Home / Kesiswaan

Rabu, 9 Maret 2022 - 13:22 WIB

Kriteria Siswa Eligible dan Ketentuan Terbaru SNMPTN 2022

Kriteria siswa eligible perlu Anda ketahui untuk dapat lulus dari tes Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN. Tes SNMPTN di tahun 2022 ini sudah resmi dibuka sejak 10 Januari 2022 dan akan berakhir di tanggal 15 Februari 2022.

Tes SNMPTN 2022 dapat diikuti oleh seluruh sekolah di Indonesi, dengan catatan bahwa sekolah tersebut sudah terdaftar pada Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Tes SNMPTN sudah rutin dilaksanakan beberapa tahun yang lalu. Namun untuk tahun ini ada perbedaan pada pelaksanaan SNMPTN. Salah satunya adalah pada syarat SNMPTN 2022 yang menuntut para siswa untuk eligible. Apa yang dimaksud dengan siswa eligible tersebut? Apa saja kriteria agar tergolong siswa eligible? Untuk mengetahuinya, silakan simak artikel ini dengan seksama.

Siswa Eligible SNMPTN 2022?

Eligible adalah kata dalam Bahasa Inggris yang tergolong sebagai kata sifat. Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, eligible memiliki makna ‘memenuhi syarat.’ Menurut Cambridge Dictionary ‘eligible’ berarti memiliki kualitas yang dibutuhkan atau memenuhi kondisi/syarat yang diperlukan. Dalam konteks syarat SNMPTN, siswa eligible adalah siswa yang memenuhi syarat dan layak untuk dipilih mengikuti pendaftaran SNMPTN 2022.

Apakah seorang siswa eligible atau tidak, kriteria tersebut secara umum sudah diatur dalam ketentuan SNMPTN. Kriteria siswa eligible dari LTMPT kemudian masih diseleksi lagi oleh sekolah sehingga didapatkan sejumlah calon peserta pendaftaran SNMPTN 2022.

Kriteria siswa eligible ditentukan oleh akreditasi sekolah sebagai berikut:

·       Sekolah dengan akreditasi A dapat mengajukan 40% siswa terbaiknya.

·       Sekolah dengan akreditasi B dapat mengajukan 25% siswa terbaiknya.

·       Sekolah dengan akreditasi C dan lainnya dapat mengajukan 5% siswa terbaiknya.

Untuk menentukan siswa mana yang berhak masuk ke dalam 40%, 25%, atau 5% itu, sekolah akan melakukan tahap penyeleksian terhadap nilai rapor siswa. Guna memenuhi persyaratan daftar kuliah di jalur SNMPTN, ada beberapa mata pelajaran yang diperhitungkan oleh sekolah guna pemeringkatan para siswanya.

  1. Untuk digolongkan sebagai siswa eligible dari kelas IPA dilihat dari nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
  2. Untuk digolongkan sebagai siswa eligible dari kelas IPS dilihat dari nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
  3. Untuk digolongkan sebagai siswa eligible  dari kelas Bahasa dilihat dari nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.
  4. Untuk digolongkan sebagai siswa eligible dari SMK dilihat dari nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian.

Kriteria-kriteria siswa eligible di atas juga harus didukung dengan pemenuhan ketentuan SNMPTN tahun 2022 sebagai berikut:

Baca juga:   Pembelajaran Tatap Muka Inovatif dan Interaktif di Kelas

– mempunyai prestasi unggul di bidang akademik

– memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh PTN yang dituju

– mempunyai nilai rapor semester I – V yang telah dimasukkan pada saat mengisi PDSS.

Bagaimana jika ternyata nilai rapor seorang siswa sama dengan siswa lain, sementara kuota sekolah untuk mengikuti pendaftaran SNMPTN 2022 terbatas? Nah, dalam hal ini sekolah dapat menambahkan kriteria lain. Kriteria siswa eligible yang ditentukan oleh sekolah ini bisa berupa prestasi akademik tambahan yang lain sehingga diperoleh urutan peringkat yang baru. Pada akhirnya, kuota eligible SNMPTN sekolah tetap memenuhi persentase yang telah ditetapkan oleh LTMPT.

Jika melihat pada laman resmi LTMPT, berikut adalah beberapa kriteria siswa eligible SNMPTN 2022 yang perlu kamu ketahui:

  1. Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2022 yang memiliki prestasi unggul.
  2. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN).
  3. Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS
  4. Memiliki nilai rapor semester 1 hingga 5 yang telah diisikan di PDSS

Adapun hal lainnya yang perlu diketahui bahwa peserta SNMPTN 2022 yang memilih program studi di bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolionya.

Jadi, penentu kriteria siswa eligible dimulai dari kuota siswa eligible di sekolah yang mengikuti ketentuan LTMPT. Pada tahap ini sekolah akan menyeleksi dan menentukan siapa saja nama-nama siswanya yang memenuhi persyaratan siswa SNMPTN.

Misalnya, terdapat 11 nama dalam daftar siswa eligible sekolah. Karena kuota LTMPT terbatas pada 10 siswa saja, maka dua siswa dengan nilai rapor yang sama harus diseleksi lagi menggunakan prestasi akademik tambahan yang lain. Atau, barangkali ada siswa yang memenuhi kriteria siswa eligible tetapi memutuskan untuk tidak mengikuti SNMPTN. Maka, “kursi” milik siswa tersebut dapat diisi oleh siswa lain. Nah, pihak sekolah lah yang memiliki otoritas sepenuhnya dalam mengurus segala sesuatunya pada tahap seleksi ini.

Cara Mengecek Siswa Eligible SNMPTN 2022 

Berdasarkan dokumen Panduan Penetapan Siswa Eligible tahun lalu, berikut ini tahapan yang perlu dilakukan untuk melihat sistematika penetapan siswa eligible:

1.     Masuk ke laman https://pdss.ltmpt.ac.id  menggunakan akun yang telah terdaftar di Portal LTMPT.

2.     Cek profil sekolah pada sidebar Profil yang berisikan Informasi mengenai Sekolah dan Kepala Sekolah.

3.     Pada menu Jurusan deskripsikan jenis kelas yang ada pada sekolah Anda. Data jurusan tersebut diambil dari LTMPT, pastikan Anda sudah memilih jenis kelas untuk setiap jurusan yang sudah didefinisikan.

4.     Finalisasi data sekolah dan jurusan anda pada sidebar Finalisasi dengan menyetujui pernyataan yang ada pada tabel yang berjudul “Finalisasi Data Sekolah”.

Baca juga:   Hindari Kebosanan dalam Kelas! Inilah Manfaat Ice Breaking saat Pembelajaran

5.     Tambahkan siswa Eligible pada sidebar Siswa. Anda bisa menambahkan satu-satu siswa per jurusan dengan mengisikan NISN. Data NISN ini didapatkan langsung dari portal LTMPT. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan siswa per jurusan dengan melakukan import data.

6.     Finalisasi data siswa pada sidebar Finalisasi dengan menyetujui pernyataan yang terdapat pada tabel dengan judul “Finalisasi Data Siswa”.

Pemilihan Program Studi pada SNMPTN 2022

Nah, setelah mengetahui apa itu yang dimaksud dengan siswa eligible SNMPTN, Anda juga perlu untuk mengetahui bagaimana teknis pemilihan program studi pada SNMPTN 2022 berikut ini:

1.     Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN

2.     Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun.

3.     Disarankan tidak lintas minat (tergantung ketentuan PTN yang dituju).

4.     Sekolah dapat menambahkan kriteria lain berupa prestasi akademik dalam menentukan peringkat siswa bila ada nilai yang sama.

5.     Selain itu LTMPT juga menekankan bahwa jumlah siswa yang masuk dalam pemeringkatan sesuai dengan ketentuan kuota akreditasi sekolah.

Jadwal Penting SNMPTN 2022

Simak pula jadwal penting SNMPTN 2022 agar dapat menjadi pemetaan waktu bagi siswa eligible yang mendaftar SNMPTN 2022:

  •  Kuota Sekolah

Pengumuman kuota sekolah: 28 Desember 2021

Penutupan Masa sanggah kuota sekolah: 17 Januari 2022

  • Registrasi Akun LTMPT

Registrasi Akun LTMPT Sekolah: 04 Januari – 08 Februari 2022

Registrasi Akun LTMPT Siswa: 10 Januari – 15 Februari 2022

  • PDSS dan SNMPTN

Sosialisasi PDSS: 01 Desember 2021 – 08 Februari 2022

Sosialisasi SNMPTN: 01 Desember 2021 – 28 Februari 2022

Launching Kegiatan PMB: 04 Januari 2022

Penetapan Siswa Eligible: 04 Januari – 08 Februari 2022

Pengisian PDSS: 08 Januari – 08 Februari 2022

Pendaftaran SNMPTN: 14 – 28 Februari 2022

Pengumuman Hasil SNMPTN: 29 Maret 2022

Semua kegiatan pada hari yang sudah ditentukan akan diakhiri pada pukul 15.00 WIB.

Demikianlah pembahasan mengenai seperti apa itu siswa eligible SNMPTN 2022 dan kriterianya. Semoga ulasan ini dapat dijadikan sebagai referensi bagi Anda yang ingin mendaftarkan diri pada tes SNMPTN 2022.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

 

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Mengenal Apa Itu Karakter Hormat pada Lingkungan

Kesiswaan

Kepercayaan Diri Siswa : Pengertian, Aspek, Ciri dan Faktornya

Kesiswaan

Pentingnya Memahami PSE Bagi Guru

Kesiswaan

Cara Menciptakan Motivasi Belajar Peserta Didik

Kesiswaan

Mengenal Istilah dan Tujuan Peta Hidup (Life Mapping)

Kesiswaan

3 Jenis Kecerdasan Peserta Didik dan Cara Pengembangannya

Kesiswaan

Bagaimana Cara Mengembangkan Potensi Diri Siswa

Kesiswaan

Mengenal Lebih dalam Ujian AKM (Asesmen Kompetensi Minimum)
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.