Home / Kurikulum

Rabu, 30 November 2022 - 01:20 WIB

Cara Mengapresiasi Hasil Pembelajaran Projek Siswa dalam Kurikulum Merdeka

Hasil pembelajaran projek yang telah diselesaikan oleh siswa perlu diberikan apresiasi, perlu dirayakan dengan kegiatan-kegiatan tertentu. Ini penting dilakukan untuk mensukseskan penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui sebuah projek yang diamanatkan oleh Kurikulum Merdeka.

Rencana pemerintah sendiri, untuk menerapkan Kurikulum Merdeka sudah hampir siap 70%. Hal ini tentu mengindikasikan hal positif bagi dunia pendidikan di negeri ini.

Tentu saja, seluruh satuan pendidikan diharapkan mampu mewujudkan keseluruhan program yang menjadi serangkaian dalam kurikulum baru tersebut. Salah satunya yang menjadi unggulan yakni program Profil Pelajar Pancasila.

Program ini nantinya akan memulai berbagai tahapan yakni dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi sampai perayaan hasil belajar projek.

Apa itu Perayaan Hasil Belajar Projek?

Perayaan hasil belajar projek merupakan suatu upaya selebrasi atas ketercapaian peserta didik pada projek Profil Pelajar Pancasila. Hasil pembelajaran projek yang telah dilakukan oleh siswa pantas mendapatkan apresiasi.

Perayaan tersebut bertujuan untuk memberikan penghargaan pada para peserta didik maupun kontribusi dari para pengajar beserta staf pada satuan pendidikan.

Acara tersebut nantinya akan berkaitan dengan keterlibatan pada urgensitas nilai pelayanan serta adanya keterlibatan warga di lingkungan masyarakat serta satuan pendidikan.

Baca juga:   Cara Mendapatkan Bantuan Modal Bisnis untuk Pesantren 2024

Penghargaan tersebut dapat berupa plakat, sertifikat, maupun penghargaan dalam bentuk lain agar dapat diberikan pada peserta didik serta para panitia yang ikut berkontribusi.

Selain itu, untuk menambah bentuk apresiasi, perayaan tersebut juga dapat berbentuk pameran pendidikan atau hasil karya dari projek yang diselesaikan peserta didik.

Atau bisa juga diselebrasikan dalam bentuk presentasi projek para peserta didik agar mereka dapat lebih banyak memahami terkait beragam aktivitas yang harus dilakukan oleh tim pelaksana projek.

Sebagai penyelenggara, anda tak perlu membuat selebrasi dalam bentuk yang mewah, sederhana namun berkesan dan memiliki esensi bagi peserta didik maupun target audience.

Anda dapat memberikan saran berupa tata letak penempatan, pembagian tim presentasi maupun pengaturan lain berdasar ketersediaan yang sudah diberikan oleh panitia yang terlibat.

Adapun saran lain bagi pelaksanaan perayaan hasil belajar projek yakni :

Pertama, pendidik ikut memberikan pendampingan pada peserta didik pada proses perencanaan perayaan hasil belajar. Sebagai mentor, anda seharusnya juga perlu melakukan upaya pemastian pada pemahaman peserta didik tentang makna serta tujuan dari perayaan yang akan diselenggarakan. Jangan sampai peserta didik merasa bahwa perayaan tersebut hanya sekedar event biasa saja.

Baca juga:   Cara Guru Era Kurikulum Merdeka Meningkatkan Interaksi Sosial Antar Peserta Didik

Kedua, pendidik memberikan pengarahan tentang upaya apa saja yang perlu dilakukan oleh para peserta didik tentang apa saja yang perlu dipersiapkan.

Ketiga, ajarkan peserta didik untuk dapat berlatih secara rutin tentang kemampuan melakukan presentasi di depan khalayak umum maupun teman sekelas.

Keempat, ajaklah peserta didik untuk lebih sering melakukan berbagai simulasi agar mereka dapat lebih percaya diri pada saat hari H.

Kelima, pendidik harus menjadi seseorang yang siap untuk mendukung dan membantu di balik layar. Sebab motivasi dan dukungan dari anda sangatlah dibutuhkan oleh peserta didik untuk tetap menjadi berani dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

Nah demikian pembahasan mengenai cara melakukan perayaan hasil pembelajaran projek serta beberapa saran yang harus dilakukan para pendidik.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

Share :

Baca Juga

Kurikulum

Cara Penyusunan Program Semester Kurikulum Merdeka

Kurikulum

4 Alasan Kenapa Penerapan Kurikulum Merdeka Perlu Dilaksanakan

Kurikulum

3 Dokumen Administrasi Guru Era Kurikulum Merdeka yang Harus Dipahami

Kurikulum

Pentingnya Pendidikan Anti Korupsi pada Peserta Didik

Kurikulum

Tema Projek PAUD dan Panduan Penerapan Program Profil Pancasila

Kesiswaan

Ingin Siswa Belajar dengan Optimal? Pahami 7 Jenis Gaya Belajar

Kurikulum

Mudahnya Mendapatkan Ribuan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Secara Gratis, Begini Caranya!

Kesiswaan

Ingin Belajar Penyusunan Modul P5? Guru Wajib Tahu Hal Ini!