Home / Metode Pembelajaran

Selasa, 11 Januari 2022 - 07:03 WIB

Indikator Guru Memiliki Kompetensi Pedagogik

Setiap guru meski mempunyai kompetensi pedagogik. Dan ini merupakan keharusan bagi setiap guru.

Karena kualitas yang  dimilikinya akan berpengaruh terhadap kualitas sekolah tempatnya mengajar. Dan juga berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar di kelas.

Pedagogik sendiri bisa kita artikan dengan suatu kemampuan seseorang dalam bidang ilmu pendidikan. Dan untuk menjadi seorang guru, Anda meski mempunyai kompetensi ini.

Sementara ilmu pedagogik ialah ilmu yang membahas mengenai persoalan atau permasalahan yang berkaitan dengan dunia pendidikan, mulai dari kegiatan mendidik, dan lain sebagainya.

Ilmu ini merupakan ilmu yang sifatnya adalah praktis dan teoritis. Sehingga sangat berhubungan dengan ilmu lain. Mulai dari ilmu psikologi, sosial, atau yang lainnya.

Dalam kompetensi pedagogik, terdapat 6 indikator di dalamnya. Simak penjelasannya berikut.

  1.     Memahami wawasan kependidikan

Dalam artian, guru meski memiliki latar belakang pendidikan, sehingga mempunyai keahlian secara intelektual dan akademik, merujuk pada siswa pengelolaan pembelajaran yang basisnya adalah mata pelajaran.

Selain itu, adanya kesesuaian antara latar belakang dengan mata pelajaran yang diajarkannya. Dan sudah mempunyai pengalaman dalam mengajar.

  1.     Mampu memahami peserta didik

Selain memahami tentang pendidikan, seorang guru juga meski mampu memahami peserta didik. Itu artinya, Anda meski bisa mengidentifikasi karakteristik belajar setiap siswa, memastikan seluruh peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama, dalam berpartisipasi di kelas.

  1.     Bisa mengembangkan kurikulum

Dan yang tidak kalah pentingnya adalah, mampu mengembangkan kurikulum. Dan kompetensi satu ini tergolong salah satu kompetensi yang cukup sulit. Khususnya bagi guru baru. Karena mengembangkan kurikulum merupakan hal yang gampang-gampang susah.

Baca juga:   Orang Tua Mengutamakan Parenting Ditengah Kesibukan Bekerja Pada Anaknya

Dalam kompetensi ini, terdapat beberapa hal yang meski Anda kuasai. Misalnya, bisa menyusun silabus, kemudian melakukan rancangan pembelajaran yang sesuai dengan silabus, mengajarkan materi sesuai dengan urutannya, dan memilih materi pelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, dan lain sebagainya.

  1.     Memahami perencanaan pembelajaran

Guru juga meski memahami perancangan pembelajaran. Yakni, mempunyai kemampuan dalam merencanakan sistem pembelajaran dengan memanfaatkan sumber daya yang ada, melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai rancangan yang sudah disusun secara lengkap, dan melaksanakannya dengan baik. Dan seluruh aktivitas pembelajaran dari awal hingga akhirnya mesti direncanakan secara strategis.

  1.     Memahami pembelajaran yang mendidik dan dialogis

Adapun kompetensi yang selanjutnya adalah memahami pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis. Guru melaksanakan proses pembelajaran untuk memeberikan informasi kepada para peserta didik dengan baik, supaya mereka tidak merasa tertekan selama proses pembelajaran, guru juga meski memperhatikan interaksi antara dirinya dengan peserta didik.

Baca juga:   Jenis-jenis Kecerdasan Yang Harus Kita Tahu

Sementara kompetensi pedagogik yang terakhir adalah, Anda meski mengetahui yang namanya evaluasi hasil belajar.

Demikian seputar kompetensi pedagogik yang meski dikuasi oleh seorang guru. Semoga bermanfaat.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

 

 

 

 

 

 

 

Share :

Baca Juga

model pembelajaran inkuiri

Metode Pembelajaran

2 Strategi Sederhana Membuat Siswa Aktif Berbicara di Kelas

Metode Pembelajaran

Cara Menerapkan Pembelajaran pada Siswa Learning Disability
Insekuritas Siswa

Metode Pembelajaran

Tips Mengatasi Insekuritas Siswa di Sekolah

Metode Pembelajaran

7 Metode Mengajar untuk Wujudkan Peserta Didik Unggulan

Metode Pembelajaran

Ragam Manfaat Metode See Think Wonder Untuk Melatih Rutinitas Berpikir Anak

Metode Pembelajaran

Memahami Model Pembelajaran Blended Learning

Metode Pembelajaran

4 Jenis Pembelajaran Kooperatif

Metode Pembelajaran

Ternyata Ini Perbedaan Metode dan Model Pembelajaran