Home / Kesiswaan

Kamis, 28 April 2022 - 10:05 WIB

Ajarkan Siswa Untuk Hormat Kepada Orang Tua Melalui 10 Cara Ini!

Siswa seharusnya bisa menghormati orang tua masing-masing. Cara menghormati orang tua ada beberapa versi dan bisa saja antara satu dengan yang lain ada yang sama dan tidak. Berikut ini ada 10 cara yang bisa diajarkan kepada siswa untuk menghormati orang tuanya.

  1. Bersyukur

Cara membahagiakan orang tua yang paling mudah adalah dengan berterima kasih dan menghargai keberadaan orang tua Anda. Beritahu mereka secara langsung dan ucapkan terima kasih untuk segala hal yang sudah mereka lakukan untuk Anda. Lakukan hal kecil namun berarti seperti membantu mereka membersihkan dapur setelah makan atau membuang sampah. Beri orang tua Anda pujian jika mereka melakukan keahlian mereka. Misalnya, beri tahu ibu Anda bahwa masakannya enak atau beri tahu ayah Anda bahwa ia adalah orang yang hebat di karirnya.

  1. Hargai kebijaksanaan mereka

Kebijaksanaan dikenal sebagai kemampuan untuk memadukan ilmu dan pengetahuan tentang kehidupan dalam rangka memperkecil segala ketidakpastian dalam hidup. Percaya atau tidak, orang tua Anda juga pernah mengalami semua yang Anda alami sewaktu kecil atau remaja. Selama hidup, mungkin tidak selalu mengerti cara membuat keputusan. Maka dari itu pahami bahwa orang tua dapat memberi Anda pandangan atau bagian dari pengalaman mereka yang telah lalu. Tidak ada salahnya pula meminta atau mendengarkan saran mereka untuk beberapa hal atau keputusan dalam hidup Anda.

  1. Ingatlah bagaimana mereka menyayangi Anda

Sadari bahwa orang tua selalu menyayangi anaknya meski dalam bentuk larangan sekalipun. Mereka tidak hanya tahu cara memanjakan anak tetapi juga melindungi Anda dengan turut campur dalam hal-hal yang Anda lakukan. Dua hal yang berbeda tersebut sama-sama menunjukkan betapa besar mereka menyayangi Anda.

  1. Menuruti peraturan
Baca juga:   Ranking Itu Bukanlah Urutan Kecerdasan Seorang Murid di Dalam Kelas

Sebagai anak, kita sering kali tidak setuju dengan kewajiban anak di rumah yang telah ditetapkan oleh orang tua. Tetapi orang tua melakukan itu karena alasannya masing-masing seperti ingin kita mandiri dan memiliki belajar tanggung jawab yang baik. Pahami maksud dibalik peraturan yang mereka tetapkan dan pikirkan tentang konsekuensi yang akan Anda tanggung jika Anda melanggarnya.

  1. Bersikap sopan santun

Sopan santun bukan cuma tentang bagaimana cara makan yang baik dan benar. Peran anak dalam keluarga salah satunya juga adalah menjadi anak yang baik dan membanggakan melalui sikap yang santun. Jangan pernah lupa mengatakan ‘tolong’ dan ‘terima kasih’ pada orang tua Anda. Perhatikan bahasa yang Anda gunakan juga topik yang Anda bawa ketika mengobrol dengan orang tua.

  1. Luangkan waktu bersama mereka

Pada beberapa tahap dalam hidup Anda, terutama pada masa remaja, Anda akan lebih senang menghabiskan waktu bersama teman-teman dari pada bersama orang tua. Meski begitu, tidak ada salahnya Anda juga meluangkan waktu yang berkualitas untuk orang tua. Selami minat mereka, tanyakan pada mereka, misalnya hal-hal yang menarik dari musik atau olahraga yang mereka senangi. Jadikan waktu bersama orang tua Anda sebagai prioritas Anda. Dengan demikian tidak hanya Anda tahu cara membahagiakan diri sendiri tetapi Anda juga membuat orang tua Anda bahagia.

  1. Tunjukkan kasih sayang
Baca juga:   Menyusun Program Penguatan Karakter saat Kebijakan PTM Berlangsung

Beri tahu orang tua Anda bahwa Anda menyayangi mereka pada waktu-waktu yang acak, bukan hanya ketika Anda mengharapkan sesuatu dari mereka. Memberikan pelukan juga dapat Anda lakukan untuk mereka. Tindakan tidak terduga tersebut akan membuat mereka paham bahwa Anda juga mencintai mereka sebagaimana mereka mencintai Anda.

  1. Jangan melawan

Dalam cara yang satu ini Anda harus belajar cara meredam emosi diri meski ketika Anda tidak sepakat dengan orang tua Anda atau ada hal yang tidak Anda sukai dari mereka. Hindari membalas perkataan mereka. Jika Anda benar-benar tidak suka atau tidak setuju, ambil waktu sebentar untuk memahami masalah sebenarnya sebelum berbicara pada orang tua Anda.

  1. Awasi bahasa tubuh Anda

Ciri-ciri orang baik hati salah satunya adalah memiliki bahasa tubuh yang sopan dan santun di hadapan orang tua. Perhatikan juga intonasi suara Anda ketika berbicara dengan mereka. Hindari menyilangkan tangan di dada karena itu menunjukkan bahwa defensif dan tidak terbuka. Menjaga kontak mata saat mengobrol dengan orang tua juga perlu dilakukan untuk menunjukkan kepedulian dan ketulusan Anda.

  1. Luangkan waktu untuk percakapan yang terbuka

Ijinkan orang tua Anda memasuki hidup Anda. Ceritakan pada mereka hal-hal yang terjadi pada diri dan hari-hari Anda. Percayakan rahasia Anda pada mereka. Minta mereka saran ketika Anda ragu-ragu dalam cara mengambil keputusan dan jangan sungkan menunjukkan emosi Anda. Ini menunjukkan bahwa Anda percaya dan menghargai mereka sebagai orang tua.

Penulis : Gesti Rosdiana

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Menjadi guru berkompeten melalui kompetensi sosial emosional

Kesiswaan

Penting! Berikut Administrasi Wali Kelas yang Wajib Dipenuhi
7 Gaya Belajar Siswa yang Wajib Guru Ketahui

Kesiswaan

Cara Mengenali Bakat Peserta Didik

Kesiswaan

8 Hukuman yang Mendidik bagi siswa yang Nakal di Sekolah

Karya Inovatif

Kenali Hubungan Kepribadian, Karakter, Dan Perilaku Dalam Lingkup Pendidikan

Kesiswaan

Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Guru Mengajar
peran apresiasi guru terhadap antusias belajar

Kesiswaan

LPDP 2022 di Depan Mata : Apa Saja Persiapannya ?

Kesiswaan

H-6 Menuju Pengumuman SBMPTN 2022, Begini Cara Cek Hasilnya!