Home / Media Pembelajaran

Jumat, 11 Maret 2022 - 19:33 WIB

Belajar Sambil Bermain dengan Eclipse Crossword

Belajar Sambil Bermain dengan Eclipse Crossword – Masa pandemi yang telah berlangsung lama, memaksa kita beradaptasi dengan perubahan di segala bidang. Contohnya revolusi industri 4.0 atau sistem pendidikan berbasis digital.

Sistem pendidikan berbasis digital ini banyak menerapkan metode pembelajaran daring daripada luring (offline). Karena dianggap metode pembelajaran ini minim akan resiko dan lebih efektif. Di sisi lain, pihak pengajar dituntut untuk lebih kreatif dalam mengajar.

Saat ini, guru dituntut untuk lebih kreatif dalam mengajar. Menggunakan berbagai macam media agar murid-murid dapat memahami isi materi pelajaran yang disampaikan. Contoh media pembelajaran yang sering digunakan adalah video.

Selain video, seorang guru juga bisa menggunakan metode pembelajaran dalam bentuk permainan. Permainan yang banyak mengasah otak adalah teka teki silang. Sekarang ini kita sudah tidak perlu repot-repot lagi membuat teka-teki silang secara manual. Karena banyak sekali aplikasi permainan teka-teki silang yang dapat diakses dari gadget yang ada. Salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan adalah Eclipse Crossword.

Eclipse Crossword, metode pembelajaran interaktif

Eclipse crossword adalah aplikasi untuk membentuk permainan teka-teki silang. Eclipse crossword dapat diunduh di situs website dari permainan ini sendiri (https://www.eclipsecrossword.com/) atau melalui play store maupun app store.

Baca juga:   Membuat CBT Lebih Mudah dari pada Google Form, Guru wajib Coba Moodle

Eclipse Crossword sendiri merupakan media belajar yang efektif dan dan dianggap cukup interaktif pada pengaplikasian metode belajar online atau daring. Selayaknya sebuah metode, pembelajaran dengan menggunakan eclipse crossword tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dan kekurangan dari permainan ini adalah :

Kelebihan dari penggunaan eclipse crossword dalam pembelajaran

  • Karena dasarnya adalah permainan, siswa akan dapat menerapkan istilah “learning by doing” dengan cepat. Biasanya murid-murid akan mudah menyerap materi jika menggunakan media permainan
  • Penggunaan eclipe crossword termasuk dalam kategori easy to use. Karena seorang guru tidak perlu menjadi ahli IT untuk memuat teka-teki silang versi digital ini.
  • Keistimewaan dari TTS ini,  dapat diekspor dalam bentuk file cetak (microsoft word) atau dalam bentuk digital yang bisa dijalankan pada komputer.
  • Aplikasi Eclipse Crossword ini tidak akan memakan ruang penyimpanan atau memori perangkat Anda, karena ukuran filenya relatif kecil sehingga aplikasi ini cukup ringan dan proses pengunduhan juga tidak memakan waktu yang lama.

Kekurangan dari penggunaan eclipse crossword dalam pembelajaran

  • Tantangan yang akan dihadapi dalam menyusun sebuah TTS adalah membuat format kotak-kotak jawaban yang memiliki hubungan secara vertikal (menurun) maupun horizontal (mendatar). Sehingga, sangat diperlukan kecermatan dan ketelitian dari pembuatnya.  Agar kotak jawaban saling terhubung satu sama lainnya dan memiliki ketepatan sesuai dengan soal (clue) yang diberikan.
  • Kelemahan dari sistem permainan ini adalah, akan terjadi ketimpangan ketika seseorang siswa paham betul dengan materi yang diujikan. Sehingga siswa tersebut dapat memonopoli permainan
  • Poin kekurangan lain dari sistem belajar dengan teka-teki silang ini adalah tidak semua pengajar mengenal cara membuat teka-teki silang secara digital ini.
Baca juga:   Cara Menyusun LKPD untuk Meningkatkan Pengetahuan Peserta Didik

Eclipse Crossword memang diciptakan untuk memberikan kemudahan bagi Anda dalam menciptakan permainan-permainan yang banyak mengandung materi-materi pelajaran atau pengetahuan umum.  Penggunaan Eclipse Crossword ini memang sangat mengasyikkan, dan  berguna untuk mengingat kosakata, serta bermanfaat untuk menambah pengetahuan.  Sehingga, Aplikasi TTS ini sangat cocok digunakan sebagai media dalam pembelajaran di kelas sehingga kegiatan guru menjadi lebih bervariasi.

Silahkan Bergabung dan Belajar Bersama Diklat 64 JPPenyusunan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan (KOSP), Modul Ajar dan Modul Project“.Klik LINK INI untuk mendaftar jadi peserta.

Share :

Baca Juga

Media Pembelajaran

Definisi, Prinsip, Fungsi dan Cara Memilih Bahan Ajar
Tips menjadi kepala sekolah yang baik

Media Pembelajaran

Guru yang Tetap Memilih Pembelajaran Secara Tatap Muka

Kurikulum

Kurikulum Merdeka Belajar dan Keunggulannya dalam Media Pembelajaran

Media Pembelajaran

Membuat Presensi Otomatis dengan Google Form dan Spreadsheet

Media Pembelajaran

Ragam Aplikasi Game Based Learning Supaya Pelajar Tak MembosanLagi

Media Pembelajaran

Rekomendasi Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Android Terbaik

Media Pembelajaran

Cara Mudah Membuat Video Pembelajaran Via HP

Guru Honorer

Inilah 5 Manfaat Belajar Matematika Sejak Dini Bagi Anak