Home / Media Pembelajaran

Sabtu, 10 Desember 2022 - 20:04 WIB

3 Aplikasi Menarik sebagai Media Pembelajaran Era Digital

Media pembelajaran di era digital seperti sekarang ini banyak sekali ragamnya. Guru bisa memilih media tersebut untuk menunjang pembelajaran sehingga pembelajaran di kelas akan jadi lebih menarik.  

Di era serba digital sekarang, sebagian besar guru sudah banyak melakukan inovasi mulai dari mengisi dengan ice-breaking bahkan sampai membuat aplikasi digital khusus bagi konten pembelajarannya.

Hal ini tentu saja menjadi kabar gembira bagi para siswa. Semakin banyak aplikasi dan konten pendukung pembelajaran, maka semakin banyak informasi yang siswa dapatkan.

Hanya saja, banyaknya kehadiran konten edukasi juga berbarengan dengan konten perusak edukasi serta tak bermanfaat lainnya.

Maka sebisa mungkin para guru dan tenaga kependidikan bahkan para pengamat ikut terjun dan memberikan kontribusi dalam peningkatan dari aspek visualisasi maupun kualitas aplikasi pembelajaran.

Selain mengajar, guru juga perlu menyelesaikan beberapa dokumen administrasi pendukung pembelajaran. Tentu saja hal tersebut juga akan menguras tenaga dan waktu yang guru miliki. Maka dari itu, ada beberapa aplikasi media pembelajaran digital yang bisa guru gunakan. Beberapa diantaranya yakni :

Baca juga:   Pendidikan Usia Dini dan Memahami Kebijakan BOP PAUD

1.   Menggunakan Baamboozle.com

Aplikasi pertama yang dapat digunakan yakni baamboozle.com. aplikasi ini menawarkan berbagai fitur dan sangat cocok digunakan untuk semua jenjang. Salah satu fitur yang perlu dicoba yakni fitur menebak kata maupun gambar.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan fitur yang bisa digunakan bersama tim. Sebagai contoh, guru dapat membagi kelas menjadi dua tim.

Tentu saja pemenang akan diambil dari regu yang memiliki skor terbanyak. Aplikasi tersebut pasti akan membantu menaikkan mood dari para siswa. Apalagi bila anda mengajar di kelas lelaki yang lebih senang mendapat tantangan.

2.   Menggunakan Miro.com

Aplikasi kedua yang bisa digunakan yakni dengan aplikasi miro.com. Di dalamnya anda dapat menemukan fitur seperti emotion wheel, go fish, monster workshop serta lainnya yang tak kalah menarik. Hebatnya, aplikasi tersebut dapat dimainkan baik secara daring maupun luring.

Tentu kelas akan menjadi seru dan siswa akan lebih antusias. Selain visualnya menarik, para siswa pun juga dapat mencoba aplikasi tersebut selama di rumah bersama dengan orangtua maupun para saudara.

Baca juga:   Berbagai Jenis Metode Pembelajaran Kurikulum Merdeka

3.   Menggunakan Pbskids.org.

Kemudian aplikasi ketiga yakni aplikasi pbskid.org. Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk konten pendukung pembelajaran utamanya di kelas bawah.

Sebagai tambahan belajar Bahasa Inggris, aplikasi tersebut sangat direkomendasikan untuk dimainkan. Para siswa akan lebih mudah untuk lebih mudah belajar terkait dengan pengucapan warna, tempat serta istilah bahasa asing lainnya.

Manfaat Menggunakan Media Pembelajaran Digital

Kendati pembelajaran sudah mulai luring, tentu para guru tetap harus memberikan pengajaran terkait penggunaan konten digital.

Hal ini agar siswa tetap dapat mengintegrasikan kegiatan selama di rumah untuk bisa menggunakan internet dengan bijak. Bayangkan saja, bila siswa tidak diajari penggunaan internet secara bijak, lantas bagaimana pembentukan karakternya?

Nah demikian ulasan berkaitan dengan media pembelajaran di era digital dengan menggunakan aplikasi yang layak untuk dijadikan pilihan. Semoga bermanfaat.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

Share :

Baca Juga

Media Pembelajaran

Fitur-Fitur Menarik dari Virtual Asisten untuk Video Pembelajaran Interaktif

Media Pembelajaran

Ragam Aplikasi Game Based Learning Supaya Pelajar Tak MembosanLagi

Media Pembelajaran

iSpring Quizmaker, Metode Pembelajaran dengan Pendekatan Digital

Media Pembelajaran

Sangat Mudah ! Berikut Cara Mendaftar Canva for Education
Ilustrasi model pembelajaran inovatif

Media Pembelajaran

Tutorial Mengisi Contoh Isian Mempelajari Fokus Perilaku Observasi Di PMM

Media Pembelajaran

Cara Menyusun LKPD untuk Meningkatkan Pengetahuan Peserta Didik
video pembelajaran

Media Pembelajaran

Membuat Konten Video Pembelajaran Menarik dengan Capcut

Media Pembelajaran

Cara Menginstal iSpring QuizMaker untuk Membuat Soal Otomatis