Home / Kesiswaan

Selasa, 6 Desember 2022 - 21:09 WIB

Cara Meningkatkan Kecerdasan Peserta Didik

Cara meningkatkan kecerdasan peserta didik dalam proses pembelajaran memang tidak mudah dilakukan. Namun hal itu bisa diupayakan. Sebab kecerdasan terkadang merupakan bawaan seorang sejak lahir dan di sisi lain juga bisa diasah dengan bantuan seorang guru.

Meningkatkan kecerdasan siswa ini sangat penting bagi seorang peserta didik. Sebab, pendidikan sendirimerupakan aspek penting dalam kehidupan. Dengan menjadi seorang yang terdidik, maka insan tersebut dapat mendapatkan wacana yang luas. Keleluasaan wacana tersebut akan membantu insan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan berguna bagi nusa dan bangsa.

Salah satu hal yang menarik dalam kehidupan yakni terkait dengan aspek kecerdasan siswa. Lantas, bagaimana cara meningkatkan kecerdasasn peserta didik yang dapat dilakukan oleh seorang pengajar?

Sebelum melakukan langkah tersebut, Anda harus memahami tentang jenis kecerdasan siswa. Adapun menegnai jenis kecerdasan siswa, sebenarnya terdiri dari beberapa aspek. Hanya saja, kali ini yang akan diulas seputar IQ, EQ dan SQ.

Aspek kecerdasan pertama yakni berkaitan dengan IQ. IQ berkaitan dengan kecerdasan intelektual siswa saat belajar tentang hal baru. Dalam proses peningkatannya, ketika Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sedang berlangsung biasanya para pengajar akan membiasakan mereka dengan memberikan pertanyaan pada siswa.

Baca juga:   3 Cara Meningkatkan Kesehatan Mental Siswa di Lingkungan Sekolah

Memberikan stimulus berupa pertanyaan merupakan salah satu cara agar siswa dapat meningkatkan cara berfikir kritis. Di era digital semacam ini, berfikir kritis sangat dibutuhkan. Semakin baik daya kritisnya, semakin banyak informasi yang akan diserap oleh siswa tersebut. Hal ini juga senada dengan keinginan segenap jajaran kependidikan yang tertuang dalam panduan peningkatan profil pelajar Pancasila.

Selain itu, siswa juga lebih sering diajak untuk berdiskusi agar muncul keberanian dalam diri mereka untuk menyampaikan pendapat. Semakin banyak pendapat yang mereka sampaikan, maka mereka akan semakin banyak memiliki kemampuan berbahasa.

Apa itu EQ (Emotional Quotient)?

EQ adalah kecerdasan yang berkaitan dengan kecerdasan emosi siswa. Selain cerdas dari sisi intelektualitas, siswa juga perlu cerdas dari sisi emosional. Kondisi jiwa siswa sangat berkaitan dengan perjalanan aktivitas yang dilakukan. Terkadang, banyak siswa yang cerdas secara akademis namun minim empati. Kondisi ini tentu mengkhawatirkan.

Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan pengajar untuk meningkatkan EQ yakni :

Pertama, guru dapat mengakrabkan antar siswa. Kedekatan diantara teman – temannya tentu akan memunculkan energi positif. Energi tersebut akan mendorong siswa untuk lebih bersemangat.

Baca juga:   Memahami Konsep dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter

Kedua, mengajak siswa untuk saling berempati. Kehadiran empati tersebut tentu akan membantu siswa belajar kasih sayang dan menghargai sesama teman.

Ketiga, mengajarkan komunikasi efektif melalui diskusi singkat, kerjasama serta cara sederhana lainnya. Semakin banyak komunikasi yang dilakukan, maka semakin baik bounding yang dihasilkan.

Apa itu SQ (Spiritual Quotient)?

Kemudian, terdapat kecerdasan yang berkaitan dengan kecerdasan tersebut merupakan keyakinan seseorang terhadap kekuasaan yang lebih besar darinya dalam hal ini yakni Pencipta.

Kedekatan siswa dengan Pencipta diperlukan sebab sisi intelektualitas dan emosional tidak berjalan dengan baik bila tidak terwujud kedekatan yang baik pada sang Pencipta.

Nah, demikian tadi adalah ulasan berkaitan dengan cara meningkatkan kecerdasan peserta didik. Semoga ulasannya bermanfaat.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Cara Menciptakan Motivasi Belajar Peserta Didik
Mulai Juli 2022, Pancasila Menjadi Mapel Wajib di Sekolah

Kesiswaan

Kiat-Kiat Sukses Lolos SBMPTN 2022!

Kesiswaan

Tips Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri Pada Siswa

Kesiswaan

Pentingnya Memahami PSE Bagi Guru
program literasi sekolah

Kesiswaan

Kemdikbudristek dan Twitter Mengembangkan Program Literasi Media Sosial Bagi Pelajar SMP

Kesiswaan

Menumbuhkan Kemampuan Belajar Mandiri bagi Siswa
Model Pembelajaran Make a Match untuk Efektifitas Pembelajaran

Kesiswaan

Mengenal Lebih Dalam Sosial Emosional Learning
video pembelajaran

Kesiswaan

Mengenal Fitur Canva dan Cara Menggunakannya Dalam Pembelajaran