Home / Media Pembelajaran

Senin, 14 Februari 2022 - 13:07 WIB

Rekomendasi Aplikasi untuk Membuat Video Pembelajaran di HP

Aplikasi untuk Membuat Video Pembelajaran di HPKegiatan belajar mengajar harus didukung dengan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Guru harus dapat menyampaikan materi dengan cara yang menyenangkan agar dapat memperoleh perhatian siswa.  Dalam hal ini, seorang guru harus dapat melakukan berbagai persiapan dan juga mengasah kreativitasnya.

Terlebih lagi, saat ini kita memasuki era digital yang mana tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi membawa dampak yang sangat besar dalam aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Seorang guru harus mampu beradapatasi mengikuti perkembangan zaman, karena perubahan zaman dari waktu ke waktu juga berdampak pada karakteristik siswa dalam proses belajar mereka.

Dengan adanya perkembangan teknologi, tentunya sangat membantu para tenaga pendidik dan juga siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Ditambah lagi adanya Pandemi Covid-19 membuat kegiatan belajar tatap muka terpaksa dihentikan untuk waktu yang terbilang cukup lama dan beralih menjadi e-learning. Namun, dengan bantuan teknologi, proses pembelajaran masih dapat berlangsung, meskipun tentu saja tidak dapat menggantikan proses pembelajaran tatap muka sepenuhnya.

Mari simak artikel mengenai aplikasi untuk membuat video pembelajaran di HP berikut ini untuk dapat membantu guru mengasah kreativitasnya dalam menyajikan materi pembelajaran online yang menarik dan mudah dipahami.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Video Pembelajaran

Video pembelajaran berisikan kumpulan materi yang disajikan dalam bentuk gambar bergerak / animasi, audio, dan poin-poin pembelajaran. Video pembelajaran harus memiliki visual yang menarik agar para siswa tidak bosan pada saat menyimak materi yang disampaikan oleh guru.

Sebelum Anda menggunakan aplikasi untuk membuat video pembelajaran di HP, terlebih dahulu perlu mengetahui hal-hal berikut ini.

  1. Menentukan materi yang akan disampaikan beserta indikator pencapaian komptensi berdasarkan silabus
  2. Mencari ilustrasi dan konsep video. Misalnya, dengan menyisipkan kuis tebak gambar pada slide presentasi yang dapat mencairkan suasana dan mengimajinasikan konsep materi agar lebih mudah dipahami.
  3. Membuat atau mengumpukan asset audio dan visual.
  4. Menyusun Storyline yang terstruktur dan sistematis
  5. Merekam Presentasi dan mengolahnya menjadi video menarik

Rekomendasi Aplikasi untuk Membuat Video Pembelajaran di HP dengan Mudah

Berikut adalah beberapa aplikasi untuk membuat video pembelajaran di HP yang direkomendasikan bagi para guru:

·      Kinemaster

Aplikasi video editing yang satu ini merupakan aplikasi yang cukup populer. Selain menyajikan banyak fitur yang lengkap, aplikasi tersebut sangat mudah digunakan bahkan di kalangan pemula. Banyak tutorial-tutorial yang tersebar di dunia maya yang menjelaskan bagaimana cara membuat video menggunakan aplikasi kinemaster ini.

Baca juga:   Sangat Mudah! Berikut Rekomendasi Media Pembelajaran Matematika

·      Toontastic

Aplikasi video editing yang kedua yaitu Toontastic. Aplikasi ini juga masuk ke dalam aplikasi yang direkomendasikan dalam membuat video berbasis animasi. Pengguna aplikasi Toontastic dapat memilih background/latar, karakter dalam bentuk animasi, mengisi suara/dubbing, memberikan efek suara, dan fitur lainnya yang disediakan. Aplikasi Toontastic ini dapat diunduh melalui HP, baik berbasis android maupun IOS dan tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Kelebihan aplikasi Toontastic ini juga dapat digunakan secara offline.

·      FilmoraGo

Sama halnya dengan kedua aplikasi sebelumnya, aplikasi FilmoraGo ini juga cukup populer dalam membuat video. Banyak fitur menarik yang disediakan dalam aplikasi FilmoraGo ini. Dengan menggunakan aplikasi FilmoraGo ini dalam membuat video pembelajaran, akan membantu guru menyajikan materi yang menarik saat ditayangkan. Dengan aplikasi ini, guru dapat mengedit, membuat, dan mengolah video dengan cara menambahkan efek suara ataupun musik sehingga video pembelajaran tersebut menjadi lebih menarik dan berwarna ketika ditampilkan.

·      YouCut

Aplikasi untuk  mengedit video yang juga direkomendasikan yaitu aplikasi YouCut. Aplikasi ini merupakan aplikasi editor video & video make. Meskipun masih pemula dalam mengedit video, aplikasi ini dapat dengan mudah digunakan. Aplikasi ini dapat digunakan untuk menggabungkan beberapa video, memangkas, mengedit, dan menambahkan efek suara ataupun musik sehingga video akan lebih menarik untuk ditayangkan.

·      Powtoon

Aplikasi Powtoon juga masuk ke dalam aplikasi video editing yang direkomendasikan untuk pembelajaran. Powtoon merupakan aplikasi untuk membuat bahan presentasi dan membuat video animasi yang interaktif. Guru dapat menggunakan aplikasi Powtoon ini untuk membuat video animasi, infografis bergerak, dan video kreatif lainnya.

Powtoon menyediakan berbagai fitur dan template yang dapat langsung digunakan oleh Guru untuk membuat materi yang menarik dan interaktif. Seperti aplikasi video lainnya, dengan Powtoon ini Guru juga dapat menambahkan character, text effect, animation, link, background, dan lain sebagainya. Selain itu, para pengguna juga dapat menggerakan karakter dan teks sesuai kebutuhan dengan hanya memilih effect dan pose yang tersedia.

Tips Merekam Video Pembelajaran menggunakan HP

Dalam membuat video pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami, banyak hal yang harus guru perhatikan saat merekam video pembelajaran. Di samping spesifikasi HP yang dapat mendukung video tersebut menjadi berkualitas, Tips dan Trik menggunakan aplikasi untuk membuat video pembelajaran di HP berikut ini juga penting untuk disimak:

Baca juga:   Cara Membuat Presentasi di Canva, Guru Wajib Tau!

·      Mengatur Pencahayaan

Cahay yang terlalu banyak masuk ke lensa kamera HP akan merusak kualitas video, sebaliknya jika terlalu sedikit cahaya maka akan menghasilkan video yang tidak menarik untuk dilihat. Apabila pengambilan gambar/video dilakukan di luar ruangan, maka dari itu disarakan untuk memanfaatkan cahaya matahari yang mencukupi atau secara sederhana menyorotkan lampu (lighting) ke arah dinding agar cahayanya terpantul ke area rekaman dan kualitas video yang dihasilkan lebih baik.

·      Menjaga Video Tetap Stabil

Pada saat merekam video pembelajaran, kestabilan video penting untuk diperhatikan agar hasil video lebih maksimal. Dalam hal ini penggunaan Tripod (penyangga) sangat membantu dalam membuat hasil rekaman video  yang tidak blur atau bergerak-gerak. Alternatif lainnya, jika tidak memiliki Tripod maka dapat menggunakan tumpukan buku atau benda lainnya yang dapat menjadi penyangga kamera/HP agar tidak bergerak-gerak ketika sedang melakukan perekaman video pembelajaran.

·      Memastikan Audio Terdengar Jelas

Untuk menghasilkan video pembelajaran yang maksimal dan berkualitas, ada baiknya untuk menggunakan microphone. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir suara-suara latar yang dapat mengganggu.

Di sampin gitu, saat ini sudah banyak pula ponsel yang memiliki audio bawaan yang bagus dan berkualitas. Tips sederhananya adalah dengan memilih ruangan yang bebas kebisingan seperti di sudut rumah atau kamar. Dengan begitu, meskipun hanya menggunakan audio bawaan ponsel, suara yang dihasilkan tetap bisa maksimal.

·      Memanfaatkan Fitur HP

Seiring perkembangan teknologi, saat ini banyak ponsel pintar dengan berbagai fitur pelengkap yang bisa mendukung proses pembuatan video pembelajaran. Seperti ponsel pintar dilengkapi dengan fitur kamera ultra vision yang bisa meningkatkan kejernihan gambar, macro lens yang memungkinkan pengambilan gambar dari dekat namun hasilnya tetap menyeluruh, algoritma pencerahan AI yang bisa mengatur pencahayaan secara otomatis dalam kondisi gelap. Melalui fitur canggih dari HP tersebut, guru juga bisa membuat video slow-motion dan video time-lapse dengan lebih mudah.

Demikianlah artikel mengenai aplikasi untuk membuat video pembelajaran di HP, lengkap beserta ulasan mengenai tips dan triknya. Semoga artikel ini bermanfaat!

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

sls/shd

Share :

Baca Juga

contoh deskripsi pengalaman kerja pppk guru

Admin Sekolah

Google Workspace Penakluk Online Learning

Media Pembelajaran

Cara Menyusun LKPD untuk Meningkatkan Pengetahuan Peserta Didik

Kenaikan Pangkat

Membuat Video Pembelajaran Hanya Butuh Smartphone?

Media Pembelajaran

Mengenal Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Media Pembelajaran

3 Aplikasi Menarik sebagai Media Pembelajaran Era Digital

Media Pembelajaran

5 Hal Penting dalam Membuat Presentasi yang Menarik

Media Pembelajaran

Strategi Pengembangan e-Learning untuk Wujudkan Digitalisasi Pendidikan

Media Pembelajaran

Salah Satu Tips Penting dalam Membuat Video Pembelajaran