Home / Kesiswaan

Senin, 28 Februari 2022 - 23:28 WIB

Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Guru Mengajar

Mengajar bukanlah hal yang sepele, untuk itu guru perlu untuk mengetahui hal-hal apa saja yang perlu dilakukan sebelum guru mengajar. Guru yang mempersiapkan diri dengan baik tentu akan menghasilkan pembelajaran yang berkualitas pula. Sebab guru menjadi lebih siap dan tidak bingung lagi harus bagaimana saat di kelas.

Ini dia hal-hal yang perlu guru lakukan sebelum guru mengajar.

Pertama, mengetahui karakter siswa. Guru baru dapat meminta penjelasan guru lama tentang karakter dari murid-murid yang akan diajar nantinya. Atau jika menginginkan pengetahuan yang lebih dalam mengenai karakter siswa, guru dapat memberikan tes kepribadian singkat di awal pertemuan.

Pengenalan karakter siswa ini tidak sekedar membantu guru memahami sifat muridnya, namun juga membantu guru dalam berbagai hal seperti penyesuaian media belajar, metode pembelajaran, serta untuk memproyeksikan kemana arah murid akan dikembangkan.

Kedua, menurunkan ekspektasi dan mengolah emosi diri. Guru perlu memiliki ekspektasi wajar dan tidak berlebihan. Terlalu perfeksionis dan berharap pada hasil tinggi cenderung akan membuat guru mudah kecewa. Sehingga turunkan sedikit ekspektasi apabila guru memiliki gambaran yang terlalu tinggi.

Kemudian olah emosi diri sebelum mengajar. Hal ini dikarenakan guru akan dihadapkan pada banyak karakter dari murid yang semuanya bisa saja berbeda bahkan tergolong unik. Oleh karena itu, guru perlu menyiapkan mental yang baik. Selain itu guru juga perlu membangun mindset dan cara pandang yang positif terhadap murid sebelum mengajar. Hal ini akan mempengaruhi cara guru memperlakukan muridnya nanti di kelas.

Baca juga:   Awas Nomophobia! Bahaya Kecanduan Gadget pada Gen Z

Ketiga, pahami materi. Menyampaikan berarti Anda berbagi apa yang anda miliki. Oleh sebab itu, Anda perlu memahami apa yang ingin disampaikan. Pemahaman membuat guru menjadi luwes saat menyampaikan. Saat guru paham, maka guru dapat menjelaskan dengan bahasa, cara dan gayanya sendiri. Hal ini akan lebih memudahkan murid untuk memahami.

Kepahaman guru juga akan membuat guru dapat mengahdirkan contoh yang relevan terhadap kondisi kelasnya. Guru juga tentu akan nyaman berimprovisasi dan tidak gugup karena telah menguasai materi.

Keempat, menyiapkan media yang relevan. Media pembelajaran dapat berupa alat peraga atau hal lain semacamnya. Menyiapkan media yang relevan bisa membuat atensi murid terhadap pembelajaran meningkat.

Guru juga bisa berkolaborasi dengan murid dengan cara membagi mereka untuk membawa bahan atau alat  yang diperlukan untuk kegiatan pembelajaran.

Kelima, berlatih public speaking. Meskipun hal ini disadari atau tidak, namun cara bicara guru mempengaruhi apa yang ditangkap murid. Karena sebagain besar proses penyampaian ilmu dari guru dan murid adalah melalui pendengaran, maka guru perlu berlatih cara berbicara dengan baik.

Baca juga:   Menjadi guru berkompeten melalui kompetensi sosial emosional

Meski pada kenyataannya guru memiliki gaya tersendiri dalam menyampaikan, namun dengan public speaking guru dapat tau tips bagaimana cara membuat suasana kelas menjadi hidup, bagaimana berinteraksi saat bicara, bagaimana berbicara tanpa menggurui, cara berbicara yang menyenangkan, dan banyak manfaat lainnya yang dapat guru rasakan dengan belajar public speaking.

Karena meng-handle kelas dengan baik juga perlu latihan dan jam terbang, guru dapat berlatih di depan kaca sambil berbicara seolah-olah sedang mengajar. Atau guru juga dapat merekan diri. Dengan melakukan hal tersebut, guru akan tau bagian mana yang harus guru perbaiki. Atau apa kebiasaan apa yang guru lakukan saat mejelaskan yang berpotensi menyebabkan miss sehingga perlu diganti atau ditingkatkan.  

Demikian hal-hal yang perlu dilakukan sebelum guru mengajar.

Ingin mendapatkan pelatihan-pelatihan guru secara GRATIS? Jadilah bagian member e-guru.id dan Anda akan dapat mengakses pelatihan-pelatihan guru tiap minggunya. Klik LINK INI untuk mendaftar.

Penulis : Agriantika Fallent

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Tips Meningkatkan Fokus Pada Anak yang Sulit Konsentrasi

Kesiswaan

Akibat PTM Tak Konsisten, Pendidikan Indonesia Mengalami Penurunan Kualitas

Kesiswaan

Pentingnya Penanaman Pendidikan Anti Korupsi Sejak Dini

Kesiswaan

Pengumuman Hasil SNMPTN 2022 : Cek Selengkapnya Di Sini!

Kesiswaan

Ini Dia Tugas Perkembangan Siswa Sekolah Dasar yang Perlu Guru Ketahui

Kesiswaan

Materi MPLS Pendidikan Karakter tahun 2022

Karya Inovatif

Hindari Kebosanan dalam Kelas! Inilah Manfaat Ice Breaking saat Pembelajaran

Kesiswaan

Program beasiswa merdeka pendidikan, lengkapi syarat dan daftar segera!
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.