Home / Admin Sekolah

Senin, 30 Mei 2022 - 02:18 WIB

9 Dokumen Administrasi Guru yang Wajib Dimiliki

Dokumen Administrasi Guru – Sebagai seorang guru, tentu anda memahami bahwa tugas anda tidaklah mudah. Selain mendidik generasi bangsa, anda pun perlu memastikan apakah peserta didik yang anda didik sudah berjalan di arah yang benar atau belum. Serta sudah memiliki karakter sesuai yang dicita-citakan bangsa atau belum. Semua ini tentu memerlukan proses yang panjang.

Selain itu, di sisi administrasi, anda juga perlu melengkapi beragam dokumen yang ada agar level profesionalisme anda meningkat.

Selain mendapatkan peningkatan profesionalisme, anda juga berkontribusi pada penerimaan predikat terbaik bila lembaga atau tempat satuan pendidikan anda bekerja mendapat penilaian yang baik.

Hanya saja, tidak semua guru memahami dokumen administrasi yang dibutuhkan. Malah banyak didapati fenomena guru yang saling menjiplak atau melakukan plagiasi terhadap dokumen administrasi lainnya. Padahal tingkat kebutuhan yang menjadi landasan pembuatan dokumen administrasi guru tentu saja tidak sama.

Jika dibiarkan, maka cara buruk tersebut akan selalu berjalan tanpa akhirnya para pendidik, khususnya pendidik, pemula tidak memahami sendiri dengan jelas terkait keberagaman pada dokumen administrasi guru.

Jika ditilik lebih lanjut, dokumen administrasi guru tentu berkaitan dengan proses dan pelaporan kegiatan khususnya dalam kelas maupun di lingkungan sekolah. Hal ini tidak berkaitan dengan daftar kehadiran peserta didik saja, melainkan juga meliputi bagaimana berlangsungnya kegiatan belajar mengajar.

Jika disederhanakan, dokumen administrasi guru merupakan satu set perangat kegiatan belajar peserta didik maupun tindakan yang perlu dilakukan dan disegerakan oleh guru sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan secara maksimal, efisien, dan efektif.

Pun dokumen administrasi tersebut akan digunakan sebagai bahan kelengkapan masing – masing guru pada saat terselenggarannya proses penilaian akreditasi sekolah muapun pengadaan supervisi yang diprogramkan oleh dinas pendidikan setempat.

Pada umumnya, dokumen tersebut terbagi menjadi 3 bagian. Adapun bagiannya meliputi dokumen administrasi diri (untuk guru sendiri), kemudian terdapat administrasi kelas (untuk lingkungan kelas) dan administrasi sekolah (difungsikan untuk sekolah).

Agar anda lebih mengenal ragam dan bentuk administrasi guru, berikut penjelasannya :

1.    Kalender Pendidikan

Dokumen pertama yakni kalender pendidikan. Kalender pendidikan alias kalender umum biasanya akan berisi segenap jadwal tahunan satuan pendidikan yang akan memuat segala informasi baik dari proses belajar – mengajar, tanggal penerimaan peserta didik maupun kelulusan.  Hanya saja, secara realita, tidak semua yang tertanggal dan dijadwalkan dalam kalender akademik dapat terwujud.

Baca juga:   Model Pembelajaran Problem Solving

Tentu saja hal tersebut membutuhkan kajian dan pematangan program. Namun kalender pendidikan tetap bisa dijadikan patokan khususnya mengenai jadwal masuk dan kepulangan peserta didik di setiap minggunya.

2.    Dokumen PROMES (Program Semester)

Kemudian dokumen selanjutnya yakni Program Semester atau Promes. Program Semster merupakan dokumen yang disusun oleh para guru mata pelajaran berdasar pada kebutuhan program pengajaran yang akan dicapai selama satu semester.

Pada periode semester tersebut, penting bagi guru untuk mempertimbangkan agar para peserta didik juga bisa meningkatkan kemampuan, pengetahuan maupun sikap dan keterampilan mereka sebagai satu kesatuan yang lengkap, utuh dan sempurna.

3.    Dokumen PROTA

Kemudian, dokumen selanjutnya yang perlu disusun yakni program tahunan alias prota. Hampir sama dengan promes, namun prota lebih cenderung seperti rencana guru pada saat penetapan alokasi waktu selama satu tahun ke depan. Tujuannya agar semua indikator kompetensi dasar yang tercantum di kurikulum dapat diraih sepenuhnya oleh para peserta didik.

4.    Dokumen Silabus

Setelah itu ada dokumen silabus. Silabus sendiri merupakan dokumen yang telah lama digunakan dalam administrasi pendidikan. Maknanya juga disebut secara resmi melalui Peraturan Pemerintah pada nomor 13 di tahun 2015.

Silabus merupakan suatu rencana pembelajaran di setiap mapel atau tema tertentu dan mencakup keseluruhan kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD), materi, kegiatan, proses penilaian beserta instrumen, pengalokasian waktu sekaligus sumber belajar yang ada.

Silabus ini sendiri merupakan upaya pada pembelajaran di setiap mapel tertentu dalam proses penerapan kurikulum.

Dokumen ini nantinya dapat dibuat oleh guru agar bisa mendapatkan gambaran kemudian menjelaskan poin dan garis besar pada proses pembelajaran yang menjadi konsentrasi satu semester ke depan.

5.    Dokumen Analisis SK dan KD

Kemudian dokumen lainnya yakni dokumen analisis SK dan KD di tiap jenjang. Hal ini penting mengingat seorang guru perlu mengembangkan sendiri silabus maupun RPP. Pengembangan keduanya membutuhkan bahan pengkajian dan analisis dari unsur SK dan KD di mana sudah terdapat pada lampiran Standar Isi (SI).

Dengan melakukan proses analisis tersebut, tentu guru akan lebih memahami mengenai tuntunan dari kurikulum. Pengkajian yang mendalam terkait hal ini, maka unsur – unsur lainnya juga akan mendapat kejelasan.

6.    Dokumen Asesmen

Selain penting untuk membuat dokumen semacam silabus, maka guru juga menyusun dan mengembangkan sebuah konsep yang menjadi dasar bagi diambilnya penilaian.

Baca juga:   Mengenal RPP Literasi dan Numerasi dan Cara Menyusunnya

Tentu saja bukan berasal dari rasa emosional semata namun dari keseluruhan proses yang akan dinilai secara langsung oleh lembaga akuntabel, sehingga segala justifikasi akan didasari beragam fakta bukan sekedar opini.

Idealnya, justifikasi tanpa adanya pembuktian maupun data yang valid akan menyebabkan adanya bias. Sehingga penting bahwa lahirnya proses penilaian bersumber pada keseluruhan sumber terpercaya.

7.    Dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Selanjutnya, dokumen lainnya yakni dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran alias RPP. Makna sederhana dari RPP yakni upaya perencanaan agar pembelajaran dapat terlaksana. Idealnya, RPP akan menggambar berbagai prosedur maupun bentuk pengorganisasian dalam pembelajaran guna mencapai keseluruhan kompetensi dasar yang sudah ditetapkan berdasar jenjang.

Pun juga disandarkan pada pernyataan yang ada dalam Standar Isi dan telah dijabarkan di silabus pendidikan.

Menurut Permendiknas di Nomor 41 pada tahun 2007, komponen RPP meliputi : Identitas mapel, SI (Standar Isi), Standar Kompetensi, aspek kompetensi dasar, indikator pada pencapaian kompetensi, tujuan dan materi ajar, pengalokasikan waitu, metode maupun kegiaan pembelajaran. Pun juga meliputi aspek penilaian pada hasil dan sumber belajar.

8. Dokumen KKM

Dokumen lainnya yakni dokumen Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di mana merupakan Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB) yang akan ditentukan oleh satuan pendidikan. Biasanya KKM setiap mata pelajaran akan berbeda – beda bergantung pada pemikiran pola generasi sekarang.

9.    Dokumen Jurnal Guru

Kemudian dokumen lainnya yang perlu dipersiapkan yakni jadwal guru mengajar termasuk mendeskripsikan terkait potensi anak – anak yang menyebabkan kekacauan di kelas. Selain itu, minta tolong teman – teman merekap para peserta yang hadir bersama anda.

Bila tidak, maka keberadaannya dibuat alfa saja. Kemudian jurnal agenda mengajar merupakan bagian integral dari kelengkapan perangkat pembelajaran yang disusun oleh para guru mata pelajaran.

Nah, demikian ulasan mengenai dokumen administrasi guru dan beragam contohnya bila ingin dipahami dan dikaji lebih lanjut.

Sebagai guru, baik pemula maupun senior sangat penting mengetahui ragam dan definisi administrasi pendidikan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(shd/shd)

Share :

Baca Juga

Admin Sekolah

Mengenal Manajemen Pendidikan untuk Wujudkan Pendidikan Cemerlang

Admin Sekolah

Mengenal Cara Menyusun Dokumen PROTA sebagai Kelengkapan Administrasi Pendidikan

Admin Sekolah

Mengenal LPMP (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan)

Admin Sekolah

Kriteria dan Aspek dalam Penilaian Akreditasi Perguruan Tinggi

Admin Sekolah

Administrasi Sekolah Semakin Mudah dengan Microsoft Excel

Admin Sekolah

Pendidikan Usia Dini dan Memahami Kebijakan BOP PAUD

Admin Sekolah

Mulai 1 Agustus 2022, Seluruh Guru dan Kepala Sekolah Wajib Memiliki Kartu Login Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar)

Admin Sekolah

Cara Penyusunan Kalender Pendidikan
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.