Home / Media Pembelajaran

Senin, 21 Maret 2022 - 04:28 WIB

Bikin Video Pembelajaran Ala Youtuber Dengan Aplikasi Edpuzzle

Video Pembelajaran Dengan Aplikasi EdpuzzleEdpuzzle merupakan salah satu platform pembelajaran inovatif yang akan membantu guru untuk menyediakan materi kepada siswa tanpa harus datang di kelas. Bagi Anda yang ingin menggunakan platform ini, simak penjelasan mengenai panduan lengkap aplikasi Edpuzzle berikut ini.

Pengertian Aplikasi Edpuzzle

Platform Edpuzzle merupakan situs website yang bisa digunakan guru untuk membagikan video pembelajaran. Edpuzzle juga hadir dalam bentuk aplikasi yang bisa diunduh siswa melalui ponsel agar aktivitas menonton video semakin menyenangkan.

Kehadiran Edpuzzle cukup membantu pembelajaran saat ini yang berbasis jarak jauh tanpa ada tatap muka di kelas. Edpuzzle membantu guru untuk membagikan materi dengan mudah, sehingga siswa tetap mendapatkan pembelajaran yang baik.

Edpuzzle memungkinkan guru untuk memberikan tambahan materi yang bisa disimak dengan baik karena semuanya terpantau. Selain itu, pembelajaran melalui video merupakan salah satu cara menarik agar siswa tidak merasa bosan ketika harus belajar sendiri di rumah.

Keunggulan Aplikasi Edpuzzle

Hal berikutnya yang perlu diketahui dari panduan lengkap aplikasi Edpuzzle adalah keunggulannya. Aplikasi ini membantu memberikan siswa materi tambahan, sehingga tidak tertinggal untuk menambah pengetahuan akademiknya.

Selain itu, Edpuzzle juga bisa berguna untuk mengembagkan keterampilan siswa karena harus belajar mandiri. Edpuzzle menjadi salah satu pilihan sarana dan prasarana pendukung terbaik untuk mengikuti pembelajaran daring sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini.

Pelaksanaan pembelajaran melalui Edpuzzle juga dinilai lebih efektif karena guru bisa memantau siswa secara berkala. Edpuzzle juga menuntut guru untuk kreatif, sehingga pembelajaran tidak terasa monoton dan tujuan pendidikan bisa tercapai.

Aplikasi ini bisa diakses melalui ponsel dimana perangkat tersebut sudah banyak dimiliki siswa maupun orang tuanya. Siswa tidak membutuhkan perangkat tambahan lain untuk belajar dari rumah karena sukup mengakses ponsel untuk menonton video yang diberikan oleh guru.

Fitur Aplikasi Edpuzzle

Jika dilihat dari fungsinya untuk guru Edpuzzle memiliki banyak sekali fitur unggulan yang bisa dimanfaatkan. Fitur pertama yang akan ditemukan oleh guru dari aplikasi ini adalah kemudahan untuk membuat video dan mengeditnya.

Edpuzzle memungkinkan guru untuk mengunggah video yang dibuatnya sendiri agar siswa bisa melihatnya sesuai dengan materi pembelajaran saat ini. Apabila guru tidak sempat membuat video sendiri juga bisa mengunggahnya dari platform lain, seperti Youtube misalnya.

Baca juga:   Memanfaatkan CapCut untuk membuat video pembelajaran

Aplikasi ini cocok dimanfaatkan karena tidak hanya berguna untuk membagikan materi saja, tetapi juga memantau perkembangan siswa. Guru bisa melihat berapa banyak siswa yang sudah mengakses video tersebut secara berkala.

Selain itu, guru juga bisa menetapkan batas waktu untuk memutar video tersebut agar siswa bisa menontonnya sesuai jadwal. Guru juga bisa mengaktifkan fitur tanpa skip yang membuat siswa harus menyimak video hingga selesai tanpa bisa melompatinya.

Fitur tersebut merupakan salah satu solusi terbaik untuk pembelajaran jarak jauh agar siswa mau menyimak materi sepenuhnya. Hal ini karena seringnya dijumpai permasalahan siswa tidak menyimak materi dalam bentuk video dengan baik, sehingga Edpuzzle hadir sebagai solusi.

Aplikasi tersebut juga membantu siswa untuk memanfaatkan ponselnya dengan bijak karena keperluan pembelajar. Guru juga bisa menambahkan perintah di dalam video tersebut, seperti membuat rangkuman atau menjawab pertanyaan misalnya.

Cara Instal Aplikasi Edpuzzle

Panduan lengkap Aplikasi Edpuzzle berikutnya yang perlu dipahami adalah bagaimana untuk menginstal aplikasi tersebut. Simak ulasan lengkap berikut ini mengenai cara menginstal, mengintegrasikan Edpuzzle dengan Google Classroom, hingga menginstal aplikasinya.

Cara Mendaftar Edpuzzle

Langkah awal yang harus dilakukan oleh guru adalah membuka web browser yang ada di PC atau laptopnya terlebih dahulu. Selanjutnya, buka situs Edpuzzle.com dan klik pada pilihan men get started yang ada di halaman utamanya.

Berikutnya, ketuk pilihan i’m teacher untuk masuk sebagai guru dan klik pada opsi sign it with Google.

Berikutnya, guru akan diminta untuk mengisi alamat email yang sudah terdaftar di akun Belajar Id.  Lalu, lengkapi biodata dan password untuk mengamankan akun yang diminta oleh Edpuzzle.

Setelah itu, ketuk pada opsi add my school or organization, lalu isikan identitas sekolah. Berikutnya, pilihlah kelas dan tingkatan mata pelajaran yang Anda ampu. Pilih menu start teaching dan melakukan verifikasi email untuk menyelesaikan proses pendaftaran.

 

Cara Mengintegrasikan Edpuzzle dengan Google Classroom

Hal selanjutnya yang harus dilakukan oleh guru adalah mengintegrasikan Edpuzzle dengan Google Classroom. Langkah awalnya adalah memilih menu My Class yang ada di pojok kanan atas dan ketuk pada opsi Google Classroom.

Selanjutnya, apabila ada konfirmasi do you have parental consent bisa langsung memilih opsi no. Lalu, pilih akun Google Classroom yang diinginkan lalu ketuk izinkan. Berikutnya, pilih kelas yang akan diinput di Edpuzzle dan lakukan konfirmasi dengan mengetuk opsi import class.

Baca juga:   Sangat Mudah! Berikut Rekomendasi Media Pembelajaran Matematika

Apabila kelas sudah terintegrasi, maka Anda sudah bisa membagikannya kepada siswa dengan memberikan class code. Selanjutnya, giliran siswa untuk mengunduh aplikasi Edpuzzle atau memilih mengaksesnya dari website saja.

Cara Menginstal Edpuzzle

Siswa memiliki dua opsi untuk mengakses Edpuzzle, yaitu dengan mengunduh aplikasi terlebih dahulu atau melalui website resminya. Aplikasi Edpuzzle bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store bagi pengguna android.

Sementara jika tidak ingin mengakses Edpuzzle melalui aplikasi, Anda bisa membukanya lewat website resmi platform tersebut. Caranya hampir sama ketika login sebagai guru, namun kali ini siswa harus klik pada opsi i’m student.

Siswa bisa login ke aplikasi atau website Edpuzzle setelah mendapatkan class code dari guru. Selain itu, siapkan juga alamat email untuk berjaga apabila kesulitan login. Setelah itu, siswa bisa melihat apa saja materi dan tugas yang diberikan oleh guru.

Cara Penggunaan Edpuzzle

Penggunaan Edpuzzle bagi siswa dan guru terbilang mudah karena platform ini memiliki user interface yang sederhana. Guru bisa membagikan video dan memberitahukan pada siswa untuk segera menontonnya sesuai dengan jadwal.

Guru

Guru bisa mulai menggunakan aplikasi ini dengan cara menyiapkan RPP terkait materi yang akan diberikan melalui fitur sumber belajar. Selanjutnya, guru bisa login ke akun Belajar Id untuk mengunduh materinya akan akan diunggah di Edpuzzle.

Selanjutnya, guru bisa langsung mengelola video di Edpuzzle agar berubah menjadi materi yang interaktif. Terakhir, guru menyiapkan jadwal untuk bertemu dengan siswa guna memberikan tambahan penjelasan maupun menjawab pertanyaan lain seputar materi.

Siswa

Sementara tugas siswa adalah membuka akun Edpuzzlenya masing-masing dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara individu maupun berkelompok. Pertanyaan Tersebut bisa dibagikan melalui WhatsApp group.

Lalu, siswa menyimak video yang ada di akun Edpuzzlenya masing-masing dan menjawab pertanyaan yang ada. Terakhir, siswa mendengarkan review guru yang akan diberikan saat pelajaran, mak secara daring maupun tata muka.

Panduan lengkap Aplikasi Edpuzzle cukup mudah diikuti oleh siswa dan guru yang ingin menggunakan platform ini. Edpuzzle merupakan salah satu pilihan terbaik untuk pembelajaran jarak jauh karena fiturnya sangat lengkap.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya, bisa lihat video berikut ini

Share :

Baca Juga

Kenaikan Pangkat

Pentingnya Inovasi Digital Untuk Pengembangan Pendidikan

Media Pembelajaran

Presentasi Interaktif dan Lebih Menarik dengan Canva for Education

Media Pembelajaran

Belajar Menyenangkan dengan Aplikasi Edpuzzle

Media Pembelajaran

Memanfaatkan CapCut untuk membuat video pembelajaran

Media Pembelajaran

Cara Membuat Virtual Assistant untuk Pembelajaran Digital yang Menyenangkan

Admin Sekolah

Pakai Excel, Guru Lebih Mudah Kelola Administrasi

Media Pembelajaran

Sangat Mudah ! Berikut Cara Mendaftar Canva for Education

Karya Inovatif

Memanfaatkan Google Workspace for Education dalam Pembelajaran kekinian
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.