Home / Media Pembelajaran

Rabu, 10 Januari 2024 - 10:45 WIB

Cara Membuat Soal Online dengan iSpring Quiz Maker

Untuk saat ini, ada banyak sekali aktivitas guru yang sudah dibantu oleh aplikasi yang ada internet maupun di ponsel atau komputer. Salah satunya adalah ketika membuat soal online untuk ujian atau sejenisnya.

Kini telah hadir beberapa aplikasi yang memudahkan para guru dalam membuat soal online. Salah satunya adalah aplikasi iSpring Quiz Maker.

Aplikasi satu ini sudah tergolong populer di kalangan guru. Meskipun demikian, tentu masih ada juga beberapa di antara guru yang belum tahu aplikasi ini. Oleh karena itu, simak penjelasannya berikut untuk cara membuat soal online menggunakan aplikasi tersebut.

Tentang Aplikasi iSpring Quiz Maker

Aplikasi iSpring Quiz Maker merupakan aplikasi yang memiliki fungsi untuk membantu guru dalam membuat kuis latihan atau soal untuk para siswa, atau yang lainnya.

Menariknya, aplikasi ini menawarkan penggunaan yang sangat mudah. Sehingga, memungkinkan para guru yang masih ‘Gaptek’ sekalipun untuk membuat soal online dengan cepat dan praktis.

Aplikasi iSpring menawarkan dua jenis penggunaan: versi gratis dan versi premium. Tentu, ada perbedaan ketika Anda menggunakan yang versi gratis dengan yang premium.

Sebagai pemula, yang baru saja menggunakan aplikasi ini, mungkin Anda bisa menggunakan yang versi gratisnya saja dulu untuk percobaan. Jika memang betul bermanfaat dan benar-benar dibutuhkan untuk berkelanjutan, bisa mencoba yang premium atau berbayar.

Baca juga:   PPG Prajabatan Model Baru dan Tata Cara Pendaftarannya

Berikut ini adalah cara membuat soal online dengan iSpring Quiz Maker berikut:

  1. Download aplikasi. Sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya, pastikan bahwa Anda sudah mendownload aplikasinya terlebih dahulu ke perangkat komputer atau laptop Anda. Meskipun dapat dilakukan melalui browser ponsel, namun Anda disarankan untuk menggunakan komputer agar lebih leluasa dan mudah dalam mengoperasikannya.
  2. Buka aplikasi. Jika sudah terdownload dan sudah diinstall, maka buka aplikasinya.
  3. Pada halaman utamanya, klik ataupun pilih menu “Graded Quiz”. Dengan demikian, maka akan terlihat tampilan utamanya. Anda dapat mengganti kalimat “Welcome to the untitled quiz” dengan judul yang Anda inginkan. Termasuk ketika ingin menggantinya dengan kalimat yang masih berhubungan dengan tema pembelajaran Anda.
  1. Tambahkan gambar dengan mengklik ikon “Insert image” yang terletak di bagian atas sebelah kanan.
  2. Kemudian klik properties. Di tab main, Anda dapat mengatur “Passing score”, ataupun bisa dengan memilih nilai KKM dengan durasi waktu latihan di bagian “Time limit”.
  3. Sementara di bagian tab navigation, Anda bisa mengatur “Submit one question at a time” untuk konfirmasi hasil jawaban pada setiap soalnya. Atau, bisa juga dengan mengklik “Submit all at once” untuk konfirmasi hasil jawaban jika seluruh soalnya sudah dikerjakan. Dan berikutnya tinggal klik “Oke”.
  4. Selanjutnya, Anda bisa mulai membuat kuis atau soal. Caranya, klik “Graded question” di bagian kiri-atas. Pilih model ataupun tipe soal yang akan Anda buat; Apakah Anda akan membuat soal dalam bentuk pilihan ganda atau jenis lainnya. Anda dapat mengklik soalnya di bagian kolom yang disediakan, lengkap dengan jawaban yang benar dengan mengklik kolom “Correct”.
  5. Enter agar bisa menambahkan pilihan jawaban jika memang diperlukan.
  6. Anda dapat mengulangi cara tersebut sampai soalnya selesai.
  7. Terakhir, tinggal terbitkan saja quiznya. Dengan, klik “Publish”.
Baca juga:   Program Guru Penggerak Angkatan 7: Tujuan dan Mekanisme Pendaftarannya

Nah, demikian tadi adalah cara membuat soal online menggunakan bantuan aplikasi yang dapat diakses secara online juga. Mudah, kan?

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(shd/shd)

Share :

Baca Juga

Karya Inovatif

Pentingnya Bahan Ajar Bagi Kesuksesan Pembelajaran
tips membuat best practice

Media Pembelajaran

Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Mengisi Kolom “Upaya Mempelajari Fokus Perilaku Observasi” di PMM

Media Pembelajaran

Mengenal Media Interaktif dalam Proses Pembelajaran
video pembelajaran

Media Pembelajaran

Mendesain Slide Presentasi yang Baik dan Menarik
Orang Tua

Media Pembelajaran

Manfaat Blog dan Cara Menerapkan Pada Pembelajaran Tambahan
cara membuat laporan best practice guru

Media Pembelajaran

Aplikasi Zipgrade: Cara Otomatis Mengetahui Hasil Pencapaian Peserta Didik

Media Pembelajaran

3 Rekomendasi Aplikasi Membuat Teka-Teki Silang (TTS) Online Terbaik Untuk Media Pembelajaran

Media Pembelajaran

Cara Mudah Membuat Video Pembelajaran Via HP