Home / Admin Sekolah / Guru Honorer / Kenaikan Pangkat / Media Pembelajaran

Jumat, 26 Agustus 2022 - 16:19 WIB

Pakai Excel, Guru Lebih Mudah Kelola Administrasi

Administrasi Kelas tidak dapat terlepas dari segala bidang pekerjaan, begitu juga guru. Selain mengajar, guru perlu menuntaskan tugas administrasi dengan baik karena dapat mempengaruhi tujuan pembelajaran. Beberapa tugas administrasi yang biasa guru kerjakan antara lain:

  1. Absen Siswa
  2. Rekap Absen
  3. Nilai Tugas, Nilai Ulangan Harian, Nilai Raport
  4. Silabus
  5. Rencana Pembelajaran (RPP)
  6. Analisis Pencapaian Target Kurikulum dan Daya Serap 
  7. dll

administrasi perlu membenahi banyak data. Jika dahulu, guru masih mengurus tugas administrasi secara konvensional, kini guru sudah banyak beralih kepada aplikasi digital. Hal ini karena mengolah data menggunakan aplikasi digital lebih mudah dan efektif. Ada beberapa aplikasi yang guru pakai dalam mengelolah administrasi, salah satunya adalah aplikasi dari microsoft, yaitu microsoft excel. 

Mengelola Administrasi Kelas dengan Excel

Microsoft excel adalah aplikasi dengan format tabel yang memungkinkan pengguna untuk mengolah dan menghitung data yang bersifat numerik. Pengguna dapat memasukkan data pada lembar kerja microsoft yang tersusun dari kolom dan baris.

Microsoft excel sangat bermanfaat bagi pengelolaan administrasi, karena guru dapat mengolah data dengan leluasa, mulai dari mengurutkan, mengoperasikan, mengelompokkan dan masih banyak lagi. Selain itu, excel biasanya sudah terpasang otomatis di setiap pc, sehingga setiap guru dapat memakainya.

Baca juga:   3 Dokumen Administrasi Guru Era Kurikulum Merdeka yang Harus Dipahami

Fungsi Excel yang Perlu Guru Tahu

Excel memiliki banyak fungsi yang dapat diekspor. Berikut beberapa fungsi excel yang perlu guru ketahui:

1. Mengurutkan ranking

Sebagai guru, anda perlu mengurutkan ranking dari 50 saat pembagian rapot siswa, karena hal itu menjadi sebuah pertanyaan wajib bagi para orangtua murid. Tentu akan melelahkan apabila anda mengurutkannya secara manual. Apabila ada data yang terlewat, anda harus mengulangnya dari awal. Excel dapat membantu anda untuk mengurutkannya secara otomatis dengan menggunakan fitur sort dan filter. Anda dapat mengurutkan data anda sesuai kategori. Mulai dari pengurutan naik A-Z atau angka terkecil ke terbesar.

2. Merekap absen

Guru perlu merekap absen dari paa siswa sebagai bahan penilaian akhir. Merekap absen artinya anda harus mengelompokkan absensi tiap siswa menjadi hadir, izin, sakit dan alfa secara manual. Sudah terbayang akan membuang waktu apabila mengelompokkan satu satu. Namun, tak perlu khawatir, karena Anda dapat memanfaatkan rumus excel, yaitu countif. Countif sendiri adalah fungsi untuk menghitung jumlah sel dalam suatu yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh pengguna sebelumnya

Baca juga:   Web Pembelajaran : Cara Unik Untuk Mengajar

3. Membuat Tombol Navigasi

Bayangkan, minggu depan adalah tanggal terima rapot siswa. Guru perlu menghimpun nilai, misalkan ada 50 anak. Anda telah mengelompokkan nilai nilai siswa di excel, hanya saja, jumlah siswa terlalu banyak, sehingga membuat anda kesusahan dalam menemukan lembar tertentu (sheet). Anda berharap, andai ada tombol kemana saja yang dapat mengantarkan anda pada sheet (lembar) yang anda inginkan. Itu bukan sekedar harapan! anda dapat mewujudkannya menjadi nyata dengan tombol navigasi. Kerjanya seperti hyperlink yang biasa anda kenal di Microsoft power point. Untuk cara lebih lengkapnya, dapat anda dapatkan dengan cara mengikuti pelatihan dari e-guru.id dengan tema “Membuat Aplikasi Pengelolaan Administrasi Kelas” daftarkan diri anda sekarang di (link e guru id) sebelum kehabisan!

Microsoft excel sangat bermanfaat bagi pengelolaan administrasi kelas, karena guru dapat mengolah data dengan leluasa, mulai dari mengurutkan, mengoperasikan, mengelompokkan dan masih banyak lagi.

DAFTAR 

(syn/rtq)

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Manfaat Chatbot sebagai Media Pembelajaran, Inovasi Baru Dunia Pendidikan

Kenaikan Pangkat

Kiat Mengajar Guru Profesional, Efektif, dan Menyenangkan

Admin Sekolah

Mulai 1 Agustus 2022, Seluruh Guru dan Kepala Sekolah Wajib Memiliki Kartu Login Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar)

Kenaikan Pangkat

Personaliti Guru

Kenaikan Pangkat

Guru Bisa Jadi PNS Dalam PPG Prajabatan Model Baru Tahun 2022 ! Ini Penjelasannya

Kenaikan Pangkat

Tabel Angka Kredit Guru PNS dari Sub-Unsurnya
cara penilaian kurikulum merdeka

Guru Honorer

Ragam jenis karya buku dan angka kredit untuk kenaikan pangkat
ide ice breaking pramuka

Kenaikan Pangkat

Ice breaking solusi jenuh dalam belajar