Home / Kurikulum / Metode Pembelajaran

Senin, 4 Juli 2022 - 20:35 WIB

Tema Projek PAUD dan Panduan Penerapan Program Profil Pancasila

Program Profil Pancasila adalah salah satu program unggulan dari kebijakan Kurikulum Merdeka. Kehadiran program ini akan membantu para peserta didik dalam meningkatkan karakter serta kepribadian Pancasila dalam diri peserta didik.

Kepribadian dan karakter adalah dua hal yang perlu ditumbuhkan dalam diri sebab keberadaannya dapat mempengaruhi berjalannya aktivitas peserta didik terutama selama mereka berada di lingkungan sekolah.

Kelima nilai dalam Pancasila perlu untuk senantiasa diwujudkan dalam diri agar cita – cita bangsa membangun peradaban gemilang dapat terwujud.

Selain itu, fenomena peserta didik yang jauh dari nilai – nilai Pancasila sudah mulai banyak terlihat.

Hal ini bisa terjadi lantaran dari berbagai aspek misalnya pergaulan bebas, tontonan tak layak baik di sosial media maupun tayangan televisi serta lingkungan yang malah melazimi adanya tindakan tak terpuji yang dilakukan oleh kalangan peserta didik.

Maka dari itu, hadirnya Program Profil Pancasila akan menjadi wadah untuk pelatihan secara bertahap sebab dilaksanakan di ranah satuan pendidikan.

Baca juga:   4 Kompetensi Ini Sangat Dibutuhkan Pada Abad 21

Program ini rencananya akan dilaksanakan mulai dari jenjang Pra sekolah yakni PAUD sampai Perguruan Tinggi.

Mekanisme Pelaksanaan Program Profil Pelajar Pancasila di Tingkat PAUD

Dalam pelaksanaannya, program ini akan dilaksanakan dalam beberapa projek yang memiliki tema khusus berdasarkan tingkat pendidikannya.

Di PAUD sendiri, terdapat beberapa tema besar yang bisa dimodifikasi sendiri oleh pendidik. Adapun tema besarnya yakni :

1.    Tema Cinta Alam Semesta

Pertama, jenis tema yang berkaitan dengan alam semesta. Temanya yakni “Aku Cinta Bumi”. Pada tema tersebut, peserta didik akan diajak untuk mempelajari terkait fenomena alam dengan penyampaian sederhana agar mudah ditangkap.

Salah satu fenomena yang dapat dikenalkan seperti adanya perubahan pada iklim global. Dalam pelaksanaannya, peserta didik akan ditanya berkaitan dengan bagaimana solusi yang dapat mereka berikan untuk membantu bumi agar sehat kembali.

Sebaiknya sebelum tema dilaksanakan, para pendidik dapat melakukan proses identifikasi terlebih dahulu sehingga mereka dapat mengetahui topik mana yang lebih cocok untuk latar belakang dan karakteristik peserta didik.

Baca juga:   Apa yang Dimaksud Kurikulum Merdeka tentang Literasi, Numerasi dan Profil Pelajar Pancasila ?

Topik yang sudah terpilih, nantinya akan diimplementasikan dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis projek.

2.   Tema Berkaitan dengan Kecintaan pada Negeri

Selain mencintai alam, pemerintah juga sudah memberikan panduan untuk pemilihan tema yang berkaitan dengan “cinta Indonesia”.

Tema ini dinilai relevan untuk bisa meningkatkan rasa cinta dan kontribusi pada bangsa. Tema ini juga dapat menjadikan peserta didik untuk bisa belajar mengaplikasikan dimensi pelajar pancasila pada aspek “berkebhinnekaan global”.

Tema ini nantinya dapat dijabarkan dalam beberapa topik yang beragam agar peserta didik dapat lebih memahami dan pelaksanaannya mencapai target.

Nah, demikian ulasan berkaitan dengan tema besar projek PAUD dalam pelaksanaan program Profil Pancasila.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

Share :

Baca Juga

Metode Pembelajaran

Strategi Belajar Mengajar yang Mudah & Efektif di Masa Pandemi

Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran Problem Solving

Metode Pembelajaran

Cara Menerapkan Pembelajaran pada Siswa Learning Disability

Media Pembelajaran

Media Pembelajaran Interaktif Kunci Murid Senang Belajar

Kurikulum

Kurikulum 2022, Paradigma Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Prototipe

Media Pembelajaran

Sangat Mudah ! Berikut Cara Mendaftar Canva for Education

Kurikulum

6 Istilah-Istilah Baru Dan Populer Dalam Kurikulum Merdeka yang Tidak Ada di Kurikulum 2013

Metode Pembelajaran

Cara Penerapan Model Pembelajaran Langsung