Home / Media Pembelajaran

Kamis, 4 Agustus 2022 - 09:45 WIB

Cara Membuat Presentasi di Canva, Guru Wajib Tau!

Cara membuat presentasi di Canva – Presentasi adalah hal yang paling penting dilakukan oleh guru dalam pembelajaran. Presentasi tidak lagi hanya dengan berbicara dan berpaku pada buku saja, namun guru dapat menambahkan gambar dan video dalam menyampaikan materi pelajaran, yakni menggunakan aplikasi Canva.

Canva ialah platform berbentuk aplikasi dan web untuk membuat desain. Menggunakan aplikasi Canva, guru dapat membuat presentasi lebih menarik dan interaktif, sehingga siswa akan lebih semangat dalam belajar. Canva sangat mudah digunakan oleh siapapun tanpa perlu tingkat kemahiran tertentu. Canva menyediakan berbagai macam elemen desain dan template presentasi yang menarik. Tidak perlu khawatir, banyak desain yang ditawarkan secara gratis oleh Canva yang bisa dimanfaatkan oleh guru.

Adapula versi premium dari aplikasi Canva, yang tentu saja desainnya lebih menarik, baik itu template, elemen desain, maupun yang lainnya. Jadi, bagaimana membuat presentasi di aplikasi Canva? Yuk, simak caranya sebagai berikut:

Cara Membuat Presentasi  di Canva yang Menarik

Membuat desain dapat melalui smartphone ataupun laptop. Berikut panduan lengkapnya.

#1. Unduh atau Kunjungi Situs Canva

Pertama, unduh aplikasi atau mengunjungi situs Canva. Bagi pengguna android bisa mengunduhnya melalui aplikasi Playstore. Apabila ingin menyingkat waktu guru bisa membuka situsnya melalui browser yang ada pada hp ataupun laptop.

Baca juga:   Sangat Mudah! Berikut Cara Membuat Poster Pendidikan yang Menarik

#2. Mendaftar Akun

Sukses mengunduh atau mengunjungi aplikasi, selanjutnya guru terlebih dahulu membuat akun agar bisa mengaskes Canva dengan maksimal. Guru hanya perlu menyiapkan email dan password, lalu mengisi data-data yang pada platform. Ikuti saja rangkaian prosesnya sampai akhir.

#3. Buka Halaman Dashboard

Jika berhasil membuat akun, tampilan dashboard akan muncul. Dashboard merupakan tampilan awal yang berisi menu-menu Canva. Kemudia guru bisa memanfaatkan menu-menu tersebut sesuai kebutuhan. Untuk kali ini yaitu pembuatan Powerpoint.

#4. Memilih Template

1. Pada bagian dashboard klik menu +, kemudian pilih presentation.

2. Setelah itu, akan muncul beberapa template. Guru bisa memilih template gratis yang tersedia, tandanya yaitu tidak ada lambang mahkota di bagian bawah.

3. Selanjutnya jika sudah menemukan tema sesuai keinginan, klik template tersebut kemudian pilih “terapkan semua halaman”. Maka akan muncul semua template yang akan digunakan.

#5. Mengedit Template

Setelah berhasil menerapkan tema, maka saatnya untuk mengedit isi dari template tersebut. Guru bisa menyesuaiakan isi template dengan materi pembelajaran. Guru dapat mengubah huruf, ukuran, jenis, bahkan bentuk dari desain template tersebut.

#6. Menyimpan Hasil PPT

Jangan sampai salah menyimpan hasil PPT dengan format PNG/PDF atau yang lainnya. Pastikan menyimpan desain dengan format pptx atau Microsoft PowerPoint.

Baca juga:   Sangat Mudah! Berikut Media Belajar Interaktif untuk Menarik Minat Belajar Siswa

1. Klik menu “bagikan”, lalu pilih sub menu “lainnya”

2. Selanjutnya, scroll sampai menemukan ikon PowerPoint. Jangan sampai salah menyimpan format dalam bentuk JPG/PNG/PDF atau yang lainnya.

3. Terakhir, klik “unduh” pada layar. Selesai.

Nah, itu dia cara membuat presentasi melalui  Canva. Fitur-fitur yang ada pada Canva sangat banyak dan menarik, sehingga guru dapat dengan leluasa memilih desain dan template presentasi. Selain itu, guru juga dapat mengaskes Canva secara gratis menggunakan android ataupun laptop. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak mencobanya, dan memberikan pembelajaran yang bervariasi kepada siswa.

Namun, apakah Anda masih kebingungan mengenai pembuatan presentasi di Canva? Dan ingin membuat presentasi yang lebih menarik dan interaktif?

e-Guru.id menyelanggarakan Pelatihan Bersertifikat 32 JP Mengembangkan Dimensi Kreatif dan Gotong Royong Pada Peserta Didik Melalui Presentasi Interaktif dengan Canva

Segera datarkan diri Anda untuk mempelajari selengkapnya tentang pembuatan presentasi interaktif dengan Canva!

 

Silahkan mendaftar pada link beriktu ini :DAFTAR PELATIHAN PEMBUATAN PRESENTASI INTERAKTIF DENGAN CANVA

Anda berkat mendapatkan Fasiliats dan Bonus latihan secara lengkap!

 

(nna/rtq)

Share :

Baca Juga

Kenaikan Pangkat

Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Anak TK
kelebihan dan kekurangan quizizz

Karya Inovatif

Memanfaatkan Google Workspace for Education dalam Pembelajaran kekinian
gunakan media pembelajaran interaktif agar materi pembelajaran tersampaikan secara efektif

Media Pembelajaran

3 Media Pembelajaran Interaktif untuk Guru Zaman Now

Media Pembelajaran

Lebih Praktis! Berikut 5 Kelebihan CBT Menggunakan Platform Moodle

Kesiswaan

4 Aplikasi Bacaan di Android untuk Meningkatkan Literasi pada Anak

Media Pembelajaran

Aplikasi Pengolah Nilai untuk MI dan MTS
Ilustrasi model pembelajaran inovatif

Media Pembelajaran

Presentasi Interaktif dan Lebih Menarik dengan Canva for Education

Media Pembelajaran

Sangat Mudah! Berikut Media Belajar Interaktif untuk Menarik Minat Belajar Siswa