Home / Kesiswaan

Jumat, 17 Juni 2022 - 13:00 WIB

Tips Menjadi Guru BK Idaman Siswa

Guru BK Idaman Siswa – Seorang guru bk di sekolah sejatinya adalah sahabat siswa. Akan tetap biasanya masih ada siswa yang menganggap guru BK sebagai polisi sekolah. Di mana tugasnya adalah menangani siswa yang bermasalah atau memiliki kasus.

Padahal menjadi guru BK tugasnya tidak hanya itu tetapi lebih pada memahami bagaimana setiap perkembangan dari peserta didiknya. Kadang di sekolah guru BK menjadi guru yang ditakuti oleh sebagian siswa. Bahkan sampai untuk masuk ke ruangannya saja dan menemui guru BK tidak sedikit siswa yang merasa sungkan atau enggan.

Nah, tentu seorang guru BK tidak ingin jika hal ini terus terjadi. Apabila tidak terjalin kedekatan antara siswa dengan guru BK tentu akan menjadi hal yang sulit bagi guru BK jika ingin memahami setiap latar belakang siswa. Padahal hal ini dibutuhkan agar guru BK mampu menggali setiap permasalahan yang sebenarnya terjadi pada siswa. Tidak hanya itu jika terjalin kedekatan yang baik antara siswa dengan guru bk harapannya juga siswa yang ingin berkembang akan mudah diarahkan dan mendapatkan bimbingan yang maksimal dari guru BK.

Lalu, bagaimana tips menjadi guru BK idaman siswa? Di bawah ini akan dikupas tuntas beberapa tips jitu agar Anda yang menjadi guru BK bisa menjadi idaman siswa di sekolah Anda.

  1. Memiliki Empati pada Siswa
Baca juga:   Tips Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri Pada Siswa

Empati adalah kemampuan untuk memahami apa yang dirasakan orang lain, melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain, dan juga membayangkan diri sendiri berada di posisi orang tersebut. Jadi seorang guru BK penting memiliki sikap empati agar terjalin kedekatan dengan siswanya. Jika Anda bersikap empati tentu siswa akan merasa sangat dihargai oleh Anda. Ketika sudah terjalin kedekatan biasanya siswa akan lebih mudah terbuka kepada Anda. Dan Anda akan menjadi orang yang paling dirindukan oleh siswa untuk menceritakan segala keluh kesah tentang dirinya.

  1. Bersikap Tegas bukan Galak

Guru BK harus bisa bersikap tegas dalam menyikap setiap permasalahan. Karena kurang tegasnya guru BK juga bisa menjadikan dirinya dianggap tidak memiliki pendirian oleh siswanya. Guru BK juga harus bisa mengambil keputusan dengan penuh kebijakan. Jadi tidak memberikan keputusan sepihak.

  1. Menerima Tanpa Syarat

Sebagai guru BK harus bisa menerima siswa tanpa syarat. Ketika siswa datang menemui Anda bersikaplah tanpa harus mengomentari bagaimana penampilannya, cara bicaranya dan sebagainya. Langkah awal siswa sudah datang menemui Anda artinya dia benar-benar membutuhkan bantuan atau bimbingan dari Anda. Jadi, manfaatkan momen ini sebaik-baiknya. Berikan kesan yang baik dengan menerima dia apa adanya dan mendengarkan apa yang dia ceritakan kepada Anda.

  1. Menjadi Sahabat Siswa
Baca juga:   Pentingnya Penanaman Pendidikan Anti Korupsi Sejak Dini

Guru BK akan menjadi idaman siswanya ketika mampu menempatkan diri menjadi sahabatnya. Selayaknya sebagai sahabat maka guru BK berusaha untuk mengerti bagaimana keadaan siswa. Apa yang sedang dirasakan. Dan tidak langsung menghakimi setiap apa yang dilakukannya. Untuk masuk ke dunia siswa memang tidak mudah harus ada strategi sendiri dari guru BK agar bisa menjalin hubungan yang dekat dan akrab dengan siswanya.

  1. Terbuka dengan Siswa

Dalam hal ini tidak hanya siswa yang diharuskan terbuka, tetapi guru BK  juga sebaiknya terbuka dengan siswanya. Seperti membuka diri ketika ada siswa yang akan curhat maupun konsultasi. Sebaiknya guru BK bersikap menyenangkan dan tidak menutup dirinya ketika ada siswa yang ingin konseling dengan Anda. Manfaatkan waktu konseling dengan baik melalui komunikasi yang baik.

Demikian tadi ulasan mengenai tips menjadi guru BK idaman siswa. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Penulis : (GST/GST)

 

 

 

 

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Tips Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri Pada Siswa

Kesiswaan

3 Strategi Masuk ke Perguruan Tinggi Idaman

Kesiswaan

Rekomendasi Beasiswa bagi Siswa Jenjang SMA dan SMK

Kesiswaan

Menyusun Program Penguatan Karakter saat Kebijakan PTM Berlangsung

Kesiswaan

Guru Dapat Mendorong Prestasi Siswa Melalui 5 Hal Ini
ide ice breaking pramuka

Kenaikan Pangkat

Ice breaking solusi jenuh dalam belajar

Kesiswaan

Ini Dia Kriteria dan Standar Kelulusan Siswa Terbaru di Tahun 2022

Kesiswaan

Breaking News! Simpan Permanen Akun LTMPT Diperpanjang