya berisi visualisasi atau gambar ilustrasi dari suatu hal atau peristiwa. Oleh karena itu, infografis dapat menjadi media yang membantu meningkatkan literasi siswa karena mudah dicerna dan dipahami.

Baca juga:   Belajar Menyenangkan dengan Aplikasi Edpuzzle

Ketiga, media digital. Banyak hal kini telah merambah ke ranah digital. Sehingga media digital untuk pembelajaran pun sudah mulai banyak.

Guru dapat memanfaatkan media digital seperti buku digital, perpustakaan digital, hingga modul digital. Beberapa media digital bahkan biasanya menyertakan animasi, gambar ilustrasi yang menarik, serta  video pembelajaran yang interaktif.

Meningkatkan literasi siswa melalui media digital juga memiliki berbagai keunggulan. Keunggulan tersebut diantaranya dapat mengatasi keterbatasan waktu, memiliki visualisasi yang menarik, membantu mengembangkan imajinasi siswa, hingga mampu meningkatkan motivasi dan minat belajar.

Selain media digital yang berbasis visual dan gambar, ada juga media digital berupa audio yang dapat membantu peningkatan literasi siswa yaitu audiobook. Media ini dapat digunakan untuk membantu siswa yang belum lancar membaca atau untuk meningkatkan minat baca.

Keempat, media permainan. Menggunakan media permainan dalam meningkatkan literasi siswa merupakan bentuk dari belajar sambil bermain.

Baca juga:   Kurikulum Merdeka dan Model Pembelajaran yang Tepat!

Permainan dapat mendorong siswa untuk berkomunikasi dan mendengar. Sehingga kosa kata siswa dapat bertambah. Selain itu siswa juga dapat belajar berhitung, menghafal, menulis, serta membaca melalui permainan. Tentu saja harus dengan permainan yang tepat.

Permainan yang digunakan untuk meningkatkan literasi biasa disebut game literasi. Game ini tentu berbeda dengan game biasa karena game ini dirancang dengan tujuan tertentu.

Contoh game literasi adalah game perburuan harta karun. Dimana dalam game ini, siswa diajarkan untuk dapat membaca dan memahami petunjuk, tanda, teka-teki, serta menyelesaikan rintangan. Guru dapat menerapkan game ini dengan ditambahi materi yang sesuai dengan pembelajaran.

Demikian rekomendasi media untuk membantu meningkatkan literasi siswa yang dapat guru terapkan.

Mari ikuti “Pelatihan Meningkatkan Literasi Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Video Interaktif dengan Edpuzzle”. Klik LINK INI untuk mendaftar.

 

 

Penulis : Agriantika Fallent

Share :

Baca Juga

Media Pembelajaran

Perangkat Pembelajaran Daring untuk Solusi Belajar di Masa Pandemi Covid-19

Media Pembelajaran

Cara Membuat Presentasi di Canva, Guru Wajib Tau!

Media Pembelajaran

Ragam Aplikasi Membuat Video Pembelajaran di HP

Media Pembelajaran

3 Hal Penting Dalam Membuat Power Point Kreatif Untuk Media Pembelajaran Interaktif

Media Pembelajaran

Definisi, Prinsip, Fungsi dan Cara Memilih Bahan Ajar

Kesiswaan

Belajar Sambil Bermain Menggunakan Puzzlemaker

Media Pembelajaran

Cara Membuat Soal Online dengan iSpring Quiz Maker

Karya Inovatif

Pentingnya Bahan Ajar Bagi Kesuksesan Pembelajaran