Home / Kesiswaan

Senin, 29 Agustus 2022 - 11:21 WIB

Cara Ampuh Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

Mengatasi kecanduan gadget – Gadget biasanya digunakan para orang tua untuk membuat anak-n gadget pada anak dengan ampuh? anak lebih tenang di tengah kesibukan orang tuanya. Melalui gadget anak dapat menemukan berbagai permainan dan konten-konten yang menghi bur dan menarik perhatian mereka.

Namun, jika anak terlalu sering menggunakan gadget maka anak dapat mengalami kecanduan dan menimbulkan beberapa masalah negatif. Contohnya, gangguan tidur, perilaku hasil meniru yang buruk, pudarnya kreativitas, dan terpapar cyberbullying (perilaku bully di dunia digital).

Lantas, apa saja hal-hal yang harus dilakukan untuk mengatasi kecanduan gadget :

  1. Membuat Aturan

Orang tua, pendidik, atau orang yang lebih dewasa dianjurkan untuk mendiskusikan aturan waktu dalam bermain gadget dengan anak. Perlunya batasan kapan anak dapat bermain gadget dan kapan anak harus berhenti bermain gadget sehingga selain menghindari kecanduan, anak juga belajar untuk disiplin terhadap aturan yang telah disepakati.

  1. MelakukanKegiatan Menarik Tanpa Gadget

Untuk mengalihkan perhatian anak terhadap anak, kita dapat melakukan kegiatan menarik bersama-sama. Misalnya, berolahraga, berkebun, melukis, bernanyi, dan masih banyak lagi. Ajak anak untuk mengenal berbagai kegiatan untuk mengenal minatnya sejak dini sehingga tidak mudah untuk kecanduan gadget.

  1. Menjadi Contoh yang Baik
Baca juga:   Kemdikbudristek dan Twitter Mengembangkan Program Literasi Media Sosial Bagi Pelajar SMP

Sebagai orang yang lebih dewasa, baik menjadi orang tua atau pendidik, anak memandangnya sebagai role model dalam melaksanakan kebiasaan sehari-hari. Sebaiknya, sebagai orang yang lebih dewasa mencontohkan kebiasaan yang baik dalam menggunakan gadget dengan mengoperasikannya dalam waktu yang tepat dan tidak berlebihan.

  1. Melakukan Alternatif Permainan

Untuk menghindari kebosanan, memang gadget merupakan alat yang praktis untuk menenangkan anak. Namun, saat ini juga banyak permainan-permainan alternatid yang patut dicoba untuk mengalihkan kebosanan anak. Permainan-permainan yang direkomendasikan seperti permainan papan yang dapat dimainkan oleh beberapa orang, contohnya monopoli, ular tangga, dsb. Pada zaman yang penuh inovasi ini juga banyak anak muda yang berkarya dengan menghadirkan permainan-permainan edukatif. Biasanya terdapat pada toko buku atau e-commerce.

  1. Bersikap Tegas dan Disiplin

Kiat-kiat di atas tidak akan berjalan dengan efektif jika kita tidak melaksanakannya dengan tegas. Pentingnya untuk melakukan aturan yang sudah disepakati dengana anak agar belajar untuk menghargai aturan dengan disiplin. Ini salah satu cara untuk mengatasi kecanduan gadget.

  1. Mendampingi Anak dengan Intens
Baca juga:   3 Strategi Masuk ke Perguruan Tinggi Idaman

Seringkali kesibukan orang tua menjadi alasan utama untuk melonggarkan aturan dalam pengunaan gadget bagi anak. Perlunya meningkatkan intersitas interaksi dengan anak agar anak tida merasa diabaikan. Melalui interaksi yang lebih intens, orang tua dapat membangun pengertian dan perhatian yang lebih sehingga dapat jauh lebih memahami aturan mengenai penggunaan gadget.

  1. Mempelajari Terapi Kecanduan Gadget dari Profesional

Perlunya mempelajari beberapa kita-kiat mengatasi kecanduan gadget pada anak melalui profesional. Selain mendapatkan masukan yang lebih efektif, kita juga melaksanakannya atas dasar ilmu yang valid dari profesional.

Nah, e-Guru.id akan melaksanakan pelatihan “Terapi Kecanduan Gadget Pada Anak” dengan Padilah, S.Pd.I,CEAP,HWHC,Ch,CHt,C.Ps,C,MT sebagai instruktur. Pelatihan akan dilaksankan mulai dari 7 September 2022 s.d. 16 September 2022 juga sudah mendapatkan materi pelatihan, e-sertifikat 32JP, full support, dan laporan pengembangan diri. Yuk! Cek informasinya lebih lanjut di Pelatihan – Non Member | Diklat Online Guru Bersertifikat 32 JP (e-guru.id)

Daftar pada link ini : https://online.e-guru.id/product/terapi-kecanduan-gadget-pada-anak-bulan-september-angkatan-ke-1/

(gcm/rtq)

Share :

Baca Juga

Karya Inovatif

Puzzlemaker Cara Mudah Membuat Teka-teki Silang untuk Pembelajaran
insekuritas siswa

Kesiswaan

Rasa Insekuritas Siswa yang Wajib Orang Tua Ketahui

Kesiswaan

Ingin Siswa Belajar dengan Optimal? Pahami 7 Jenis Gaya Belajar

Kesiswaan

Inilah Tanda-Tanda Pembelajaran Berkualitas

Kesiswaan

8 Hukuman yang Mendidik bagi siswa yang Nakal di Sekolah

Guru Honorer

Tips Bagi Guru SD Agar Menguasai Kelas Ketika Kegiatan Belajar Mengajar atau Menguasai Kelas
Model Pembelajaran Make a Match untuk Efektifitas Pembelajaran

Kesiswaan

Mengenal Lebih Dalam Sosial Emosional Learning

Kesiswaan

Resmi ! Mulai Agustus, Asesmen Nasional (AN) 2022 Akan Segera Dilaksanakan, Catat Jadwalnya
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.