Home / Metode Pembelajaran

Rabu, 12 Januari 2022 - 08:23 WIB

Cara Mengajar yang Baik di Kelas

Cara Mengajar yang Baik – Sejatinya, dalam kehidupan ini kita adalah pembelajar sejati, termasuk para guru.

Guru-guru memang dituntut untuk mempelajari banyak hal. Bahkan, bisa dikatakan lebih banyak dibandingkan profesi lain. Karena nyaris segala aspek harus dipelajari demi terbentuknya karakter baik pada pribadi masing-masing siswa.

Selain dituntut untuk memiliki pengetahuan yang segudang, para guru juga diharuskan menguasai berbagai macam teknik. Termasuk teknik mengajar yang baik. Hal ini supaya anak-anak merasa nyaman ketika mendapatkan materi.

Bagi guru baru, mungkin masih kerap menemukan beberapa kesulitan selama mengajar di kelas. Oleh karena itu, kali ini akan dibahas beberapa hal mengenai cara mengajar yang baik untuk diterapkan di dalam kelas.

  1.     Jangan hanya berdiri layaknya patung

Cara mengajar yang paling umum adalah dengan tidak berdiri saja di depan kelas. Dalam artian, Anda bisa berjalan mengelilingi dalam berbagai kesempatan saat mengajar.

Hal ini supaya seluruh anak-anak merasa diperhatikan. Tidak ada yang merasa bahwa yang mendapat perhatian guru hanya anak-anak yang aktif dan duduk di depan saja.

Baca juga:   Cara Jitu Orang Tua Mendidik Anaknya yang Memasuki Usia Praremaja

Berjalan atau memutari kelas ketika mengajar tidak sulit. Anda hanya perlu pembiasaan saja.  Maka mulai saat ini, cobalah untuk tidak hanya berdiri di depan kelas ketika menjelaskan materi ya.

  1.     Buat variasi

Yang kedua adalah dengan membuat variasi. Untuk saat ini, ketika akan membuat variasi, Anda tidak harus membuatnya dari 0. Alias memutar otak sekuat tenaga dalam menemukan konsep atau idenya.

Sebab saat ini, sudah banyak variasi-variasi pembelajaran yang bisa Anda adopsi dan modifikasi. Misal, dengan memulai pembelajaran dengan menyanyikan lagu. Supaya anak-anak rileks sejenak.

Selain itu, Anda juga bisa mempersiapkan game jika perlu. Karena variasi dalam pembelajaran juga berdampak baik bagi pemahaman mereka terhadap sebuah materi.

Dan kabar baiknya, variasi dalam pembelajaran juga bukan hanya sekedar meningkatkan motivasi belajar mereka. Tapi juga akan membuat mereka enjoy selama belajar.

Baca juga:   H-6 Menuju Pengumuman SBMPTN 2022, Begini Cara Cek Hasilnya!
  1.     Memaksimalkan penggunaan teknologi

Adapun cara mengajar yang baik selanjutnya adalah dengan memaksimalkan penggunaan teknologi. Guru abad ini memang dituntut untuk update. Karena peserta didik masa kini cenderung lebih mudah bosan, dan tidak suka sesuatu yang monoton.

Sehingga, dengan pemaksimalan menggunakan teknologi, bisa memudahkan mereka dalam menerima pelajaran, dan membuat mereka lebih bersemangat.

Untuk saat ini, sudah banyak sekali aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan. Mulai dari aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat video, aplikasi pembuat podcast, atau yang lainnya. Tinggal bagaimana kita mengeksplor pengetahuan dan keterampilan saja.

Dengan memaksimalkan penggunaan teknologi, anak-anak pasti akan merasa lebih bersemangat. Apalagi jika dikemas dengan baik.

Demikian seputar cara mengajar yang baik untuk diterapkan di dalam kelas. Semoga bermanfaat.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Share :

Baca Juga

Guru Kreatif

Metode Pembelajaran

Menjadi Guru Kreatif Demi Menunjang Pendidikan yang Lebih Modern

Metode Pembelajaran

Mengenal Model Pembelajaran PAIKEM dan Cara Penerapannya

Metode Pembelajaran

4 Jenis Pembelajaran Kooperatif

Metode Pembelajaran

Cara Menerapkan Pembelajaran Kreatif di Kelas
Strategi Guru

Metode Pembelajaran

4 Cara Menciptakan Kelas yang Kondusif
tips menjadi guru friendly

Metode Pembelajaran

Teknik Hypnoteaching untuk Mewujudkan Pembelajaran Merdeka
7 Gaya Belajar Siswa yang Wajib Guru Ketahui

Metode Pembelajaran

Beberapa Hal yang Wajib Diketahui dalam Melaksanakan Diskusi Panel di Kelas

Kenaikan Pangkat

Model Pembelajaran abad 21: Karakteristik dan Strategi