Home / Media Pembelajaran

Sabtu, 15 Januari 2022 - 12:06 WIB

Menjadi Guru Milenial Dengan Facebook Pembelajaran

Menjadi guru milenial dengan facebook dapat dilakukan dengan mudah. Secara sederhana, jejaring sosial dapat dipahami sebagai situs web tempat seseorang dapat berinteraksi dengan orang lain untuk tujuan tertentu.

Dalam berbagai penggunaan jejaring sosial, tujuan yang ingin dicapai pengguna adalah “mengubah” apa pun yang terlintas di benak mereka, dari yang sederhana hingga yang serius.

Seperti penggunaan teknologi pada umumnya, media sosial ibarat pedang bermata dua yang bisa menguntungkan sekaligus merugikan.

Di satu sisi, media sosial sangat ampuh bila digunakan untuk hal yang benar seperti berbagi pengalaman berharga, berbagi ide, berbagi ilmu atau bahkan sekedar berbagi ungkapan motivasi untuk orang lain.

Di sisi lain, media sosial tidak hanya dapat merugikan Anda, tetapi juga dapat merugikan orang lain (Indarti et al., 2015).

Penggunaan Facebook dalam Pembelajaran

Fitur Facebook yang dapat digunakan untuk pembelajaran adalah sebagai berikut.

1. Facebook Notes

Facebook Notes atau catatan dapat digunakan oleh guru untuk menulis deskripsi dari beberapa materi pembelajaran. Catatan atau materi pembelajaran yang sedikit lebih panjang dari status bagus untuk diposting dengan catatan.

Siswa diperbolehkan memberikan komentar atau komentar terhadap isi catatan guru. Notes dilengkapi dengan kemampuan untuk menyisipkan gambar, menulis judul dan sub judul dokumen dan kutipan.

Baca juga:   3 Rekomendasi Aplikasi Membuat Teka-Teki Silang (TTS) Online Terbaik Untuk Media Pembelajaran

2. Facebook Chat

Facebook chat atau chatting memungkinkan guru untuk melakukan komunikasi dua arah secara bersamaan dari lokasi yang berbeda (lain lokasi pada waktu yang sama) baik secara teks, audio maupun video.

Jenis percakapan ini dimungkinkan antara 2 (dua) orang atau lebih. Teknologi komunikasi seperti ini juga dianggap sebagai alat komunikasi sinkron.

Namun, penggunaan obrolan (terutama teks) juga dimungkinkan dalam situasi yang berbeda di mana obrolan dianggap sebagai alat untuk mengirim pesan (messaging).

Obrolan dalam hal ini disebut sebagai alat komunikasi asinkron. Selain untuk berkonsultasi dengan siswa, mereka juga dapat menggunakannya sebagai cara untuk berkolaborasi dengan siswa lain.

3. Facebook Group

Grup Facebook digunakan oleh anggota untuk berkolaborasi dan berdiskusi. Ini merupakan fitur yang memudahkan guru dalam menciptakan lingkungan belajar karena akun yang dimiliki guru dapat langsung digunakan untuk membuat kelompok berdasarkan kebutuhan pembelajaran.

Kelompok yang dibuat guru dapat mengacu pada topik pembelajaran tertentu. Guru dapat menentukan grup privasi yang diinginkan melalui pengaturan grup privasi. Pilihan privasi meliputi 3 (tiga) yaitu: publik (publik), tertutup (closed) atau rahasia (secret).

Baca juga:   Yuk Pahami Dampak Positif dan Dampak Negatif Media Sosial

4. Facebook Share

Share adalah fitur yang sangat penting dari pendidikan jarak jauh. Semua materi pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran dapat dipublikasikan oleh guru dengan menggunakan fitur ini.

Secara umum, semua sumber daya yang tersedia di jejaring sosial dapat dibagikan dengan siswa, baik untuk guru itu sendiri maupun dengan orang lain. Beberapa format materi pembelajaran yang dapat dibagikan di Facebook antara lain: teks, tautan, file, audio, gambar, video, dan animasi.

5. Facebook Quiz

Guru dapat memanfaatkan aplikasi bawaan di Facebook untuk tujuan pembelajaran. Salah satu aplikasi yang cukup seru untuk digunakan adalah Quiz. Dengan menggunakan aplikasi ini, guru dapat memposting soal latihan atau tes secara online.

Kuis mencakup 2 jenis kuis pengetahuan dan kuis kepribadian. Dengan tes pengetahuan, guru dapat membuat soal pilihan ganda. Untuk menemukannya, gunakan fungsi pencarian Facebook.

Share :

Baca Juga

Media Pembelajaran

Presentasi Interaktif dan Lebih Menarik dengan Canva for Education

Media Pembelajaran

Mengenal Media Interaktif dalam Proses Pembelajaran

Media Pembelajaran

Mengenal Jenis Media Pembelajaran

Media Pembelajaran

Cara Mudah Membuat Teka Teki Silang Untuk Pembelajaran dengan EclipseCrossword

Media Pembelajaran

Fitur-Fitur Menarik dari Virtual Asisten untuk Video Pembelajaran Interaktif

Media Pembelajaran

Rekomendasi Aplikasi untuk Membuat Video Pembelajaran di HP

Media Pembelajaran

Media Pembelajaran dan Fungsinya dalam Proses Belajar

Media Pembelajaran

Strategi Pengembangan e-Learning untuk Wujudkan Digitalisasi Pendidikan
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.