Home / Kesiswaan

Senin, 28 Februari 2022 - 13:08 WIB

Inilah Berbagai Manfaat Berpikir Positif yang Jarang Diketahui

Manfaat Berpikir Positif – Berpikir positif adalah berpikir terhadap sesuatu tanpa melihat sisi negatifnya. Berpikir positif adalah cara menghadapi suatu masalah dengan mengambil hikmah dibalik masalah yang dihadapi sehingga tidak menimbulkan konflik/pertentangan. Dengan kata lain berpikir positif dimaknai sebagai tindakan berpikir yang selalu melihat sisi positif meskipun sumbernya dari masalah sekalipun.

Berpikir positif melibatkan proses memasukkan pikiran-pikiran, kata-kata, dan gambaran-gambaran yang konstruktif (membangun) bagi perkembangan pikiran seseorang. Pikiran positif menghadirkan kebahagiaan, suka cita, kesehatan, serta kesuksesan dalam setiap situasi dan tindakan. Berpikir positif diawali dengan sebuah keyakinan pada diri sendiri, keyakinan bahwa dirinya mampu. Berpikir positif membawa dampak positif bagi tubuh serta membuat pikiran akan lebih tenang. Sebagai seorang guru yang dihadapkan dengan sejumlah tugas biasanya akan merasa berat jika tidak dilalui dengan pikiran yang positif. Karena seperti kita ketahui bahwa menjadi seorang guru itu tidaklah mudah. Ada tanggung jawab moral tersendiri yang harus diemban.

Agar lebih yakin, mengapa seseorang perlu yang namanya berpikir positif. Maka kenali dulu manfaat dari berpikir positif. Di sini penulis mengutip dari salah satu buku karya Awalya (2012) yang membahas mengenai manfaat berpikir positif. Manfaat tersebut yaitu :

  1. Mengatasi Stress

Berpikir positif membantu seseorang mengatasi situasi stres, mengabaikan pikiran negatif, mengganti pikiran pesimis menjadi optimis, mengurangi kecemasan dan mengurangi stres. Ketika seseorang dapat mengembangkan sikap positif maka hidupnya akan terkontrol dengan baik.

  1. Menjadi lebih sehat
Baca juga:   Tips Meningkatkan Fokus Pada Anak yang Sulit Konsentrasi

Pikiran seseorang secara langsung mempengaruhi tubuh dan bagaimana cara bekerjanya. Ketika seseorang mengganti pikiran negatif dengan ketenangan, kepercayaan dan kedamaian, bukannya dengan kebencian, kecemasan, dan kekhawatiran, maka akan merasakan kesejahteraan. Orang-orang yang berpikir negatif lebih mudah terkena depresi.

  1. Percaya diri

Dengan berpikir positif, maka seseorang lebih percaya diri dan tidak untuk mencoba menjadi orang lain. Jika seseorang tidak percaya diri maka tidak akan mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

  1. Bisa mengambil keputusan yang benar

Berpikir positif mencegah seseorang memilih keputusan yang salah atau melakukan hal yang bodoh kemudian disesali. Berpikir positif membuat seseorang memilih keputusan dengan cepat.

 

  1. Meningkatkan fokus

Menggunakan pikiran positif membantu seseorang lebih fokus saat menghadapi masalah. Jika seseorang berpikir negatif akan membuang waktu dan energinya.

  1. Bisa mengatur waktu lebih baik

Dengan meningkatkan fokus serta kemampuan membuat keputusan yang lebih baik, seseorang akan lebih terorganisir. Ini akan membantunya mendapatkan lebih banyak waktu untuk diri sendiri dan orang yang dicintai.

  1. Lebih sukses dalam hidup

Sikap positif tak hanya bisa meningkatkan fokus seseorang dan lebih bisa mengatur waktu dengan baik tetapi mengarahkannya pada kebahagiaan dan keberhasilan saat mengubah hidupnya lebih baik.

Baca juga:   Menumbuhkan Kemampuan Belajar Mandiri bagi Siswa
  1. Memiliki banyak teman

Ketika berpikir positif, seseorang akan menarik perhatian orang-orang dan ketika orang-orang tersebut dekat dengan Anda mereka akan merasa nyaman.

  1. Menjadi pemberani

Ketakutan berasal dari pikiran negative seseorang. Menjadi pemikir positif menghilangkan rasa takut. Keberanian berasal dari kenyataan bahwa seseorang tetap positif dan akan tahu bahwa apapun yang terjadi dalam hidupnya akan dapat menghadapinya.

  1. Hidup lebih bahagia

Percaya diri merupakan suatu fakta bahwa seseorang bahagia menjadi dirinya sendiri dan tidak mencoba untuk menjadi pribadi orang lain. Jika seseorang memiliki semangat berpikir positif, akan selalu mengantisipasi hidup bahagia, damai, tawa, kesehatan yang baik dan kesuksesan finansial.

Pada intinya berpikir positif benar-benar memiliki manfaat yang bisa dirasakan baik secara langsung maupun tidak langsung. Manfaat dari berpikir positif yang paling jelas adalah bisa membuat hidup lebih bahagia. Nah ini yang penting. Jadi jangan ragu untuk terus berpikir positif ya.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

 

 

 

 

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Ini Dia Jenis-Jenis Penyesuaian Diri yang Perlu Kamu Ketahui
7 Gaya Belajar Siswa yang Wajib Guru Ketahui

Kesiswaan

Kenali Karakter Tanggung Jawab Belajar Pada Siswa

Kesiswaan

Ini Dia Kriteria dan Standar Kelulusan Siswa Terbaru di Tahun 2022

Kesiswaan

Nilai-nilai dalam Pendidikan Karakter
Mulai Juli 2022, Pancasila Menjadi Mapel Wajib di Sekolah

Kesiswaan

Kiat-Kiat Sukses Lolos SBMPTN 2022!

Kesiswaan

Manfaat Chatbot sebagai Media Pembelajaran, Inovasi Baru Dunia Pendidikan

Kesiswaan

Tips Berkomunikasi dan Menjalin Hubungan Baik dengan Lawan Jenis
Orang Tua

Kesiswaan

Keterlibatan Orang Tua Siswa SD Untuk Berkualitas