Home / Kesiswaan

Selasa, 15 Maret 2022 - 10:59 WIB

Penanaman Karakter Cinta Tanah Air pada Siswa

Penanaman Karakter pada Siswa– Rasa cinta tanah air adalah salah satu karakter bangsa yang mencerminkan rasa cinta kepada tanah air yaitu Indonesia. Menurut kemendiknas rasa cinta tanah air adalah perasaan yang timbul dari dalam hati sanubari seorang warga Negara, untuk mengabdi, memelihara, membela, melindungi tanah airnya dari segala ancaman dan gangguan. Cinta tanah air atau nasionalis merupakan cara berpikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsanya. Dengan kata lain, rasa cinta tanah air memerlukan kesadaran dari dalam hatinya untuk benar-benar setia dan mencintai tanah air. Nah, untuk siswa di sekolah penting sekali ditanamkan karakter cinta tanah air sejak dini mungkin. Karena sejatinya merakalah yang nanti akan menjadi penerus generasi selanjutnya.

Definisi lain mengatakan bahwa rasa cinta tanah air adalah rasa kebanggaan, rasa memiliki, rasa menghargai, rasa menghormati dan loyalitas yang dimiliki oleh setiap individu pada negara tempat ia tinggal yang tercermin dari perilaku membela tanah airnya, menjaga dan melindungi tanah airnya, rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negaranya, mencintai adat atau budaya yang ada dinegaranya dengan melestarikannya dan melestarikan alam dan lingkungan. Rasa cinta tanah air bisa diterapkan di lingkungan keluarga,lingkungan sekolah maupun masyarakat. Untuk penanaman rasa cinta tanah air di sekolah tentu guru berperan penting dalam pelaksanaanya. Sebelum siswa menanamkan rasa cinta tanah air, maka guru perlu mencontohkannya di sekolah bentuk-bentuk sikap cinta tanah air.

Di bawah ini ada beberapa contoh bagaimana sebagai seorang siswa dalam menunjukkan sikap cinta tanah air yang bisa ditandai dengan :

  1. Belajar dengan tekun hingga kita juga dapat ikut mengabdi dan membangun negera kita agar tidak ketinggalan dari bangsa lain.
  2. Menjaga kelestarian lingkungan.
  3. Tidak memilih-memilih teman.
  4. Berbakti pada nusa dan bangsa
  5. Berbakti pada orang tua (Ibu, Bapak, Guru)

Dengan melihat beberapa contoh di atas maka bisa dijadikan indikator untuk siswa yang sudah mampu menerapkan karakter cinta tanah air. Apabila belum semua contoh di atas diterapkan setidaknya ada beberapa poin yang mampu diterapkan oleh siswa dalam kehidupannya sehari-hari. Karena bagaimanapun siswa juga termasuk warga negara. Dan sebagai warga negara yang baik harus mampu mencintai tanah airnya sendiri.

Pembentukan Karakter Terpuji (Cinta Tanah Air)

Pembentukan karakter terpuji (cinta tanah air) melalui pengkondisian dapat melalui:

Baca juga:   Bagaimana Cara Mengembangkan Potensi Diri Siswa

Pertama, Upacara bendera setiap hari senin dan hari besar nasional. Upacara bendera ini dapat meningkatkan rasa nasionalisme atau cinta tanah air kita terhadap Indonesia contohnya saat momen pengibaran bendera atau hening cipta.

Kedua, Diadakannya suatu kegiatan peringatan hari-hari bersejarah. Peringatan hari-hari bersejarah ketika pada hari kemerdekaan dengan mengadakan perlombaan, dan lain sebagainya. Kegiatan ini dapat menyadarkan bahwa kini Indonesia telah merdeka.

Ketiga, Memberikan pengetahuan menganai nasionalisme atau cinta tanah air. Pengetahuan tentang nasionalisme sangat penting untuk diberikan seperti sikap yang seharusnya ditampilkan saat pengibaran bendera atau pada saat lagu kebangsaan dinyanyikan, sikap pembelaan terhadap negara atas penjajahan oleh bangsa lain, dan lain-lain.

Keempat, Melalui kegiatan ekstrakurikuler. Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang dapat menanamkan karakter nasionalisme atau cinta tanah air adalah kegiatan Pamuka.

Kelima, Menempelkan poster pahlawan di tembok kelas. Poster pahlawan seperti bung Karno, Pangeran Diponegoro, RA. Kartini, Hatta, Jenderal Soedirman dan lainnya penting karena agar siswa paham dan mengerti tentang sejarah sejak dini.

Keenam, Penanaman nilai cinta tanah air atau nasionalis melalui mata pelajaran. Nilai cinta tanah air atau nasionalisme dapat disisipi dalam beberapa mata pelajaran. Diantaranya adalah mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Sosial, Seni Budaya, dan Muatan Lokal.

Pembentukan Karakter Terpuji (Cinta Tanah Air) Melalui Keteladanan

Pembentukan karakter terpuji (cinta tanah air) melalui keteladanan dalam hal ini diperlukan peran guru yang memberikan teladan kepada siswanya. Pembentukan karakter cinta tanah air meliputi :

Pertama, Guru dapat mencontohkan perilaku disiplin dan penghayatan terhadap perjuangan bangsa pada saat upacara bendera. Jadi, ketika pelaksanaan upacara bendera guru bisa mencontohkan bagaimana bersikap dalam mengikuti upacara bendera. Kemudian bagaimana menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta melafalkan Pancasila.

Kedua, Guru mampu memberikan contoh cara menghargai bangsa dan negara Indonesia. Guru bisa memberikan contoh nyata cara menghargai bangsa kepada siswa seperti menghargai siapapun pemimpinnya, menghargai segala kebudayaan yang dimiliki bangsa, dan sebagainya.

Ketiga, selain guru orang tua juga harus mencontohkan penghargaannya terhadap bangsa dan Negara. Jadi, orang tua di sini memiliki peran di lingkungan keluarganya. Salah satu contoh sikap menghargai bangsa di lingkungan keluarga yaitu dengan menempel gambar pahlawan di rumahnya atau menceritakan sejarah bangsa kepada anaknya agar semakin mencintai tanah air.

Baca juga:   Computer Based Test Menguntungkan atau Merugikan?

Cara Meningkatkan Rasa Cinta Tanah Air

Rasa cinta tanah air termasuk karakter yang positif. Namun, rasa cinta tanah air ini pun lama-lama akan pupus apabila tidak dilakukan peningkatan karakter. Karena pada hakekatnya tidak semua bisa mencintai tanah air secara alami. Semuanya butuh proses hingga menjadi kesadaran masing-masing. Siswa yang sudah bisa menerapkan rasa cinta tanah air harus terus dibimbing dan terus diingatkan agar selamanya tetap mencintai tanah air dalam jiwanya. Selain itu, dengan memotivasi siswa untuk bisa mengharumkan nama bangsa atau setidaknya dengan mencerminkan sikap yang baik sebagai warga negara.

Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air diantaranya yaitu sebagai berikut :

  1. Mempelajari sejarah perjuangan para pahlawan pejuang kemerdekaan kita serta dengan menghargai jasa para pahlawan kemerdekaan.
  2. Menghormati upacara bendera yang diadakan setiap hari senin maupun upacara hari .kebangsaan sebagai perwujudan rasa cinta tanah air dan bangsa Indonesia.
  3. Menghormati simbol-simbol Negara seperti lambang burung garuda, bendera merah putih, lagu kebangsaan Indonesia raya, dll.
  4. Mencintai dan menggunakan produk dalam negeri agar pengusaha local bisa maju sejajar dengan pengusaha asing.
  5. Ikut membela serta mempertahankan kedaulatan kemerdekaan bangsa dan Negara Indonesia dengan segenap tumpah darah secara tulus dan iklhas.
  6. Turut serta mengawasi jalannya pemerintahan dan membantu meluruskan yang salah sesuai dengan mekanisme yang berlaku.
  7. Membantu mengharumkan nama bangsa dan Negara Indonesia kepada warga Negara asing baik di dalam maupun di luar negeri serta tidak melakukan tindakan-tindakan yang mencoreng nama baik Indonesia.
  8. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar pada acara-acara resmi dalam negeri.
  9. Beribadah dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk kemajuan bangsa dan Negara.
  10. Membantu mewujudkan ketertiban dan ketentraman baik di lingkungan sekitar kita maupun secara nasional

Demikan tadi penjelasan mengenai karakter cinta tanah air. Karakter cinta tanah air harus terus ditanamkan pada siswa sebagai generasi penerus bangsa. Untuk para guru dan orang tua memiliki peran dalam menanamkan karakter ini. Semoga semakin banyak generasi yang cinta pada tanah air.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik dengan cara klik pada link INI

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Pendaftaran SBMPTN 2022 Segera Dibuka : Cek Syarat, Jadwal, dan Biayanya

Kesiswaan

Manfaat Chatbot sebagai Media Pembelajaran, Inovasi Baru Dunia Pendidikan

Kesiswaan

Ini Dia Strategi Mengembangkan Potensi Diri pada Siswa

Kesiswaan

Menjadi guru berkompeten melalui kompetensi sosial emosional

Kesiswaan

Psikologi Perkembangan Peserta Didik yang Harus Dipahami Guru

Kesiswaan

Siswa Perlu Bersiap, Pendaftaran Sekolah Kedinasan Dibuka Bulan April

Kesiswaan

Inilah Tanda-Tanda Pembelajaran Berkualitas
peran apresiasi guru terhadap antusias belajar

Kesiswaan

LPDP 2022 di Depan Mata : Apa Saja Persiapannya ?