Home / Kurikulum / Media Pembelajaran

Selasa, 2 Agustus 2022 - 23:55 WIB

Kurikulum Merdeka Belajar dan Keunggulannya dalam Media Pembelajaran

Kurikulum Merdeka – Akhir-akhir ini, Kurikulum Merdeka banyak terdengar di kalangan pendidik dan siswa. Kurikulum Merdeka diharapkan akan menggantikan Kurikulum 13. Kurikulum Merdeka merupakan rangkaian dari kebijakan merdeka belajar di satuan pendidikan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek).

Rencananya, menurut Kemendikburistek Kurikulum Merdeka ini akan digunakan sebagai opsi tambahan di tahun 2022-2024. Lalu, apa perbedaan dan keunggulan Kurikulum Merdeka hingga diharapkan akan menggantikan Kurikulum 13?

Berikut beberapa keunggulan dari Kurikulum Merdeka bagi peserta didik:

1. Merdeka yang Sesungguhnya


Kata merdeka yang digunakan dalam Kurikulum Merdeka bukan hanya sebagai tagline, tetapi diharapkan juga menumbuhkan merdeka dalam belajar. Di Kurikulum 13, siswa SMA diwajibkan untuk memilih peminatan. Namun, di Kurikulum Merdeka ini, siswa SMA dibebaskan dari pemilihan peminatan. Peserta didik SMA dapat memilih mata pelajaran sesuai minat, bakat, dan aspirasinya. Bagi guru, diharapkan untuk mengajar sesuai dengan capaian peserta didik.

2. Pembelajaran yang Relevan dan Interaktif
Kurikulum Merdeka disyaratkan dengan pembelajaran kegiatan proyek. Kegiatan proyek inilah yang akan membantu peserta didik dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran yang interaktif dan relevan. Kegiatan proyek ini juga membantu peserta didik dalam berpikir kritis, karena peserta didik dituntut untuk terus mengeksplorasi isu-isu yang berkembang di sekitar mereka. Dengan pembelajaran yang relevan dan interaktif tersebut dapat mengembang karakter dalam diri peserta didik.

3. Pembelajaran yang Lebih Mendalam
Pembelajaran di dalam Kurikulum Merdeka ditekankan pada pelajaran yang esensial dan penting. Hal ini berguna agar peserta didik dapat lebih berfokus pada pelaran yang penting. Pembelajaran yang mendalam ini juga berguna agar peserta didik tidak terburu-buru dalam belajar dan dapat memahami pelajaran dengan lebih baik.

Dengan mengetahui keunggulan dari Kurikulum Merdeka, pihak satuan pendidikan dapat dengan mudah menyusun rencana yang digunakan dalam pembelajaran. Pihak peserta didik juga dapat beradaptasi baik dengan Kurikulum Merdeka karena banyak keunggulan di balik Kurikulum Merdeka tersebut. Di balik keunggulan tersebut dapat membuat perserta didik menjadi lebih berkembang ke depannya.

Sebagai tenaga pengajar, juga dituntut untuk selalu berwawasan dalam media pembelajaran. Karena media pembelajaran terus berkembang sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Daftarkan diri Anda dalam Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Powerpoint , pada link berikut ini LINK DAFTAR

Baca juga:   Rekomendasi Media untuk Membantu Meningkatkan Literasi Siswa


(aia/rtq)

Share :

Baca Juga

Mulai Juli 2022, Pancasila Menjadi Mapel Wajib di Sekolah

Kurikulum

Mulai Juli 2022, Pancasila Menjadi Mapel Wajib di Sekolah

Media Pembelajaran

Prinsip Penyusunan Silabus untuk Pembelajaran

Kurikulum

3 Jenis Modul Ajar Yang Wajib Dibuat Oleh Guru Dalam Kurikulum Merdeka 2022

Media Pembelajaran

Strategi Pengembangan e-Learning untuk Wujudkan Digitalisasi Pendidikan
Model Pembelajaran Inkuiri

Guru Honorer

Khusus guru, ubah akun menjadi Canva pro dengan tanpa biaya

Media Pembelajaran

Cara Menginstal iSpring QuizMaker untuk Membuat Soal Otomatis
program literasi sekolah

Kesiswaan

Kemdikbudristek dan Twitter Mengembangkan Program Literasi Media Sosial Bagi Pelajar SMP

Media Pembelajaran

Cara Membuat Presentasi di Canva, Guru Wajib Tau!
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.