Home / Kesiswaan / Kurikulum

Rabu, 5 Oktober 2022 - 08:36 WIB

4 Kompetensi Ini Sangat Dibutuhkan Pada Abad 21

Keterampilan 4C – Sejalan dengan era globalisasi, ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang sangat cepat dan makin canggih, dengan peran yang lebih luas maka peran pendidik yang berkarakter sangat perlu. Bangsa yang masyarakatnya tidak siap akan jatuh oleh perubahan alam dan kemajuan pesat ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai ciri khas era globalisasi itu sendiri. Maka dari itu meningkatkan kualitas pendidikan menjadi hal yang penting. Sekolah sebagai lembaga pendidikan harus memiliki keterampilan berpikir kreatif (creative thinking), berpikir kritis dan pemecahan masalah (critical thinking and problem solving), Komunikasi (communication), dan kolaborasi (collaboration) atau kita mengenalnya dengan keteramplan 4C.

Sejatinya, pendidikan dan pembelajaran akan berkembang seiring dengan perubahan zaman. Di abad ke-21 ini, pembelajaran tidak hanya berpusat pada kemampuan kognitif, tetapi juga mencakup sejumlah keterampilan personal dan sosial. Indikator keberhasilan lebih berfokus pada kemampuan untuk berkomunikasi, berbagi, dan menggunakan informasi untuk memecahkan masalah yang kompleks, dapat beradaptasi dan berinovasi dalam menanggapi tuntutan baru dan mengubah keadaan, dan memperluas kekuatan teknologi untuk menciptakan pengetahuan baru.

Ketidakmampuan anak dalam mengungkapkan keinginan, perasaan serta mengaktualisasikan apa yang ada dalam diri mereka menjadi tantangan yang semakin besar pada anak-anak. Sehingga anak-anak memerlukan sebuah kemampuan dan keterampilan untuk mengungkapkan masalah yang mereka hadapi kepada orang lain. Semua kecakapan ini bisa dimiliki oleh peserta didik apabila pendidik mampu mengembangkan rencana pembelajaran yang berisi kegiatan-kegiatan yang menantang peserta didik untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah. Kegiatan yang mendorong peserta didik untuk bekerja sama dan berkomunikasi harus tampak dalam setiap rencana pembelajaran yang dibuatnya. Berikut ini keterangan masing- masing keterampilan 4C yaitu :

Baca juga:   5 Keuntungan Merdeka Belajar Bagi Peserta Didik

Keterampilan Berpikir Kreatif (Creative Thinking)

kreativitas merupakan ide atau pikiran manusia yang bersifat inovatif, berdaya guna dan dapat dimengerti. Kreativitas tidak selalu identik dengan anak yang pintar menggambar atau merangkai kata dalam tulisan. Namun, kreativitas juga memiliki makna sebagai kemampuan berpikir outside the box tanpa batas aturan yang cenderung mengikat. Anak-anak yang memiliki kreativitas tinggi mampu berpikir dan melihat suatu masalah dari berbagai sisi atau perspektif. Hasilnya, mereka akan berpikiran lebih terbuka dalam menyelesaikan masalah

Keterampilan Berpikir Kritis (Critical Thinking)

Berpikir kritis merupakan suatu proses yang terarah dan jelas dalam melakukan kegiatan mental seperti memecahkan masalah, mengambil keputusan, membujuk, menganalisis asumsi dan melakukan penelitian ilmiah. Tujuan utama dari kemampuan berpikir kritis adalah mengarahkan anak untuk dapat menyelesaikan masalah (problem solving). Menerapkan pola pikir yang kritis juga perlu agar anak dapat melatih diri untuk mencari kebenaran dari setiap informasi. Keterampilan ini sangat penting untuk mengatasi dampak negatif dari akses informasi tak terbatas di abad ke-21.

Baca juga:   Prinsip Projek untuk Menguatkan Profil Pelajar Pancasila

Komunikasi (communication)

Kemampuan ini merupakan aktivitas mentransfer informasi baik tulisan maupun lisan. Komunikasi yang efektif menjadi hal penting dalam peradaban agar adanya pemahaman suatu informasi sehingga tidak terjadi salah persepsi. Keterampilan ini terdiri dari sejumlah sub-skill, seperti kemampuan berbahasa yang tepat sasaran, kemampuan memahami konteks, serta kemampuan membaca pendengar (audience) untuk memastikan pesannya tersampaikan.

Kolaborasi (collaboration)

Pembelajaran kolaboratif adalah pembelajaran yang melibatkan siswa dalam suatu kelompok untuk membangun pengetahuan dan mencapai tujuan pembelajaran bersama melalui interaksi sosial di bawah bimbingan pendidik baik di dalam maupun di luar kelas, sehingga terjadi pembelajaran yang penuh makna dan siswa akan saling menghargai kontribusi semua anggota kelompok.

Daftarkan diri Anda dalam pelatihan eguru.id dengan judul “Penguatan Keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativity, Colaborative, Communication) Dalam Pembelajaran Abad 21 “ pada tanggal 13 – 21 Oktober 2022 melalui link di bawah ini

 

07. revisi_Pelatihan Penguatan Keterampilan 4C-02

Daftar Sekarang

(fas)

Share :

Baca Juga

7 Gaya Belajar Siswa yang Wajib Guru Ketahui

Kesiswaan

Kenali Karakter Tanggung Jawab Belajar Pada Siswa

Kesiswaan

Begini Proses Pembentukan Karakter

Guru Honorer

Terapkan Tips Ini Untuk Menjadi Guru Kreatif
Sekolah

Kesiswaan

Mengenal Sekolah Luar Biasa dan Sekolah Inklusi

Kesiswaan

7 Cara Menyampaikan Pendapat yang Baik Bagi Siswa

Kesiswaan

4 Kriteria dan Keuntungan Siswa Eligible SNMPTN di Tahun 2022

Kurikulum

Kurikulum 2022, Paradigma Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Prototipe

Kesiswaan

Melatih Siswa Berjiwa Tekun dan Pekerja Keras
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.