Home / Media Pembelajaran / Metode Pembelajaran

Selasa, 16 Agustus 2022 - 09:41 WIB

Sangat Mudah ! Berikut Cara Mendaftar Canva for Education

Canva merupakan sebuah platform gratis berbasis web yang bisa digunakan untuk membuat desain dengan mudah dan cepat. Melalui Canva siapapun bisa membuat dalam hitungan menit. Tidak perlu memiliki keterampilan khusus, pengguna Canva bisa langsung membuat berbagai macam desain untuk poster, logo, banner, dan lainnya.

Sekilas platform Canva memang tidak berbeda dengan platform-platform lain yang membantu kemudahan membuat desain. Akan tetapi Canva memiliki nilai lebih mulai dari jumlah template yang ditawarkan mencapai 400 ribu lebih, memiliki 3000 pilihan font yang berbeda, stok foto dan video yang bisa dipakai mencapai 75 juta hingga kemudahan guru untuk mempublikasikan tugas siswa melalui platform tersebut.

Menariknya lagi Canva bahkan menawarkan kemudahan bagi para guru dengan meluncurkan Canva for Education. Dengan fitur ini semua guru bisa memakai Canva untuk keperluan mengajar secara gratis. Bahkan kelebihan yang bisa didapatkan bahkan disebut dengan Freemium yang artinya guru bisa menggunakan secara gratis namun tetap dapat menikmati fitur-fitur premium.

Cara Mendaftar Canva for Education

Mendaftar diri ke fitur Canva for Education sangatlah mudah terlebih jika pengajar sudah memiliki akun belajar.id. Akun ini sendiri merupakan program dari Kemendikbud dimana semua guru di semua jenjang pendidikan mulai dari SD hingga SMA diberikan akun belajar.id dimana salah satu keuntungan yang bisa didapatkan adalah adanya kemudahan mendaftarkan diri ke Canva for Education. Berikut cara mendaftar ke platform desain gratis tersebut.

  1. Pertama buka terlebih dahulu alamat web canva yang dikhususkan untuk menunjang sarana pendidikan yaitu https://www.canva.com/id_id/pendidikan/
  2. Setelah masuk ke alamat web tersebut, maka selanjutnya pendaftar harus memohon pengajuan akun dengan memasukkan alamat email beserta akun belajar.id yang sudah dimiliki.
  3. Jika pilihan Pengajuan Akun sudah di klik, maka selanjutnya pendaftar akan mendapatkan form yang harus diisi. Isi semua data di form tersebut dengan lengkap serta siapkan file kualifikasi mengajar yang dimiliki.
  4. Jika form sudah selesai diisi, maka pendaftar tinggal menunggu persetujuan admin canva untuk mengaktifkan akun di Canva for Education agar bisa mendapatkan fotur premium secara gratis.

Cara mendaftar Canva for Education sangat mudah dan cepat bahkan bisa diselesaikan dalam waktu kurang dari 10 menit. Persetejuan pendaftaran akan dikirim melalui email yang sudah didaftarkan sebelumnya. Setelah disetujui guru bisa langsung menggunakan akunnya untuk menikmati semua fitur yang ada secara gratis. Lalu apa saja manfaat yang bisa didapatkan setelah mendaftarkan diri ke Canva for Education?

Baca juga:   Pentingnya Pembelajaran Interaktif dengan Visualisasi yang Menarik

Manfaat Mendaftarkan Diri ke Canva for Education

  1. Kemudahan Membuat Media Belajar

Sebagai seorang pengajar tentunya guru sudah sangat mengerti bagaimana susahnya membuat media belajar seperti video pembelajaran yang bisa dipakai siswa untuk memudahkan memahami materi pelajaran.

Dengan menggunakan Canva for Education, membuat berbagai macam media pembelajaran akan menjadi jauh lebih mudah. Dengan banyaknya template yang disediakan bisa membantu guru menuangkan kreativitas dalam membuat media belajar yang menarik untuk siswa.

  1. Hemat Waktu

Pembuatan media belajar memang seringkali menyita banyak waktu. Itulah kenapa adanya Canva for Education sangat membantu menghemat waktu karena media belajar bisa dibuat dengan mudah menggunakan template yang tinggal diedit. Guru tidak perlu membuat media mulai dari awal. Tidak hanya media belajar, guru juga bisa membuat lembar kerja, poster, presentasi, laporan dan hampir semua kebutuhan untuk mengajar sudah disediakan templatenya oleh Canva.

Tinggal pilih template yang diinginkan kemudian ganti tulisan, warna dan gambar maka media pembelajaran pun sudah jadi. Waktu pembuatan media belajar menjadi lebih efisien.

  1. Memungkinkan Siswa Berkolaborasi

Dengan menggunakan Canva for Education maka guru bisa dengan mudah memberikan tugas kepada siswa melalui akun yang ada. Siswa pun dapat berkolaborasi dalam mengerjakan tugas karena file yang ada bisa dengan mudah dibagi sehingga siswa bisa membuka tugas mereka kapanpun dan dimanapun.

Selain itu guru juga bisa mengatur apakah file tugas hanya bisa dilihat atau bisa diedit oleh siswa disesuaikan dengan jenis tugasnya. Hal ini tentunya membuat waktu pengerjaan tugas lebih efisien sehingga siswa punya waktu lebih untuk belajar.

  1. Akses ke Canva Pro Secara Cuma-Cuma

Manfaat terbesar yang bisa didapatkan oleh guru dengan mendaftarkan diri ke Canva for Education adalah adanya akses ke fitur berbayar Canva yaitu Canva Pro secara gratis sehingga fitur ini pun disebut juga dengan Freemium atau Premium Gratis.

Biasanya pengguna Canva harus membayar per bulan atau tahun untuk bisa tetap menggunakan fitur Canva Pro. Namun sebagai pengajar guru diberikan akses penuh secara gratis setelah mendaftarkan diri ke Canva fo Education. Tentunya hal ini sangatlah menguntungkan karena fitur yang ada di Canva Pro begitu mempermudah dalam membantu pembuatan media pembelajaran.

  1. Pembuatan Kelas Virtual
Baca juga:   Khusus guru, ubah akun menjadi Canva pro dengan tanpa biaya

Dengan menggunakan Canva for Education maka pengajar bisa membuat kelas virtual di saat yang diperlukan. Guru bisa mengundang muridnya ke dalam kelas virtual untuk memberikan tugas, menjelaskan materi atau sekedar menjawab pertanyaan dari siswa. Kelas virtual ini bisa digunakan ketika guru tidak dapat hadir dan mengajar secara langsung sehingga proses pembelajaran tetap terjadi seperti biasa.

  1. Pemberian Masukan Menjadi Lebih Mudah

Selain bisa memberikan tugas secara online, guru juga tetap bisa memberikan komentar dan masukan kepada siswa mengenai tugas yang dikerjakan. Menariknya lagi siswa juga bisa membalas komentar guru dan bertanya mengenai tugas yang sedang dikerjakan jika menemui kesulitan. Jadi komunikasi antara guru dan siswa tetap terjalin meski pembelajaran dilakukan secara online.

  1. Integrasi dengan Google Classroom, Dropbox dan Google Drive

Canva dapat mengubungan penggunanya ke beberapa akses seperti Dropbox, Google Drive dan Google Classrom untuk memudahkan pengambilan dan pembagian file. Dalam dunia pendidikan tentunya hal ini sangat memudahkan para guru karena banyak file yang bisa diakses dan dikirim dengan mudah ke siswa.

Jika guru masih bingung dalam memulai pembuatan desain di Canva, banyak sekali video dan tutorial yang bisa dilihat secara gratis agar guru semakin mahir menggunakan Canva. Terlebih lagi dengan mudahnya cara mendaftar Canva for Education, pengajar mulai langsung bisa mengakses senua fitur premium setelah pendaftaran disetujui.

Dengan menggunakan Canva, guru bisa membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik. Siswa pun bisa belajar tanpa harus berada di situasi yang monoton dan membosankan. Tugas-tugas yang diberikan bisa semakin bervariasi dan siswa juga bisa bereksplorasi dalam membuat desain grafis.

Dengan banyaknya kemudahan yang bisa didapatkan dengan menggunakan Canva for Education, maka sebaiknya setiap guru yang bisa dan mampu mendaftar memanfaatkan fitur-fitur premium gratis yang ditawarkan agar proses mengajar menjadi lebih efektif dan efisien.

Nah, berikut cara mendaftar canva for education dengan mudah yang dapat di Aplikasikan di smartphone maupun laptop, Selamat mencoba ya.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(RAW)

Share :

Baca Juga

Metode Pembelajaran

Penerapan Konsep SOLE dalam Pembelajaran Mandiri

Kesiswaan

Mengenal Istilah dan Tujuan Peta Hidup (Life Mapping)
Guru

Media Pembelajaran

Guru yang Tetap Memilih Pembelajaran Secara Tatap Muka

Media Pembelajaran

Memanfaatkan CapCut untuk membuat video pembelajaran

Metode Pembelajaran

Beginilah Teknik Belajar Efektif di Tengah Kesibukan

Metode Pembelajaran

Tingkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Tiga Strategi Pembelajaran Ini
Menjadi guru milenial dengan facebook

Media Pembelajaran

Menjadi Guru Milenial Dengan Facebook Pembelajaran

Media Pembelajaran

Membuat Presensi Otomatis dengan Google Form dan Spreadsheet
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.