Home / Kurikulum

Senin, 29 Agustus 2022 - 11:15 WIB

Apa yang Dimaksud Kurikulum Merdeka tentang Literasi, Numerasi dan Profil Pelajar Pancasila ?

Literasi, numerasi dan profil pelajar pancasila adalah kata kunci yang paling banyak ditemukan pada pembahasan kurikulum merdeka. Sesungguhnya, apa yang kurikulum merdeka maksud tentang literasi, numerasi dan profil pancasila?

Literasi dan numerasi melatarbelakangi kurikulum merdeka

Kurikulum merdeka sendiri adalah kurikulum yang tercipta sebagai solusi dari hasil PISA (programme for International Student Assessment) yang memprihatinkan. Mengutip dari web Mendikbud  http://(https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6824331505561-Tentang-Kurikulum-Merdeka

Bahwa 70% siswa berusia 15 tahun berada di bawah kompetensi minimum dalam memahami bacaan sederhana atau menerapkan konsep matematika dasar. Adanya pandemi Covid 19 turut memperparah keadaan, seperti yang kita ketahui bersama, selama pandemi banyak sekolah yang tutup. Pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka di dalam kelas (luring), beralih menjadi pembelajaran jarak jauh secara virtual (daring).

Perubahan besar yang terjadi secara mendadak, menimbulkan berbagai kesulitan, baik pada pendidik maupun peserta didik. Kesulitan yang dialami antara lain seperti akses internet yang tidak merata, pembelajaran tidak interaktif, peserta didik kehilangan motivasi belajar karena lingkungannya tidak kondusif  dll. Adanya kesulitan-kesulitan dalam proses pembelajaran ini akan mengakibatkan munculnya Learning loss.

Baca juga:   Peran Guru, Kepala Sekolah, Siswa dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Learning loss sendiri sering didefinisikan sebagai berkurangnya pengetahuan dan keterampilan secara akademis. Learning loss di Indonesia akibat pandemi rupanya cukup serius, “Untuk literasi, learning loss ini setara dengan 6 bulan belajar. Untuk numerasi, learning loss tersebut setara dengan 5 bulan belajar,” ucap Menteri Nadiem https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/02/kurikulum-merdeka-jadi-jawaban-untuk-atasi-krisis-pembelajaran

Menyimak dari paparan sebelumnya, literasi dan numerasi merupakan dua hal yang menjadi sorotan utama dari kurikulum merdeka.

6 Dimensi Profil Pelajar Pancasila

Sedangkan, profil pancasila merupakan bentuk penerjemahan dari tujuan pendidikan nasional. Hal ini juga mencerminkan fungsi pancasila sebagai pandangan hidup. Masyarakat Indonesia harus senantiasa menjadikan pancasila sebagai pedoman hidup, artinya, setiap perbuatan dan sikap masyarakat perlu mencerminkan nilai nilai pancasila. Pelajar pancasila merupakan perwujudan dari pelajar sepanjang hayat yang berkarakter dan berperilaku sesuai dengan nilai nilai pancasila. Profil pelajar pancasila terdiri dari 6 dimensi sebagai berikut:

  • Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia

Dimensi ini menekankan agar siswa dapat berakhlak mulai dari akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam dan juga akhlak bernegara.

  • Berkebinekaan global
Baca juga:   Cara Menyusun Kurikulum Operasional di Sekolah

Elemen: mengenal dan menghargai budaya, komunikasi dan interaksi antarbudaya, refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan, berkeadilan sosial.

  • Bergotong royong

Gotong royong pada dimensi ini dapat tercermin dari perilaku kolaborasi, kepedulian, dan juga berbagi.

  • Mandiri

Mandiri pada dimensi ini dapat berupa pemahaman diri dan situasi yang dihadapi serta regulasi diri.

  • Bernalar kritis

Elemen: memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri.

  • Kreatif

 Elemen: menghasilkan gagasan yang orisinal, menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal, memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan

Sudah kita lihat bersama, bahwa literasi, numerasi, dan profil pancasila adalah unsur unsur penting pada kurikulum merdeka. Maka dari itu, guru perlu mewujudkan pembelajaran berbasis literasi dan numerasi guna menciptakan profil pelajar pancasila.

Bagaimana cara mewujudkannya? tentu guru perlu terus belajar dan mengembangkan kompetensinya, salah satunya dengan mengikuti pelatihan yang berkaitan. Daftarkan diri anda sekarang pada pelatihan dengan tema “pembelajaran berbasis literasi dan numerasi untuk mewujudkan profil belajar pancasila”

Daftar di link berikut ini : https://online.e-guru.id/product/pembelajaran-berbasis-literasi-dan-numerasi-untuk-mewujudkan-profil-pelajar-pancasila-bulan-september-angkatan-ke-2/

(syn/rtq)

Share :

Baca Juga

Kurikulum

Pembelajaran Berdiferensiasi : Pengertian, Karakteristik dan Strategi Pembelajaran

Kurikulum

Tema Projek PAUD dan Panduan Penerapan Program Profil Pancasila
Model Pembelajaran Inkuiri

Guru Honorer

Khusus guru, ubah akun menjadi Canva pro dengan tanpa biaya

Kurikulum

Tips Belajar Bahasa Indonesia Menjadi Menarik dan Menyenangkan

Kurikulum

Pentingnya Pendidikan Anti Korupsi pada Peserta Didik

Kesiswaan

Pendidikan Usia Dini Dalam Perspektif Islam

Kurikulum

Ini Dia Tujuan dan Keunggulan Kurikulum Merdeka Bagi Guru dan Siswa

Admin Sekolah

Kenali Google Workspace for Education sebagai Wujud dari Digitaliasai Pendidikan Era Merdeka Belajar melalui Teknologi
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.