Home / Media Pembelajaran

Jumat, 11 November 2022 - 03:56 WIB

Fungsi dan Tips Membuat Media Pembelajaran

Dunia pendidikan merupakan wadah untuk meningkatkan aspek IQ sekaligus pembentukan EQ seseorang.  Oleh sebab itu, ketika guru membuat media pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran tersebut, harus diperhatikan dengan seksama.

Banyak sebagian orang tua menganggap bahwa dunia pendidikan hanya sebatas lembaga untuk peningkatan sisi akademis saja. Padahal, karakter juga menjadi salah satu output dari eksistensi lembaga pendidikan.

Di sisi intelektualnya, pendidik tentu tak hanya seorang diri dalam mengajarkan konten materi. Tentu ada tim, bantuan seperti buku teks agar peserta didik dapat lebih memahami dan menerapkan pembelajarannya dalam kehidupan.

Selain itu, tambahan sarana yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik yakni kehadiran media pembelajaran. Hadirnya media pembelajaran tentu akan menjadi sarana yang menarik agar konten bisa terserap dan masuk dalam memori jangka panjang.

Adapun fungsi dari membuat media pembelajaran sendiri yakni sebagai berikut :

Pertama, di lingkungan satuan pendidikan, khususnya para pendidik, media pembelajaran difungsikan dan berperan sebagai penjelas dari konten materi yang disampaikan oleh pendidik.

Baca juga:   Perangkat Pembelajaran Daring untuk Solusi Belajar di Masa Pandemi Covid-19

Pernahkah kalian merasa bahwa penggunaan bahasa maupun cara penyampaian materi pendidik kalian kurang bisa teresap dengan baik? Biasanya pendidik akan mensiasati hal tersebut dengan penyediaan media pembelajaran.

Kedua, media pembelajaran dapat berfungsi sebagai solusi untuk bisa mengatasi keterbatasan waktu, daya indra dan ruang dalam pembelajaran.

Ketiga, media pembelajaran berfungsi untuk bisa senantiasa memunculkan adanya dorongan agar peserta didik dapat termotivasi untuk belajar lebih giat lagi. Memang dorongan tersebut tak berupa fisik saja, namun berupa dorongan mental sehingga menjadikan peserta didik untuk siap menerima konten pembelajaran yang telah dibahas oleh pendidik dalam kelas.

Tips Membuat Media Pembelajaran

Walaupun media pembelajaran hanyalah sebagai pelengkap, namun kehadirannya akan gagal bila media tersebut malah tak dapat memenuhi beberapa kriteria :

Pertama, sebuah media pembelajaran harus sesuai dengan objek yang ideal serta proporsional. Bila objek yang digunakan malah terlalu besar, maka hanya menjadikan media kurang bisa digunakan pada semua wilayah maupun kelas tempat belajar.

Baca juga:   Kurikulum Merdeka Belajar dan Keunggulannya dalam Media Pembelajaran

Bisa juga objek media pembelajaran berupa karya 3 dimensi yang terlalu besar malah merepotkan sehingga penggunaannya tidak membuat waktu lebih efektif dan efisien.

Namun bila medianya terlalu kecil, maka hanya menyebabkan kegiatan belajar menjadi terganggu sebab para peserta didik tak dapat memahami dengan mudah.

Kedua, selain media pembelajaran berupa slide yang bisa anda buat pada Powerpoint, anda bisa juga membuat media pembelajaran yang berbentuk seperti animasi ataupun berupa video.

Jika anda seorang pendidik yang mengampu mapel Bahasa, maka hal tersebut akan lebih baik bila didukung dengan penggunaan media pembelajaran dalam bentuk flashcards untuk membantu peserta didik mengingat beragam kata – kata dalam bahasa asing.

Nah demikian ulasan mengenai fungsi dan sedikit tips dalam membuat media pembelajaran di dunia pendidikan. Semoga bermanfaat.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

Share :

Baca Juga

Media Pembelajaran

Cara Membuat Presentasi di Canva, Guru Wajib Tau!

Karya Inovatif

Pentingnya Bahan Ajar Bagi Kesuksesan Pembelajaran

Media Pembelajaran

Media Pembelajaran dan Fungsinya dalam Proses Belajar

Media Pembelajaran

Web Pembelajaran : Cara Unik Untuk Mengajar

Media Pembelajaran

Presentasi Interaktif dan Lebih Menarik dengan Canva for Education

Karya Inovatif

Era yang Maju Tapi Metode Belajar Masih Konvensional? Simak Metode Belajar Asyik Berikut Ini
video pembelajaran

Media Pembelajaran

Mendesain Slide Presentasi yang Baik dan Menarik

Media Pembelajaran

Mengenal Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.