Home / Kesiswaan

Rabu, 23 November 2022 - 14:14 WIB

Cara Mengenali Bakat Peserta Didik

7 Gaya Belajar Siswa yang Wajib Guru Ketahui

7 Gaya Belajar Siswa yang Wajib Guru Ketahui

Sebagai seorang pendidik, seorang guru perlu tahu cara mengenali bakat peserta didik. Sehingga seorang guru perlu tahu tentang jenis-jenis intelektual yang terdapat pada diri seorang siswa.

Sebagai seorang individu, Sang Pencipta telah menakdirkan bahwa setiap peserta didik pasti memiliki bakat atau bisa disederhanakan dengan kemampuan diri.

Hanya saja, terkadang masih banyak peserta didik yang tak mampu menelaah bakat dalam dirinya sehingga menjadikan mereka lupa dan tak melatih diri untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki.

Maka dari itu, wajib bagi seorang guru untuk mengenali bakat peserta didik dan cara untuk memotivasi para peserta didik agar mereka senantiasa mengembangkan bakatnya. Lantas bagaimana pengertian bakat sebenarnya? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Definisi Bakat

Melansir pengertian dari beberapa pakar, bakat didefinisikan sebagai suatu kemampuan atau keahlian dimana merupakan sifat bawaan dari dalam individu. Biasanya bakat ini disalurkan dari gen keluarga.

Misal, bila terdapat salah satu anggota keluarga berdarah seni, pasti hal tersebut merupakan bakat atau sifatnya merupakan suatu turunan dari keluarga tersebut.

Bisa jadi kakek maupun ayah dan ibu merupakan seseorang pecinta seni sehingga keturunannya ada juga yang mencintai seni.

Baca juga:   Media Pembelajaran dan Fungsinya dalam Proses Belajar

Seorang peserta didik yang mempunyai bakat pada suatu bidang tertentu akan mampu melakukan penguasaan dengan lebih cepat dibanding dengan seseorang yang baru belajar dan memiliki keinginan untuk belajar.

Namun hal ini tidak menjamin bahwa orang yang mempunyai bakat akan selalu menjadi sukses dan berkompeten.

Fenomena tersebut akan terjadi manakala sang peserta didik memang sudah menemukan bakatnya, melakukan banyak pelatihan dan senantiasa meningkatkan kesabaran dalam mempelajari.

Bakat yang dimiliki oleh peserta didik hanya akan sekedar menjadi pajangan bila tak ditingkatkan secara totalitas apalagi tak dipahami oleh yang punya.

Maka dari itu, penting bagi peserta didik untuk melihat potensi dan bakat peserta didik lebih mendalam melalui pendekatan secara personal.

Aspek dan Jenis Bakat Peserta Didik

Untuk mengenalinya, ada beberapa aspek dan jenis bakat yang perlu anda ketahui. Adapun beberapa diantaranya yakni :

1.    Jenis Intelektual Umum

Jenis bakat yang pertama yakni bakat peserta didik dalam aspek intelektual umum. Peserta didik yang memilikinya tentu memiliki daya pikir dan penyerapan pembelajaran dengan cepat. Mereka pun biasanya memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi.

Baca juga:   Yuk, Pelajari Bagaimana Cara Pengisian DUPAK Guru!

Maka tak heran, peserta didik dengan bakat tersebut akan sering memiliki prestasi. Maka dari itu, penting bagi para peserta didik untuk memberikan banyak arahan dalam hal lomba agar mereka lebih bisa diberdayakan.

2.    Jenis Bakat Akademik Khusus

Kemudian jenis lainnya yakni memiliki bakat dalam aspek akademik khusus. Biasanya peserta didik akan cenderung menyukai beberapa mata pelajaran akademik.

3.    Jenis Bakat Profuktif – Kreatif

Bakat selanjutnya yakni peserta didik memiliki kecenderungan untuk menciptakan hal – hal baru seperti produk. Mereka pun biasanya memiliki daya kreativitas sendiri.

Nah demikianlah ulasan mengenai jenis dan cara mengenali bakat peserta didik yang perlu digali dan dikaji. Semoga ulasansingkat ini bermanfaat.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Tantrum di Kelas? Simak 6 Tips Mencegahnya
Penjelasan ANBK 2022, Tujuan, sampai Tanggal Pelaksanaannya: Siswa kelas 5 MI Miftahul Huda sedang berlatih soal-soal ANBK, Rabu (17/11/2021). [Ninda Novita Arieani/dok.pribadi]

Admin Sekolah

Computer Based Test Menguntungkan atau Merugikan?
7 Gaya Belajar Siswa yang Wajib Guru Ketahui

Kesiswaan

Tri Pusat Pendidikan : Sinergi Menyukseskan Pendidikan

Kesiswaan

Mengenal Apa Itu Karakter Hormat pada Lingkungan

Kesiswaan

Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Siswa

Kesiswaan

Penyebab Peserta Didik Tidak Percaya Diri pasca Pandemi

Kesiswaan

Membangun Pendidikan Indonesia ke Arah Lebih Baik dengan Strategi Jitu
Orang Tua

Kesiswaan

Waspadalah Bahaya Kecanduan Gadget pada Anak!
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.