Home / Media Pembelajaran

Minggu, 13 Maret 2022 - 21:59 WIB

Fitur-Fitur Menarik dari Virtual Asisten untuk Video Pembelajaran Interaktif

Virtual Asisten untuk Video Pembelajaran InteraktifAdanya pandemi Covid-19 mengharuskan pembelajaran dilakukan secara virtual atau daring. Untuk menyiapkan pembelajaran daring yang menyenangkan, perlu metode dan media pembelajaran yang menarik ketertarikan siswa dan membangkitkan semangat siswa dalam belajar. Banyaknya variasi metode dan media pembelajaran untuk menarik ketertarikan dan membangkitkan semangat siswa.

Diantaranya dengan membuat video pembelajaran. Agar video pembelajaran tidak monoton dan membosankan. Anda bisa mencoba membuat video pembelajaran dengan virtual asisten. Memang virtual asisten masih terbilang baru dan agak asing, untuk sebagian orang.  Belum terlalu banyak yang membuat video pembelajaran dengan vitual asisten ini.

Virtual asisten sendiri merupakan salah satu bentuk perkembangan teknologi digital yang bisa digunakan untuk membuat video pembelajaran.  Virtual asisten ini akan membantu para guru untuk menjelaskan materi kepada murid-murid agar lebih memahami teori yang disampaikan dengan suara yang dapat berganti-ganti. Tokoh “Guru” dibuat seperti kartun secara virtual.  Pemilihan tokoh kartunnya atau animasi dapat diatur sesuai dengan keinginan pengajar asalkan tetap menarik dan disukai anak-anak.

Virtual asisten ini memiliki beberapa fitur-fitur menarik untuk video pembelajaran yang lebih interaktif yang bisa dicoba untuk digunakan. Terdapat fitur-fitur menarik dari Virtual Asisten untuk Video pembelajaran interaktif yang bisa digunakan, yaitu antara lain sebagai berikut.

Baca juga:   Membuat Konten Video Pembelajaran Menarik dengan Capcut

Video Animasi dengan Berbagai Karakter

Fitur pertama adalah adalah presentasi animasi dengan berbagai karakter menarik di dalamnya. Video asisten akan membantu mengkombinasikan karakter animasi dengan template yang menarik. Fitur ini bisa diakses secara gratis bahkan offline.

Anda bisa menambahkan berbagai efek, ikon, dan gambar yang menarik untuk membuat tampilan video animasi kian menarik. Tambahkan ikon sesuai dengan informasi yang ingin disampaikan agar peserta didik lebih mudah dalam memahaminya.

Template Variatif

Berikutnya, pengguna platform virtual asisten akan menemukan berbagai template variatif yang bisa digunakan. Keunggulan dari template ini adalah Anda bisa langsung menggunakannya tanpa harus mendesain dari awal.

Template bisa digunakan apabila Anda ingin mengedit video pembelajaran dalam waktu yang singkat. Selain itu, template ini juga bisa digunakan apabila pengguna masih pemula yang masih awam, sehingga tidak perlu membuat desainnya dari nol.

Mengedit Presentasi Menjadi Video

Fitur-fitur menarik dari Virtual Asisten adalah mengedit presentasi. Aplikasi berbasis virtual asisten ini memiliki fitur untuk mengubah file dalam bentuk powerpoint atau Google Slide ke dalam bentuk video,

Baca juga:   Cara Membuat Virtual Assistant untuk Pembelajaran Digital yang Menyenangkan

Selanjutnya, pengguna bisa menyesuaikan ukuran dan durasi video pembelajaran yang ingin digunakan. Hasil editing video presentasi akan terlihat interaktif dan kian menarik karena adanya teknologi ZUI.

Fitur Pengisi Suara

Satu lagi fitur yang ada di aplikasi berbasis virtual asisten, yaitu pengisi suara agar membuat video pembelajaran semakin menyimak untuk disimak. Guru bisa merekam suaranya terlebih dahulu sesuai dengan materi yang akan disampaikan.

Setelah itu, hasil rekaman suara tersebut bisa dimasukkan ke dalam video dengan melakukan penyesuaian. Pastikan suara dan tampilan video berjalan selaras agar materi bisa tersampaikan dengan baik.

Fitur-fitur menarik dari Virtual Asisten yang bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk memudahkan siswa memperoleh media interaktif. Guru bisa menggunakan berbagai fitur tersebut dengan sekreatif mungkin agar hasilnya memuaskan. Virtual asisten ini dijamin akan membuat pembelajaran daring menjadi pengalaman menarik untuk siswa, dan tentunya, semakin membuat siswa makin bersemangat dalam mengikuti pembelajaran Anda.

Ingin mengetahui lebih lanjut seperti apa virtual asisten untuk video pembelajaran interaktif ? Simak video berikut ini.

 

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Mengenal Istilah dan Tujuan Peta Hidup (Life Mapping)
gunakan media pembelajaran interaktif agar materi pembelajaran tersampaikan secara efektif

Media Pembelajaran

5 Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software

Admin Sekolah

Kunci Rahasia Membuat Website dari Nol? Simak Berikut Ini

Media Pembelajaran

Prinsip Penyusunan Silabus untuk Pembelajaran
gunakan media pembelajaran interaktif agar materi pembelajaran tersampaikan secara efektif

Media Pembelajaran

3 Media Pembelajaran Interaktif untuk Guru Zaman Now

Karya Inovatif

Puzzlemaker Cara Mudah Membuat Teka-teki Silang untuk Pembelajaran

Media Pembelajaran

Mengenal Jenis Media Pembelajaran

Media Pembelajaran

3 Aplikasi Menarik sebagai Media Pembelajaran Era Digital