Home / Media Pembelajaran

Rabu, 23 Maret 2022 - 16:43 WIB

Cara Mudah Membuat Teka Teki Silang Untuk Pembelajaran dengan EclipseCrossword

TTS Pembelajaran dengan EclipseCrossword–  Teka teki silang merupakan salah satu media pembelajaran yang menyenangkan karena menguji logika serta pengetahuan peserta didik. Simak panduan lengkap cara membuat TTS pembelajaran menggunakan EclipseCrossword yang bisa digunakan oleh guru dengan mudah.

Apa Itu Eclipse Crossword

Sebelum memulai membuat teka teki silang, Anda harus mengetahui apa itu Eclipse Crossword serta cara untuk mendapatkannya. Eclipsecrossword merupakan software khusus yang diciptakan untuk membuat teka teki silang agar semakin mudah dan cepat.

Software ini bisa digunakan untuk membuat media pembelajaran berupa teka teki silang dengan materi sesuai tingkatan kelas. Nantinya teka teki silang yang dibuat melalui Eclipse Crossword bisa dicetak dalam bentuk kertas maupun disimpan saja.

Selain itu, Anda juga bisa mengunggah teka teki silang yang dibuat dari software ini ke blog atau website pribadi. Hal ini sangat menyenangkan karena nantinya pengunjung website bisa saling mencoba untuk mengerjakan teka teki silang tersebut.

Menggunakan Eclipse Crossword sebagai media pembelajaran merupakan salah satu cara unik yang bisa digunakan untuk menghilangkan rasa bosan siswa. Pertanyaan yang diberikan bisa juga digunakan untuk menguji pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.

Fitur Eclipse Crossword 

Software untuk membuat teka teki silang ini dibekali dengan beberapa fitur unik yang membantu menunjang penggunanya agar lebih mudah lagi dalam mengoperasikan. Fitur pertama yang ditemukan dalam aplikasi ini adalah menyimpan dan membuka kembali project.

Jadi, aplikasi Eclipsecrossword ini menyediakan tempat penyimpanan khusus di dalamnya guna mengamankan project yang belum selesai. Setelah itu, Anda bisa membuka kembali project yang disimpan jika ingin meneruskan mengerjakannya lagi.

Selanjutnya, aplikasi ini juga didukung dengan fitur print untuk mencetak teka teki silang yang sudah selesai dibuat. Pilihan hasil print yang disediakan aplikasi ini juga beragam dimana pengguna bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan di kelas.

Kemudian, apabila Anda memiliki website bisa langsung menyimpannya di halaman web dengan mode interaktif. Kehadiran teka teki silang di web tersebut merupakan daya tarik tersendiri bagi pengunjung karena bisa langsung mencoba mengatasinya.

Satu lagi fitur unggulan di aplikasi ini, yaitu project yang sudah selesai bisa disimpan dalam berbagai format. Anda bisa menyimpannya dalam format WMF, RTF, dan EPS yang bisa diimport ke software lainnya.

Cara Membuat TTS Pembelajaran Menggunakan Eclipse Crossword

Panduan lengkap cara membuat TTS Pembelajaran Menggunakan EclipseCrossword sebenarnya cukup sederhana. Bagi orang yang paham mengenai cara mengoperasikan komputer pasti memahami cara mengoperasikannya. Berikut panduan membuat TTS di Eclipsecrossword.

Baca juga:   Kurikulum Merdeka dan Model Pembelajaran yang Tepat!

1. Menyiapkan Daftar Pertanyaan

Langkah pertama, siapkan susunan daftar pertanyaan dan jawaban terlebih dahulu agar nantinya hanya perlu memasukkannya ke aplikasi. Buatlah pertanyaan dengan tingkat kesulitan sesuai dengan kemampuan siswa di kelas sasaran.

Pertanyaan ini terdiri dari dua, yaitu untuk tipe vertikal dan horizontal agar nantinya teka teki silang terlihat semakin rumit. Anda juga sekaligus bisa memikirkan apakah teka teki silang ini nantinya dikerjakan siswa secara individu atau berkelompok.

2. Mengunduh dan Menginstal Aplikasi

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu secara gratis. Aplikasi ini memiliki ukuran yang cukup kecil, sehingga Anda bisa mengunduhnya secara cepat. Cari file aplikasi Eclipsecrossword ini melalui web browser.

Aplikasi ini bisa diakses melalui perangkat berbasis komputer atau laptop dengan tampilan leluasa. Setelah mengunduh ekstensi file, maka langsung saja instal aplikasi tersebut di perangkat dengan cara klik dua kali.

Selanjutnya, akan muncul security warning berisi beberapa pilihan, lalu klik run aplikasi. Tunggu hingga beberapa detik sampai aplikasi Eclipsecrossword ini terinstal dengan sempurna dan siap digunakan. setelah itu, langsung saja coba untuk menjalankan aplikasi ini.

3. Membuat TTS Baru

Langkah berikutnya panduan lengkap cara membuat TTS pembelajaran menggunakan EclipseCrossword adalah klik menu start pada windows dan pilih new program. Lalu, cari ikon aplikasi Eclipsecrossword dan klik untuk membukanya.

Lalu, pilih i would like to start a new crossword dan ketuk tombol next yang ada di bagian kanan tampilan aplikasi. Lalu, pengguna akan diarahkan ke halaman baru dan diminta untuk memberikan tanda pada pilihan let me create a word list from scratch now.

Kemudian, klik next lagi untuk memunculkan halaman baru yang siap Anda gunakan untuk membuat teka teki silang. Pastikan Anda memulai setiap tahapan untuk membuka teka teki silang tersebut dengan teliti agar tidak gagal dalam memuat aplikasi.

4. Memasukkan Soal dan Jawaban

Berikutnya, mulai memasukkan soal yang diinginkan dan tekan pilihan add word to list. Ulangi proses ini satu per satu hingga semua clue, pertanyaan, dan alternatif jawaban sudah diinput sepenuhnya ke dalam aplikasi tersebut.

Baca juga:   Simak Berbagai Manfaat Fitur Google Workspace For Education dalam Mewujudkan Merdeka Belajar

Saat menginput soal teka teki silang disarankan untuk memasukkan cue dan jawaban dengan jumlah huruf yang bervariasi. Aplikasi ini tidak memiliki batasan jumlah kata, tetapi disarankan untuk membuatnya sendiri agar teka teki silang semakin menarik untuk dikerjakan oleh siswa.

5. Menyimpan Soal dan Jawaban

Setelah berhasil memasukkan seluruh clue ke aplikasi, langsung saja klik tombol next untuk membuka jendela pop up baru. Kemudian, berikan nama pada file dengan ekstensi.eml di belakangnya dan klik save untuk menyimpan project.

Lalu, akan muncul halaman baru lagi yang meminta Anda untuk memberi judul pada teka teki silang tersebut. Terakhir, klik next lagi untuk membuat project teka teki silang tersebut benar-benar tersimpan pada aplikasi.

6. Mengatur Ukuran TTS

Setelah itu, guru akan menemukan halaman yang digunakan untuk menentukan ukuran teka teki silang. Default aplikasi menentukan ukuran teka teki silang dengan tinggi dan lebar masing-masing 25 huruf.

Akan tetapi, Anda bisa menyelesaikannya berdasarkan selera atau jumlah soal yang ingin diberikan pada teka teki silang ini. misalnya, Anda bisa mengubah ukurannya menjadi 20×20 agar terlihat lebih kecil. Lalu, akan muncul gambar yang menunjukkan preview tampilan teka teki silang ANda

7. Menyimpan TTS di MyDocument

Langkah terakhir, Anda bisa langsung menyimpan teka teki silang tersebut ke My Document agar bisa diprint dan dibagikan kepada siswa. Klik menu save as a web page dan ketuk pada pilihan empty grid and rules agar file bisa otomatis disimpan.

8. Catatan Tambahan Ketika Membuat TTS di Eclipse Crossword

Ada beberapa hal tambahan mengenai panduan lengkap cara membuat TTS pembelajaran menggunakan Eclipsecrossword yang harus diperhatikan. Pertaman, file TTS interaktif bisa dibuat melalui komputer menggunakan bantuan In Focus.

Fungsi dari In Focus tersebut adalah untuk menampilkan TTS di layar ketika mengajar, sehingga bisa lebih interaktif. Berikutnya, guru minimal harus mengetahui mengenai html dasar apabila ingin mengunggah Teka teki silang ke blog pribadi.

Eclipsecrossword memiliki kelebihan, salah satunya bisa diakses secara gratis tanpa adanya fitur premium. Selanjutnya, panduan lengkap cara membuat TTS pembelajaran menggunakan Eclipsecrossword mudah untuk diikuti.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Share :

Baca Juga

Media Pembelajaran

Ragam Aplikasi Game Based Learning Supaya Pelajar Tak MembosanLagi

Media Pembelajaran

Sangat Mudah! Berikut Media Belajar Interaktif untuk Menarik Minat Belajar Siswa

Media Pembelajaran

Fitur-Fitur Menarik dari Virtual Asisten untuk Video Pembelajaran Interaktif
gunakan media pembelajaran interaktif agar materi pembelajaran tersampaikan secara efektif

Media Pembelajaran

5 Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software

Media Pembelajaran

Definisi, Prinsip, Fungsi dan Cara Memilih Bahan Ajar

Media Pembelajaran

Sangat Mudah! Berikut Rekomendasi Media Pembelajaran Matematika

Karya Inovatif

Pentingnya Bahan Ajar Bagi Kesuksesan Pembelajaran

Media Pembelajaran

Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.