Home / Media Pembelajaran / Metode Pembelajaran

Minggu, 28 Agustus 2022 - 11:22 WIB

5 Rekomendasi aplikasi yang memudahkan belajar matematika

Belajar matematika – Bidang studi matematika adalah mata pelajaran yang sering menjadi momok bagi para siswa. Pasalnya banyak siswa yang merasakan kesulitan dalam memahami, mempelajari materi, bahkan harus menghafalkan rumus-rumus matematika yang begitu banyak. Tak heran kebanyakan siswa akhirnya membenci pelajaran matematika dan enggan untuk belajar. Entah siapa yang memberikan kesan bahwa belajar matematika itu membosankan dan sulit, sehingga hal ini melekan pada siswa bahkan menjadi pola pikir mereka. Sebenarnya matematika merupakan pelajaran yang akan terus berguna bagi kehidupan di masa depan.

Setelah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) meluncurkan kurikulum merdeka belajar yang menuntut guru untuk terus melakukan kreasi dan inovasi dalam setiap proses pembelajaran sehingga tujuan kurikulum dapat terlaksana dengan baik.

Seorang guru harus terampil dalam membangun suasana belajar yang asyik dan menyenangkan, salah satu nya memanfaatkan aplikasi belajar menghitung yang menyenangkan, diantaranya:

1. Qanda

Qanda merupakan sebuah platform matematika yang beroperasi secara global. Penggunanya dari berbagai murid sekolah di belahan dunia. Aplikasi ini memiliki sistem antarmuka agar memudahkan tentor menjelaskan kepada pengguna. Qanda mampu memberikan jawaban dari soal yang sukar.

Baca juga:   Puzzlemaker Cara Mudah Membuat Teka-teki Silang untuk Pembelajaran

2. Photomath

Banyak khalayak umum menganggap bahwa photomath adalah aplikasi terbaik untuk pembelajaran matematika. Aplikasi ini dapat memecahkan masalah matematika dengan tepat dalam satu tampilan layar saja.

Photomath mampu memecahkan masalah matematis dengan menggunakan fitur Augmented Realuty(AR). Dengan mengarahkan kamera kepada soal lalu akan muncul jawaban lengkap dengan langkah-langkah penyelesaiannya. Namun dalam proses pemindaian harus baik dan benar. Agar soal yang di ambil gambar terlihat dengan jelas.

Aplikasi ini mampu menyelesaikan permasalahan matematis seperti operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, akar dan bentuk pangkat, turunan, integral, limit, nilai mutlak, logaritma dan trigonometri.

3. Brainly

Brainly merupakan aplikasi jejaring sosial untuk peserta didik tingkat SD, SMP dan SMA. Aplikasi ini memiliki fungsi sebagai wadah pembelajaran secara daring dan sebagai forum komunikasi antar sesama pengguna dengan saling mengajukan tanya dan jawab. Ketika pengguna dapat menjawab dengan baik dan benar akan mendapatkan poin yang nantinya akan menjadi bahan pertimbangan jawaban-jawabannya berada di tampilan halaman utama.

Baca juga:   Dijamin Seru! Inilah Manfaat dan Contoh Game Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa

Setelah menulis pertanyaan maka akan muncul beberapa jawaban terkait. Beberapa masalah tingkat dasar pun dapat diselesaikan oleh pengguna lainnya yang memiliki kompetensi matematika lebih baik. Fitur jawaban memungkinkan untuk pengguna memberikan jawaban atas pertanyaan pengguna lain.

4. Cymath

Aplikasi ini memiliki keunggulan dapat menyelesaikan soal matematika dengan cepat. Pengguna hanya perlu mengetik soal pertanyaan atau mengambil foto soal pertanyaan tersebut, kemudian aplikasi akan secara otomatis memunculkan jawaban beserta langkah kerjanya.

5. Mathway

Platform Mathway layaknya seperti kalkulator dalam dunia nyata. Aplikasi ini dapat menyelesaikan perhitungan dasar hingga kalkulus yang rumit. Selain itu platform ini menyediakan tentor privat untuk memudahkan pengguna dalam memahami soal.

Ingin lebih tau tentang aplikasi dari ulasan diatas? Ikutilah pelatihan “Pemanfaatan Aplikasi sebagai Media Mengajar Matematika yang Kreatif, Asyik  & Menarik” dan dapatkan fasilitas berupa full support dari tim instruktur dan mendapatkan e-sertifikat 32 JP.

<<DAFTARKAN DIRI ANDA DISINI>>

(muf/muf)

 

 

Share :

Baca Juga

Metode Pembelajaran

Mengenal 5 Macam Model Belajar di Dunia Pendidikan
Pendidikan

Metode Pembelajaran

Macam-Macam Strategi Pembelajaran yang Harus Guru Ketahui

Media Pembelajaran

Strategi Pengembangan e-Learning untuk Wujudkan Digitalisasi Pendidikan

Guru Honorer

Ayo, Tingkatkan Kualitas Guru dengan KSE

Metode Pembelajaran

Cara Menerapkan Pembelajaran Kreatif di Kelas

Media Pembelajaran

Cara Membuat Akun Telegram di HP

Kesiswaan

Cara Menciptakan Motivasi Belajar Peserta Didik

Metode Pembelajaran

Cara Mengatur Tempat Duduk Siswa yang Baik di dalam Kelas