Home / Media Pembelajaran

Senin, 29 Agustus 2022 - 11:23 WIB

Simak Berbagai Manfaat Fitur Google Workspace For Education dalam Mewujudkan Merdeka Belajar

Platform digital merupakan suatu program yang dapat menunjang dalam keberhasilan baik untuk pembelajaran daring (dalam jaringan) maupun tatap muka. Salah satu platform digital yang dapat digunakan baik oleh guru maupun peserta didik dalam proses belajar mengajar adalah Google Workspace For Education.

Google Workspace For Education adalah kumpulan platform milik Google yang menawarkan sejumlah fitur yang ditujukan untuk memberdayakan pengajar dan siswa saat mereka belajar dan berinovasi bersama. serta memiliki fitur berbasis cloud dan mudah diterapkan di seluruh ruangan kelas pada lembaga penyelenggara pendidikan.

Secara umum, Google For Education memiliki sejumlah keunggulan utama, termasuk meningkatkan kolaborasi pengguna di mana saja, memfasilitasi komunikasi dalam berbagai format, mengelola kelas online dengan mudah, memudahkan manajemen tugas untuk guru dan siswa, dan menyederhanakan berbagai kebutuhan administratif.

Fitur-Fitur Workspace For Education dari Google

1. Gmail

Gmail merupakan layanan surel (email) yang dimiliki Google. Gmail memungkinkan pengajar dan peserta didik untuk saling berkirim pesan, file, gambar, audio, video, dan sejenisnya dari berbagai perangkat dengan aman dan nyaman. Pengguna dapat mengakses Gmail dari browser mana pun seperti Google Chrome, Internet Explorer, Microsoft Edge, Safari, Firefox, Opera, dan sejenisnya. Pengguna Android juga di wajibkan untuk memiliki akun Gmail untuk dapat mengakses semua produk Google seperti Google Drive, Google Play Store, G Suite, dan sejenisnya.

Baca juga:   Ragam Aplikasi Game Based Learning Supaya Pelajar Tak MembosanLagi

2. Google Drive

Google Drive memudahkan para penggunanya untuk menyimpan file dengan berbagai jenis dan ukuran melalui internet dengan akun Gmail yang dimiliki. Google Drive dapat menyimpan file-file offline dengan cara diunggah terlebih dahulu, maupun menyimpan file-file pembelajaran yang dibuat secara daring menggunakan platform Google Docs, Google Slide, Google Spreadsheet, maupun Google Forms. Setelah tersimpan dalam Google Drive, dokumen tersebut dapat dibagikan kepada orang lain dengan memasukkan akun Gmail orang yang dituju.

3. Google Classroom

Platform ini memfasilitasi komunikasi, kerja sama, dan organisasi tugas yang lebih baik bagi peserta didik dan guru. Pengguna cukup berbagi pengumuman, referensi, tugas, dan kuis dari jarak jauh melalui kelas, sehingga memungkinkan siswa untuk mengaksesnya dengan mudah dari berbagai perangkat.

4. Google Kalender

Dalam Google Workspace for Education terdapat Kalender yang disediakan bukan hanya untuk menunjukkan tanggal, bulan, dan tahun. Ada banyak sekali kemudahan yang dapat digunakan untuk menunjang pendidikan. Mulai dari mengatur jadwal belajar, juga dapat mengundang peserta meeting. Dengan demikian, semua pihak yang diundang akan menerima email undangan, sehingga pengguna tidak perlu lagi menghubungi satu per satu.

Baca juga:   Ragam Aplikasi Membuat Video Pembelajaran di HP

5.  Google Office (Docs, Spreadsheet, Slide)

Hal yang membedakan Google Office dengan produk yang selama ini digunakan adalah, Google Office dapat dilakukan untuk kerja-kerja kolaborasi dengan berbagai pengguna.

6. Google Site

Pembelajaran menggunkan google sites memberikan manafaat bagi peserta didik dan guru. Manfaat situs google yaitu sebagai berikut (1) situs google dapat membuat siswa lebih menarik dan menyenangkan (2) google sites dapat memberikan materi pembelajaran yang dapat diunduh sehingga siswa dapat belajar dari materi dimana pun dan kapan pun (3) situs goole dapat memberikan materi yang dari awal sampai akhir pertemuan , siswa dapat membaca kembali materi yang diberikan oleh guru karena materi tidak otomatis hilang (4) siswa dapat mengaploud tugas yang telah diberikan tempat terbatas (5) google sites dapat memberikan pengumuman mengenai tugas, atau informasi yang lain.

Nah, sudah terbukti bahwa fitur-fitur Workspace For Education  memang sangat memudahkan para pengajar dan peserta didik khususnya dalam menunjang pembelajaran.

Apabila anda tertarik ingin mengembangkan kemampuan anda dalam memanfaatkan fitur-fitur Workspace For Education  Mari ikuti segera pelatihan dari e-guru.id dengan judul “Merancang Pembelajaran Interaktif untuk Mewujudkan Merdeka Belajar Menggunakan GoKaMJa (Google Workspace for Education)

Daftar pada link ini : https://online.e-guru.id/product/merancang-pembelajaran-interaktif-untuk-mewujudkan-merdeka-belajar-menggunakan-gokamja-google-workspace-for-education-bulan-september-angkatan-ke-1/

(fas/rtq)

Share :

Baca Juga

Media Pembelajaran

Presentasi Interaktif dan Lebih Menarik dengan Canva for Education

Kenaikan Pangkat

Pentingnya Inovasi Digital Untuk Pengembangan Pendidikan

Media Pembelajaran

Pentingnya Pembelajaran Interaktif dengan Visualisasi yang Menarik

Media Pembelajaran

Sangat Mudah! Berikut 6 Aplikasi Game Matematika Terbaik

Media Pembelajaran

Langkah-Langkah Membuat Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster

Media Pembelajaran

Buku Saku Platform Merdeka Mengajar : Tanya Jawab Seputar Platform Merdeka Mengajar

Media Pembelajaran

iSpring Quizmaker, Metode Pembelajaran dengan Pendekatan Digital

Media Pembelajaran

Cara Mudah Membuat Media Pembelajaran dengan Classpoint
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.