Home / Media Pembelajaran / Metode Pembelajaran

Senin, 15 Agustus 2022 - 10:29 WIB

Media Pembelajaran Interaktif Kunci Murid Senang Belajar

Media pembelajaran interaktif – Pembelajaran dalam sekolah dasar memiliki kontribusi penting di masa tumbuh kembang anak, dimana dalam masa tersebut anak memiliki tingkat keingintahuan sangat tinggi. Hal ini jika tidak di imbangi dengan media pembelajaran yang interaktif maka akan mengakibatkan anak cepat bosan dalam belajar. Guru hendaknya memiliki keterampilan dalam membuat media yang interaktif untuk anak didiknya. Sehingga guru dapat menyampaikan materi pelajaran dengan lebih efektif. Tingkat kreativitas guru dalam membuat media pembelajaran dan menyajikan materi sangat berpengaruh pada keberhasilan proses belajar mengajar.

Media pembelajaran perlu di sesuaikan dengan materi dan karakteristik siswa yang diajar, sehingga perlu sekali guru untuk up to date dalam membuat media pembelajaran. Di zaman sekarang siswa lebih tertarik dengan hal-hal yang berbau teknologi. Tak heran jika mereka sering tertarik dengan media pembelajaran berbasis teknologi yang interaktif dan menyenangkan.

Zaman sekarang guru tak perlu risau karena sudah banyak platform yang dapat membantu guru dalam membuat media berbasis digital, ditambah lagi banyak ditemukan software pembuat media pembelajaran beserta video tutorialnya. Sebagai contoh media pembelajaran yang interaktif terpopuler adalah multimedia interaktif seperti video pembelajaran, games digital, buku digital dan juga power point untuk menyampaikan materi. Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat membantu guru dalam membuat media pembelajaran interaktif.

Baca juga:   Peran Guru Menanamkan Sifat Nasionalisme Pada si Kecil

1. Powtoon

Aplikasi ini memiliki manfaat untuk mendesain media pembelajaran seperti presentasi, video animasi, infografis bergerak dan sebagainya. Ini dapat membantu para guru dalam menjelaskan sebuah konsep materi dengan jelas. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur dan template, Anda juga dapat menambahkan karakter, teks efek, animasi, link dan background. Aplikasi ini memungkinkan guru untuk menggerakkan karakter dan teks sesuai kebutuhan hanya dengan memilih efek dan pose yang tersedia.

2. Prezi

Contoh aplikasi lainnya adalah Prezi. Walaupun dinilai memiliki beberapa persamaan dengan aplikasi Microsoft Power Point atau Google Slide ini dapat mendesain presentasi secara online dan offline. Namun Prezi memiliki fitur utama yaitu Zooming User Interface (ZUI) sehingga memungkinkan untuk memperbesar dan memperkecil tampilan media presentasi secara fleksibel dan dinamis. Fitur pelengkap lainnya adalah Prezi Present, Prezi Video dan Prezi Design.

3. Kinemaster

Aplikasi populer ini mampu membuat video pembelajaran secara gratis. Banyak sekali guru-guru yang memanfaatkan aplikasi KInemaster ini untuk membuat video pembelajaran. Terdapat menu gratis dan berbayar dalam aplikasi ini, jika ingin mendapatkan hasil maksimal dan fitur tambahan dalam pembuatan video pembelajaran, Anda dapat melakukan pembelian sehingga akan mendapatkan fitur tambahan seperti karakter kartun, efek video, transisi, hamparan dan berbagai jenis teks audio.

Baca juga:   Cara Menyusun LKPD untuk Meningkatkan Pengetahuan Peserta Didik

4. Canva

Aplikasi terakhir dalam artikel ini adalah Canva yang merupakan salah satu aplikasi pengolahan grafis atau visual yang populer di gunakan. Hal ini terjadi mengingat canva memiliki banyak sekali kegunaan nya diantaranya adalah membuat infografis, rangkuman materi, worksheet, brosur, poster, template presentasi bahkan thumbnail Youtube dapat dikerjakan melalui aplikasi Canva ini.

Aplikasi ini berbasis cloud sehingga pengguna harus terhubung dengan internet saat ingin menggunakanya. Kelebihan aplikasi Canva adalah sudah tersedia template berdasarkan kategori tertentu. Ada tujuh kategori diantaranya media sosial, presentasi, dokumen, personal, pendidikan, marketing, event dan iklan. Pengguna hanya tinggal memilih template yang cocok untuk digunakan mendesain media pembelajaran. Ditambah lagi aplikasi ini mudah diakses dengan menggunakan Handphoen atau komputer.

Manakah diantara aplikasi diatas yang sudah pernah Anda coba untuk membuat media pembelajaran? Apakah anda memiliki kesulitan untuk membuat media pembelajaran interaktif  berbasis digital ini? Kami memiliki solusinya, daftarkan diri anda dalam pelatihan mengembangkan Dimensi Kreatif dan Gotong Royong pada Peserta Didik Melalui Presentasi Interaktif dengan Canva #1. Anda dapat langsung klik link dibawah ini untuk mendaftar.

<<DAFTAR PELATIHAN DISINI>>

(muf/rtq)

Share :

Baca Juga

Strategi Guru

Metode Pembelajaran

4 Cara Menciptakan Kelas yang Kondusif

Guru Honorer

Pentingnya Pembelajaran Social Emotional Learning (SEL) bagi Anak

Metode Pembelajaran

Cara Meningkatkan Kecerdasan Intelektual Peserta Didik
Ilustrasi model pembelajaran inovatif

Metode Pembelajaran

Metode Evaluasi Projek dalam  Kurikulum Merdeka
peran apresiasi guru terhadap antusias belajar

Kenaikan Pangkat

Peran Apresiasi Guru Terhadap Antusias Belajar Peserta Didik

Media Pembelajaran

5 Hal Penting dalam Membuat Presentasi yang Menarik
program besar

Kesiswaan

5 Soft Skill yang Perlu GuruTingkatkan

Media Pembelajaran

Mengenal Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka