Home / Media Pembelajaran

Senin, 28 Februari 2022 - 22:20 WIB

Cara Mudah Membuat Video Pembelajaran Via HP

Membuat video pembelajaran ternyata bisa sangat mudah dengan menggunakan HP. Guru kini dapat dengan mudah membuat video pembelajarannya sendiri untuk dibagikan kepada siswa. Karena setelah kasus Covid-19 varian Omicron semakin merebak, sebagian sekolah tampaknya kembali melaksanakan pembelajaran secara daring.

Video pembelajaran merupakan media yang cukup efektif untuk membantu guru menyampaikan materi secara tidak langsung. Menggunakan media ini dalam pembelajaran akan bermanfaat dalam meningkatkan antusiasme siswa dalam belajar. Selain itu, siswa dapat lebih mudah mengaksesnya tanpa terkendala waktu dan tempat.

Untuk dapat membuat video pembelajaran ada beberapa tahapan sederhana yang perlu guru lakukan. Yaitu tahap perencanaan, penulisan naskah, perekaman video, dan editing video.  Berikut penjabaran lengkap mengenai cara mudah membuat video pembelajaran via HP.

Perencanaan

Tahap pertama adalah perencanaan. Pada tahap ini guru perlu untuk menentukan materi apa yang ingin dibahas dalam video. Setelah itu, guru perlu memilih konsep video seperti apa yang ingin digunakan. Apakah dengan konsep guru berbicara langsung di depan kamera atau menggunakan media seperti slide PPT, video dengan tulisan, dan lain sebagainya. Guru juga dapat menggabungkan dua atau lebih cara.

Pada tahap ini,penting bagi guru untuk memperhatikan konsep mana yang sekiranya efektif bagi murid – muridnya. Pastikan juga konsep yang diambil tidak monoton.

Baca juga:   Prinsip Penyusunan Silabus untuk Pembelajaran

Penulisan Naskah

Tahap kedua yaitu penulisan naskah. Agar guru dapat dengan lancar menyampaikan materi dalam video tanpa ada jeda, maka menulis naskah akan sangat membantu. Penulisan naskah tidak selalu harus mendetail semua ditulis. Namun guru juga dapat menulis hanya poin-poin yang ingin disampaikan.

Jika video dalam bentuk slide PPT, maka tulisan naskah bisa disalin atau dinarasikan dalam video. Susunan naskah berupa salam pembukaan video, isi materi, kesimpulan materi dan penutup video.

Perekaman Video

Ketika masuk proses rekaman, barang-barang yang perlu disiapkan diantaranya: HP, tripod jika guru melakukan rekaman sendiri, lampu penerangan. Jika tidak ada lampu penerangan, maka cukup cari ruangan yang tidak gelap.

Sesuaikan HP Anda dengan tepat pada objek yang akan direkam. Usahakan HP tidak goyang-goyang agar hasil video stabil. Lakukanlah rekaman di lingkungan yang tidak bising. Jika menginginkan hasil yang lebih maksimal, guru bisa juga menggunakan microfon jenis clip on atau lainnya. Guru juga bisa memaksimalkan fitur HP yang tersedia untuk menghasilkan rekaman video yang bagus.

Editing Video

Langkah terakhir adalah melakukan editing video. Guru dapat mengedit video di HP menggunakan aplikasi pengedit video. Aplikasi yang dapat digunakan dengan mudah diantaranya VN video editor, FilmoraGo, Kinemaster, Capcut, PowerDirector, VivaCut dan lain sebagainya. Guru dapat memilih sendiri aplikasi editing video yang kompatibel dengan HP masing-masing.

Baca juga:   Bikin Video Pembelajaran Ala Youtuber Dengan Aplikasi Edpuzzle

Guru dapat berkreasi sesuai kreativitas masing-masing. Video bisa ditambahkan dengan teks, gambar, atau video ilustrasi tambahan. Jika tidak ingin video terasa membosankan, guru juga dapat menambahkan musik latar untuk mendukung suasana. Banyak fitur efek yang biasanya tersedia di aplikasi editor video, jadi guru dapat memanfaatkan setiap fitur yang disediakan.

Selain editor video diatas, guru juga dapat menggunakan aplikasi khusus pembuat video pembelajaran seperti edu video maker, explain everything, dan clapp.

Cara membuat video dengan edu video maker yaitu:

  1. Buka aplikasi.
  2. Klik buat video baru. Saat video terbuka, maka aplikasi otomatis akan merekam audio serta video. Jadi guru hanya perlu berbicara sambil mengoperasikan layar untuk menjelaskan.
  3. Setelah selesai, guru tinggal menyimpan video tersebut.

Demikian penjabaran lengkap mengenai cara mudah membuat video pembelajaran via HP.

Apakah Anda ingin meningkatkan kompetensi mengajar dan juga ingin naik pangkat? Mari ikuti berbagai pelatihan guru bersama e-guru.id. Daftar menjadi member dan akses pelatihan secara GRATIS. KliK LINK INI untuk mendaftar.

Penulis : Agriantika Fallent

Share :

Baca Juga

Media Pembelajaran

Aplikasi Pengolah Nilai untuk MI dan MTS

Media Pembelajaran

Rekomendasi Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Android Terbaik
cara membuat laporan best practice guru

Media Pembelajaran

Aplikasi Zipgrade: Cara Otomatis Mengetahui Hasil Pencapaian Peserta Didik

Media Pembelajaran

Cara Mudah Membuat Media Pembelajaran dengan Classpoint

Kesiswaan

Belajar Sambil Bermain Menggunakan Puzzlemaker

Kesiswaan

Manfaat Chatbot sebagai Media Pembelajaran, Inovasi Baru Dunia Pendidikan
contoh deskripsi pengalaman kerja pppk guru

Admin Sekolah

Google Workspace Penakluk Online Learning

Media Pembelajaran

Pentingnya Pembelajaran Interaktif dengan Visualisasi yang Menarik