Home / Media Pembelajaran

Selasa, 23 Januari 2024 - 09:59 WIB

Cara Menggunakan Google Classroom untuk Kelas Online

Google Classroom merupakan salah satu media pembelajaran yang cukup banyak digunakan oleh para guru. Hal ini karena selain mudah digunakan, aplikasi satu ini juga bisa diakses secara gratis oleh siapapun, baik dari pihak guru ataupun pihak siswa.

Secara sederhana, Google Classroom bisa kita artikan sebagai platform pendidikan yang akan membantu dalam mengelola banyak kegiatan pembelajaran selama di dalam kelas secara online. Mulai dari memberikan materi kepada anak-anak, memberikan tugas, wadah untuk melakukan diskusi, dan lain sebagainya.

Dan yang paling menarik adalah, aplikasi ini akan memudahkan dalam melakukan proses pembelajaran baik secara online maupun offline. Bahkan, aplikasi ini juga bisa disinkronkan ke berbagai layanan Google yang lainnya, seperti Google Form, Gmail, Google Drive, dan lainnya.

Cara Menggunakan Google Classroom

Untuk masuk ke aplikasi ini, anda bisa membuka halaman pembuatan akun Google, kemudian masukkan nama depan dan juga nama belakang Anda.

Silakan, buat username untuk alamat Gmail. Berikutnya, buat sandi untuk melakukan konfirmasi, Apabila sudah, klik berikutnya.

Baca juga:   5 Faktor Internal yang Menjadi Hambatan Peserta Didik dalam Belajar

Anda juga dapat tambahkan dan juga verifikasi nomor ponsel jika perlu. Terakhir tinggal klik next.

Jika akun Google sudah berhasil dibuat, maka Anda bisa langsung masuk ke Google Classroom. Caranya adalah dengan masuk ke alamat situs Google Classroom melalui link berikut ini: https://classroom.google.com/

Masukkan email yang sudah Anda buat, klik next, masukkan username dan juga sandinya.  Kemudian klik next.

Apabila terdapat notifikasi pesan “selamat datang” maka Anda dapat mengklik next saat menggunakan Google Suite for Education, pilih “I’m a Teacher”, terakhir tinggal klik “Start”.

Yang kemudian harus Anda lakukan adalah membuat kelas. Caranya adalah dengan masuk ke Google Classroom. Di bagian atas terdapat menu “Classes Page”. Anda bisa mengklik ikon “add plus”, kemudian “Create Class”.

Jika sudah berhasil, lanjutkan dengan memasukkan nama kelas yang akan Anda buat. Isi deskripsi singkat jika diperlukan, mulai dari tingkat kelas, jadwal kelas, dan lain sebagainya.

Baca juga:   Cara Menerapkan Pembelajaran dengan Konsep Learning Disability

Bahkan jika diperlukan, tambahkan juga mata pelajaran, kelas pada bagian kolom subject. Sementara kolom room bisa Anda isi dengan memasukkan lokasi kelasnya.

Terakhir tinggal klik “Create”. Dengan demikian Anda sudah bisa mulai menggunakan aplikasi ini sebagai media pembelajaran yang paling mudah.

Aplikasi satu ini memungkinkan Anda untuk mengundang para murid yang akan masuk ke dalam kelas. Caranya juga sangat mudah hanya dengan membagikan link kelas. Pesarta yang masuk juga cukup menggunakan akun Google yang perlu dibuat.

Bagi Anda yang selama ini hanya mengandalkan WhatsApp sebagai alat koordinasi kelas online, maka tidak ada salahnya untuk mulai menggunakan aplikasi Google Classroom ini. Untuk mendapatkan pengalaman mengajar yang berbeda.

Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(ant/shd)

Share :

Baca Juga

Media Pembelajaran

Cara Mudah Membuat Teka Teki Silang Untuk Pembelajaran dengan EclipseCrossword

Media Pembelajaran

Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis

Media Pembelajaran

Sangat Mudah ! Berikut Cara Mendaftar Canva for Education

Media Pembelajaran

Cara Menyusun Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa

Media Pembelajaran

3 Aplikasi Menarik sebagai Media Pembelajaran Era Digital

Karya Inovatif

Microsoft Powerpoint, Jalan Ninja Para Guru

Media Pembelajaran

Prinsip Penyusunan Silabus untuk Pembelajaran

Media Pembelajaran

Cara Membuat Virtual Assistant untuk Pembelajaran Digital yang Menyenangkan