Home / Kesiswaan / Media Pembelajaran

Selasa, 13 September 2022 - 11:56 WIB

4 Aplikasi Bacaan di Android untuk Meningkatkan Literasi pada Anak

Christmas Eve. Mother and her son by the Christmas tree

Christmas Eve. Mother and her son by the Christmas tree

Aplikasi Literasi – Pada zaman sekarang gadget menjadi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari, dari orang dewasa hingga anak-anak. Namun, anak-anak biasanya hanya memakai gadget untuk bermain game saja. Padahal banyak aplikasi di android yang bisa dimanfaatkan anak untuk belajar, salah satunya literasi. Banyak sekali aplikasi bacaan di android yang bisa meningkatkan literasi pada anak.

Daripada anak hanya memakai gadget hanya untuk bermain game, lebih baik orang tua mengunduhkan aplikasi-aplikasi bacaan yang bisa menanamkan jiwa literasi sejak dini. Aplikasi ini dapat membantu anak agar pandai membaca secara langsung melalui gadgetnya. Tentu saja tetap dalam pengawasan dan arahan dari orang tua.

Oleh sebab itu, inilah aplikasi-aplikasi android yang menyediakan berbagai bacaan yang dapat membantu menanamkan hobi membaca sejak dini. Selain itu, aplikasiaplikasi  literasi ini juga sudah tersedia di Google Playstore, berikut ulasannya.

  1. Belajar Membaca Lancar

Aplikasi ini membantu anak-anak untuk belajar membaca dengan mudah, yaitu dengan huruf-huruf alfabeta dari A sampai Z. Anak-anak juga bisa belajar membaca dan belaajar kata-kata dasar dengan menyenangkan. Tentu saja, aplikasi ini sangat cocok untuk anak yang baru mulai untuk belajar membaca.

Pada dasarnya ini merupakan aplikasi membaca dengan konsep game. Materi dalam game tersebut berisi tentang membaca satu suku kata, 2 suku kata, 3 suku kata, serta huruf konsonan dan vokal.

Baca juga:   Microsoft Powerpoint, Jalan Ninja Para Guru

         

  1. Cerita Anak Nusantara

Aplikasi literasi  ini berisi kumpulan kisah-kisah cerita anak, dongeng anak, dan cerita Nusantara dari berbagai daerah. Selain itu, dibalik semua cerita yang tersaji pasti ada pesan moral yang menjadi pelajaran bagi anak.

Karena memiliki judul Cerita Anak Nusantara, otomatis anak akan mengetahui kisah-kisah dari berbagai daerah di Indonesia. Hal tersebut menjadikan wawasan anak menjadi luas dan mengetahui bagaimana suatu daerah atau tradisi berkembang di Indonesia. Tak hanya itu, dalam aplikasi ini juga terdapat suara atau narasi dari masing-masing bacaan. Serta gambar sebagai penunjang visualisasi bagi anak.

          

  1. KICA : Dongeng Kisah Anak Interaktif

Kisah Cerita Anak atau memiliki singkatan KICA, berisi tentang kisah menarik dan imajinatif seputar kehidupan sehari-hari. Ada juga legenda, dongeng, dan beragam cerita menarik lainnya.

Gambar pada cerita juga lucu, interaktif dan segar, sehingga menarik untuk anak-anak. Kualitas gambarnya pun dengan animasi yang tinggi, yang menjadikan gambar lebih hidup dan eyecatching. Pada setiap gambar juga ada animasi yang lucu.

Selain itu, dari setiap cerita yang ada pun terdapat pesan yang baik dan bisa menjadikan anak-anak memiliki sikap yang positif. Tentu saja, anak akan lebih betah untuk berlama-lama membaca.

Baca juga:   Pembelajaran Kooperatif : Strategi, Tujuan dan Prinsip

     

  1. Riri – Cerita Anak Interaktif

Selanjutnya, ada RIRI yaitu aplikasi baca yang berkisah tentang dongeng dan cerita isnpiratif yang menarik. RIRI sangat cocok untuk anak-anak karena banyak sekali koleksi cerita yang tersedia.

RIRI juga dilengkapi dengan animasi yang menarik dan interaktif, sehingga anak akan lebih terhibur dan tidak bosan saat membaca. Selain itu, pada aplikasi ini juga terdapat narasi dan suara, yang memudahkan anak memahami kata-kata atau kalimat.

          

Nah, itu tadi beberapa aplikasi bacaan di android yang bisa menjadikan anak memiliki hobi membaca, dan bisa menanamkan kemampuan literasi yang baik pada anak. Karena, budaya literasi sangat penting di zaman yang penuh dengan berbagai masalah ini, erat kaitannya dengan berita-berita tidak benar atau hoax. Sehingga kemampuan literasi menjadi satu hal penting yang harus dimiliki oleh anak.

Anda ingin mempelajari pembelajaran literasi dan numerasi? Jangan Khawatir e-Guru.id menyelenggarakan Pelatihan 32 JP Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Segera daftarkan diri Anda pada Pelatihan 32 JP Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

(nna/rtq)

Share :

Baca Juga

Media Pembelajaran

Rekomendasi Aplikasi untuk Membuat Video Pembelajaran di HP

Media Pembelajaran

Membuat Presensi Otomatis dengan Google Form dan Spreadsheet

Kesiswaan

5 Cara Mendisplinkan Siswa di Era Kurikulum Merdeka
Model Pembelajaran Make a Match untuk Efektifitas Pembelajaran

Kesiswaan

Mengenal Lebih Dalam Sosial Emosional Learning
7 Gaya Belajar Siswa yang Wajib Guru Ketahui

Kesiswaan

Tri Pusat Pendidikan : Sinergi Menyukseskan Pendidikan

Kesiswaan

Siswa Perlu Bersiap, Pendaftaran Sekolah Kedinasan Dibuka Bulan April

Kesiswaan

Waspada! Kenali Gejala Kecanduan Gadget Pada Anak

Media Pembelajaran

Presentasi Interaktif dan Lebih Menarik dengan Canva for Education
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.