Home / Media Pembelajaran

Jumat, 18 Maret 2022 - 17:34 WIB

Canva, Aplikasi untuk Anda yang Ingin Berpikir Kreatif

Canva, Aplikasi untuk Anda yang Ingin Berpikir Kreatif Apakah Anda sering melihat requirements pada lowongan-lowongan pekerjaan saat ini?. Salah satu yang paling sering muncul dan familiar adalah ‘mahir menggunakan canva’. Apakah canva ini? mengapa sekarang banyak dibutuhkan dalam dunia kerja?.

Apa itu Aplikasi Canva?

Canva adalah sebuah platform desain yang banyak digunakan untuk membuat desain presentasi, dokumen, hingga ke media grafis. Canva juga dapat digunakan untuk mengedit foto, menambahkan filter sampai membuat foto sebesar poster tanpa khawatir akan pecah pixel.

Canva sendiri dirilis pada tahun 2013. Canva mempunyai tujuan agar semua orang bisa membuat karya seninya sendiri atau setidaknya dapat membuat desain simple untuk tujuan personal. Pengaplikasian canva untuk tujuan personal sendiri banyak macamnya, contohnya untuk membuat curriculum vitae Anda menjadi lebih menarik atau sekedar membuat flyer untuk usaha kecil Anda.

Untuk tujuan professional, canva sendiri adalah aplikasi desain yang mempunyai tujuan mempermudah pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan dunia desain. Canva sendiri dapat digunakan dari pemula hingga professional. Dengan template yang user friendly, canva pasti akan mudah digunakan dalam segala pekerjaan yang membutuhkan sentuhan seni atau desain.

Canva sendiri menyatakan bahwa telah digunakan oleh sebanyak 60 juta pengguna yang mampu melahirkan lebih dari 7 milyar karya-karya desain. Pada pengembangannya canva telah mampu menjadi aplikasi yang dapat digunakan hampir di seluruh dunia dengan pengaplikasian 100 bahasa lebih. Selain itu di head quarters Canva sendiri telah mempekerjakan lebih dari 2000 karyawan. Angka yang fantastis untuk sebuah developer aplikasi.

Value dari Canva

Canva yang sudah banyak diinstal dan digunakan oleh desainer-desainer handal maupun pemula, mempunyai value-value yang menarik untuk diketahui. Value-value yang ada pada canva adalah sebagai berikut:

  • Menyederhanakan hal-hal yang bersifat kompleks dan rumit

Canva berusaha hadir sebagai solusi untuk hal-hal yang bersifat rumit dan kompleks. Dengan selalu mengutamakan pengguna, Canva berharap akan selalu memberikan solusi bagi pengunanya.

  • Membantu mewujudkan visi yang luar biasa untuk penggunanya

Canva selalu ingin memberikan kemudahan bagi penggunanya. Dengan menggunakan platform desain ini, Canva berharap akan mampu mewujudkan visi-visi dengan visual dari penggunanya.

  • Mengutamakan kekuatan dan kebaikan

Canva berharap dapat menjadikan dunia menjadi lebih baik berwarna, penuh dengan positivism dan menambah kaya keragaman yang ada saat ini

  • Memberdayakan semua orang
Baca juga:   3 Hal Penting Dalam Membuat Power Point Kreatif Untuk Media Pembelajaran Interaktif

Canva sendiri mempunyai tujuan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas lagi atau membantu pengguna-penggunanya untuk mampu mengoptimalkan kemampuannya demi meraih tujuan baik secara global maupun di dalam internal Canva sendiri.

  • Mengejar keunggulan

Canva selalu siap berbenah diri agar bisa meraih tujuan dan terus unggul dalam segala bidang.

  • Be a Good Human

Value yang sangat penting di dalam canva adalah menghargai individu lain, menjaga komunikasi dengan baik dan tidak pernah merendahkan seseorang baik secara individu, di dalam tim, maupun secara keseluruhan.

Dengan value-value yang dimiliki, tidak heran jika Canva masih dapat terus berkembang dan menjadi platform desain digital terbesar saat ini.

Cara Menggunakan Canva

Canva adalah aplikasi yang dapat Anda instal di berbagai perangkat Anda. dengan kemudahan ini pantas saja Canva digemari oleh banyak penggunanya di seluruh dunia. Canva sendiri tergolong aplikasi yang easy to use, artinya fitur-fitur desain yang ada di canva sangat mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun.

Canva juga menyediakan ribuan template gratis yang bisa Anda gunakan untuk mendesain sesuatu. Lalu bagaimanakah cara mulai menggunakan Canva?. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi ini dari Play Store atau App Store. Setelah terinstall dalam perangkat Anda. Anda registrasikan akun Anda.

Setelah Anda mempunyai akun pada aplikasi Canva ini saatnya Anda memulai mendesain. Cara mendesain di Canva dengan template yang sudah ada, yaitu:

  1. Pilih “Create a Design”
  2. Lalu pilih jenis konten yang akan Anda buat
  3. Jika Anda pemula, Anda tidak perlu bingung bagaimana membuat desain yang bagus, dengan menggunakan desain template yang sudah ada, akan memudahkan Anda dalam banyak hal. Karena secara default template-template ini akan berhubungan dengan konten yang akan Anda buat.

Banyak sekali orang yang memanfaatkan penggunaan Canva dalam aktivitas sehari-hari. Contohnya untuk membuat curriculum vitae agar tampak menarik dan beda dari yang lain. Tentu saja jika resume Anda menarik, peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan akan lebih besar.

Canva tidak hanya bisa diaplikasikan dengan tujuan pekerjaan, bahkan di dalam aplikasi canva Anda dapat menemukan template twibbon yang banyak digunakan di twitter, untuk mendesain konten pada laman Instagram Anda, hingga poster-poster besar yang memiliki desain yang rumit.

Baca juga:   Instrumen HOTS untuk Guru Berkualitas

Canva Berbayar atau Tidak?

Aplikasi Canva sendiri bisa Anda unduh tanpa mengeluarkan biaya apa pun. Untuk seorang desainer pemula, layanan standard dengan template yang ada seperti sudah lebih dari cukup. sedangkan untuk Anda desainer professional yang membutuhkan desain grafis yang lebih rumit, pasti Anda membutuhkan desain-desain yang benar-benar bisa mempresentasikan ide Anda. Untuk inilah, Anda harus mencoba layanan premium dari Canva.

Canva dengan layanan premium  biasa kita kenal dengan canva pro, memiliki fitur-fitur yang tidak dapat Anda temui pada layanan Canva biasa. Fitur-fitur tersebut adalah sebagai berikut:

  • Untuk video, grafis, desain yang memiliki resolusi dan kualitas tinggi, biasanya hanya ada pada aplikasi berbayar. Artinya jika Anda menggunakan Canva Free, tidak semua desain yang disediakan dapat Anda akses.
  • Tersedia brand kit manager. Apakah brand kit manager?. tidak semua orang paham akan penggunaan tools brang kit manager. Tools ini dapat dipergunakan bersama untuk membangun brand anda melalui Visual Branding. Anda dapat mengakses berbagai macam font, design hingga warna. Perbedaan yang ada pada versi berbayar dengan versi gratis adalah pada pilihan palet warna. Untuk versi berbayar, Anda dapat mengakses lebih dari 100 warna. Sedangkan pada versi canva free, Anda hanya dapat menggunakan 3 warna dalam satu palet.
  • Dapat diakses lebih dari satu orang

Jika Canva Pro digunakan dalam kerja tim, semua anggota tim Anda dapat mengakses desain dengan fitur yang lebih banyak.  Anda dapat melihat, mengedit bahkan mempergunakan template tersebut sebagai referensi. Berbeda dengan versi free, akses yang didapat hanya dapat sebatas mengedit template saja.

  • Background Remover

Dalam Canva pro, Anda bisa menggunakan fitur background remover. Tentu saja hal ini sangat efektif dalam proses editing. Karena Anda tidak membutuhkan tools tambahan lagi.

Dengan segala kemudahan yang ditawarkan oleh Canva, tidak heran jika platform design ini masih menjadi pilihan untuk mendesain. Pilihan untuk menggunakan versi berbayar atau tidak, semua dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Share :

Baca Juga

Webinar

Kenaikan Pangkat

Membuat CBT Lebih Mudah dari pada Google Form, Guru wajib Coba Moodle

Media Pembelajaran

Presentasi Interaktif dan Lebih Menarik dengan Canva for Education

Kenaikan Pangkat

Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Anak TK

Media Pembelajaran

Aplikasi Pengolah Nilai untuk MI dan MTS

Media Pembelajaran

Prinsip Penyusunan Silabus untuk Pembelajaran
Menjadi guru milenial dengan facebook

Media Pembelajaran

Menjadi Guru Milenial Dengan Facebook Pembelajaran
video pembelajaran

Media Pembelajaran

Mendesain Slide Presentasi yang Baik dan Menarik

Media Pembelajaran

Memanfaatkan CapCut untuk membuat video pembelajaran
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.